STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Negara Ini Dikenal Memiliki Jumlah Pemimpin Perempuan Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia Nggak, ya?

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Senin, 31 Oct 2022 22:30 WIB
4 Negara Ini Dikenal Memiliki Jumlah Pemimpin Perempuan Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia Nggak, ya?

Perempuan kerap dikaitkan dengan peran atau hal-hal yang berbau domestik atau berkaitan dengan pekerjaan rumah tangga dan perawatan. Padahal, perempuan juga memiliki kemampuan untuk mengeksekusi tugas-tugas yang biasa dibebankan kepada pria, salah satunya adalah memimpin.

Pada akhirnya munculnya pemimpin perempuan sebagai pionir, seperti Indira Gandhi dari India, yang memberikan angin baru yang membuat perempuan lain termotivasi untuk meraih pencapaian yang sama, yakni menjadikan tanah airnya sebagai salah satu negara yang dipimpin perempuan.

Dilansir dari World Atlas, perempuan di beberapa negara ini juga telah melakukan banyak pergerakan demi mengusahakan reformasi peraturan agar punya hak yang setara dengan pria untuk memimpin negerinya.

Rwanda

Rwanda adalah sebuah negara dengan pemimpin perempuan terbanyak di dunia yang berada di Benua Afrika bagian timur. Pada pemilihan legislatif di tahun 2008, Rwanda menjadi negara pertama dengan pemerintahan legislatif yang didominasi oleh perempuan.

Jumlah politisi perempuan di kursi legislatif yang meningkat dari angka 18 persen menjadi 56 persen (2008) tersebut didorong oleh konflik nasional, yakni genosida yang menewaskan 800 ribu suku Tutsi dalam waktu 100 hari.

Selain disebabkan oleh konflik genosida, peningkatan jumlah politisi perempuan juga merupakan akibat dari dua peraturan. Pertama, The Rwandan Constitution (2003) yang mengharuskan perempuan menempati kuota kursi legislatif hingga 30 persen.

Ilustrasi perempuan/Foto: Pexels/RODNAE Productions
Ilustrasi perempuan/Foto: Pexels/RODNAE Productions

Peraturan kedua adalah United Nations Security Council Resolution 1325 (UNSCR 1325) yang mendorong perempuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan negaranya pasca terjadinya konflik. Kini, sebanyak 61,3 persen kursi pemerintahan Rwanda diduduki oleh politisi perempuan

Kuba

Tidak hanya terkenal sebagai negara penghasil cerutu terbaik di dunia, Kuba juga menempati peringkat kedua dalam daftar negara dengan jumlah pemimpin perempuan terbanyak di dunia. 

Jumlah politisi perempuan yang menempati kursi parlementer di Majelis Nasional Kuba (Cuban National Assembly) sendiri mencapai persentase 53,2 persen dari total keseluruhan. Hal ini disebabkan oleh konstitusi Kuba yang menjamin bahwa perempuan memiliki kesempatan yang sama seperti pria di semua ranah, termasuk politik.

Bolivia

Ilustrasi perempuan/Foto: Pexels/Felicity Tai
Ilustrasi perempuan/Foto: Pexels/Felicity Tai

Negara yang berada di Amerika bagian selatan ini menempati peringkat ketiga dalam daftar negara dengan jumlah pemerintah perempuan terbanyak di dunia, yakni dengan 53,1 persen perempuan yang menduduki kursi parlementer di majelis rendah (setara DPR).

Bolivia berhasil meningkatkan persentase representasi perempuan di kursi pemerintahan yang asalnya hanya 12 persen pada tahun 2000 berkat perubahan konstitusional 2010 yang mengharuskan perempuan untuk menempati setidaknya setengah dari kursi yang berada di posisi pemerintahan.

Mexico

Perempuan berhak menentukan apa yang terbaik untuk dirinya selama tidak melupakan kodratnyaIlustrasi pemimpin perempuan/Foto: Pexels.com/rodnae-productions

Di Mexico, perempuan tidak memiliki hak untuk memilih presidennya sendiri hingga tahun 1953. Namun, berkat reformasi konstitusi yang gencar pada tahun 2019 untuk memperjuangkan kesetaraan di ranah penting, seperti legislatif, yudisial, dan eksekutif, untuk pertama kalinya dalam sejarah Mexico, 50 persen kursi legislatif diisi oleh politisi perempuan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE