STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

5 Kiat Membangun Kepercayaan Diri ala Pemimpin Perempuan

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Jumat, 25 Nov 2022 17:00 WIB
5 Kiat Membangun Kepercayaan Diri ala Pemimpin Perempuan
Kiat untuk mejadi percaya diri ala pemimpin perempuan/Foto: Freepik/lookstudio

Secara teoritis, kepercayaan diri adalah modal penting untuk melangkah menuju sukses. Sayangnya masih banyak orang, terutama perempuan, yang terganjal krisis sehingga kurang berani mengambil langkah besar.

Kurang percaya diri pada dasarnya adalah hal lumrah, yang bahkan dialami oleh para orang sukses. Namun yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengatasinya. Dilansir dari laman Forbes, berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan para pemimpin perempuan untuk membangun kepercayaan diri.

1. Tuliskan 3 Hal Terbaik dari Dirimu

Sheryl Sanberg/Foto: Instagram.com/sherylsandberg
Sheryl Sanberg/Foto: Instagram.com/sherylsandberg

Sheryl Sandberg adalah COO Facebook (sekarang Meta) yang telah meraih banyak kesuksesan dalam hidupnya. Namun dia mengalami sindrom impostor yang berbuntut pada hilangnya rasa percaya diri dan munculnya rasa tidak pantas untuk sukses. Sandberg juga merasa dirinya tidak sehebat yang dipikirkan orang.

Untungnya, dia mendapat saran dari Adam Grant, seorang ahli psikologi dan professor di Wharton School. Setiap malam, Sandberg diminta menuliskan 3 hal terbaik yang telah dilakukannya pada hari itu. Kadang dia menuliskan hal-hal sederhana, misalnya membuat teh. Siapa sangka, rutinitas ini berhasil membuatnya percaya diri lagi.

2. Mendobrak Zona Nyaman

keluar dari zona nyamanIlustrasi bekerja/Foto: Freepik.com / freepik

Carol Carpenter yang awalnya terbiasa menjadi tangan kanan, kemudian melangkah menuju posisi CEO perusahaan teknologi ElasticBox. Hal ini jelas tantangan berat, yang tidak semua orang bisa menanggungnya. Namun Carpenter adalah sosok yang terbiasa menempatkan dirinya pada tantangan.

“Baik sukses maupun kegagalan akan berkontribusi pada perkembangan diri. Ibu mertuaku pernah mengatakan, ‘Terbangkan dirimu ke dalam gigi hiu.’ Aku selalu ingat kata-kata itu setiap hari,” ungkap Carol Carpenter.

Faktanya, menaklukkan tantangan besar memang bukan hal mudah. Carpenter mengakui bahwa dia melakukan banyak kesalahan. Namun pada akhirnya, semua kegagalan itu justru membantunya berkembang dan mampu mengukur kapasitas dirinya.

3. Mulai Percakapan Lebih Awal

Alison Wagonfeld/Foto: 01net.it
Alison Wagonfeld/Foto: 01net.it

Alison Wagonfeld, Vice President of Marketing di Google, mengakui bahwa dia memiliki masalah dalam berkomunikasi. Seringkali dia merasa gugup, terutama ketika menjadi satu-satunya perempuan dalam sebuah pertemuan atau rapat. Meski demikian, dia memiliki trik untuk membuat kepercayaan dirinya meningkat.

"Dalam diskusi berkelompok, misalnya rapat direksi dan rapat tim investasi, aku selalu berusaha angkat bicara pada 15 menit pertama pertemuan," ungkapnya. "Jika aku terlibat lebih awal dalam diskusi, aku merasa lebih percaya diri berkontribusi di sepanjang acara."

Selain itu, Wagonfield juga mengaku menghindari kata-kata pembuka seperti "Mohon maaf sebelumnya" (dan sejenisnya) dalam semua percakapan, baik langsung maupun tertulis. Pasalnya, frasa-frasa itu akan membuatnya merasa kurang percaya diri dan cenderung defensif.

4. Pentingnya Support System

Ilustrasi Support System/Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez
Ilustrasi Support System/Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Pada dasarnya, tidak ada orang hebat yang mampu berjalan sendirian. Karen Caitlin, mantan vice president Adobe System, menyebut suaminya sebagai “pagar betis penghancur mitos”. Pasangannya tersebut bertindak sebagai teman baik, rekan kerja, dan support system yang selalu memandangnya dari sisi positif.

Prinsip yang sama juga dimiliki oleh Alison Wagonfeld, yang mengungkap peran teman-teman baiknya sebagai penyemangat. Mereka akan menjadi tempat berkonsultasi tentang berbagai hal, mendukungnya saat sedang down, dan selalu mengingatkan berapa banyak kerja keras dan tantangan yang telah dihadapi dan ditaklukkan Wagonfield untuk sampai di titik sekarang.

5. Coba Hal Baru hingga Berhasil

Dona Sarkar/Foto: news.microsoft.com
Dona Sarkar/Foto: news.microsoft.com

Dona Sarkar, adalah software engineer Microsoft yang telah memberikan banyak kontribusi untuk teknologi komputer. Namun tentunya keberhasilannya tidak dimulai secara instan. Dia mengungkapkan bahwa dia berhasil menemukan dunianya di bidang teknologi melalui aksi coba-coba.

Saat masih duduk di bangku sekolah menengah, Sarkar mengikuti kelas coding dan ternyata dia cukup berbakat. Dia berhasil membuat program komputer sendiri, dan kini kemampuannya semakin berkembang.

“Itu adalah pertama kalinya aku membuat sesuatu dari nol. Aku menyadari bahwa ketika aku merasa bisa melakukan sesuatu, aku akan bisa membuat apapun yang kuinginkan, aplikasi apapun, situs apapun yang aku mau,” jelasnya.

Itulah beberapa tips dan kisah inspiratif para perempuan pemimpin dunia untuk membangun kepercayaan diri mereka. Masing-masing orang mungkin memiliki cara berbeda, namun kamu bisa menerapkan salah satu atau beberapa rutinitas di atas sesuai gayamu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE