sign up SIGN UP

5 Tips Belajar Menyenangkan ala Pelajar Korea yang Bisa Bikin Kamu Jadi Juara Kelas!

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 11:30 WIB
5 Tips Belajar Menyenangkan ala Pelajar Korea yang Bisa Bikin Kamu Jadi Juara Kelas!
caption
Jakarta -

Sudah menjadi rahasia umum kalau persaingan di Korea Selatan sangat ketat, termasuk dalam hal pendidikan. Kamu bisa melihat gambaran bagaimana ketatnya persaingan disana dalam drama, seperti Sky Castle dan Green Mother's Club di mana semuanya berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Bahkan, orangtua rela melakukan apa saja agar anaknya bisa masuk universitas terbaik atau mendapatkan peringkat pertama di sekolah.

Melihat persaingan yang sangat ketat ini, nggak heran kalau pelajar di Korea Selatan rajin banget belajar. Bahkan, dalam sehari mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk belajar. Meskipun begitu, waktu, tenaga, dan pikiran yang sepenuhnya dicurahkan untuk belajar terbayarkan dengan hasil yang memuaskan. 

Lantas, gimana sih cara belajar yang diterapkan pelajar Korea sampai betah belajar berjam-jam? Yuk, simak tips belajar ala pelajar Korea Selatan ini. Siapa tahu bisa diterapkan oleh pelajar Indonesia juga.

Disiplin Terhadap Waktu

Pelajar Korea sangat disiplin terhadap waktu
pelajar Korea/Foto: koreabizwire.com

Waktu belajar pelajar di Korea Selatan memang terbilang cukup ekstrim. Dilansir dari Korea Times, dalam sehari mereka bisa belajar sampai 13 jam. Sementara sisanya digunakan untuk istirahat dan hiburan. 

Waktu tersebut mungkin agak sulit diikuti oleh pelajar di Indonesia. Namun, kamu bisa mengikuti polanya, yaitu dengan menyusun jadwal belajar yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan, serta disiplin dalam menerapkannya.

Belajar di Ruangan yang Nyaman

Belajarlah di ruangan yang nyaman
tips belajar/Foto: hancinema.net

Ruangan yang nyaman merupakan salah satu faktor yang membuat pelajar Korea tahan dan fokus belajar selama berjam-jam. Kebanyakan pelajar Korea memilih belajar di ruangan yang memang khusus didesain untuk belajar, seperti perpustakaan, study cafe, atau ruang belajar di rumah. 

Selain ketenangan, sebaiknya kamu juga memperhatikan pencahayaan dan suhu yang sejuk sehingga belajar pun terasa lebih nyaman.

Menggabungkan Dua Gaya Belajar

Gabungkan dua gaya belajar
pelajar Korea Selatan/Foto: soompi.com

Pelajar di Indonesia mungkin terbiasa menggunakan satu gaya belajar saja, entah itu visual, auditori, atau kinestik. Kalau di Korea, anak-anaknya terbiasa menggabungkan dua gaya belajar sekaligus. 

Misalnya, gaya belajar visual digabung dengan audio, atau  analitik dengan visual. Menggabungkan dua gaya belajar ini juga menjadi rahasia belajar anak-anak Korea supaya nggak mudah bosan dan mendapatkan hasil yang maksimal. 

Gunakan Timer

Gunakan timer saat belajar
tips belajar pelajar Korea/Foto: kbizoom.com

Tips belajar ala pelajar Korea Selatan berikutnya adalah gunakan timer. Biasanya, mereka menggunakan timer untuk mengukur kecepatan dalam menyelesaikan soal dan ketahanan dalam belajar.

Untuk menerapkan cara belajar yang satu ini sangat mudah. Kamu tinggal menyiapkan stopwatch saja, lalu atur berapa lama kamu ingin belajar, misalnya 30 menit.

Belajar Materi yang Berbeda Setiap 20 Menit

Belajar materi yang berbeda setiap 20 menit
gaya belajar pelajar Korea/Foto: kpophit.com

Kamu cenderung mempelajari satu materi selama berjam-jam? Cara ini nggak diterapkan oleh pelajar Korea, lho. Mereka hanya mempelajari satu materi selama 20 menit, lalu menggantinya dengan materi yang lain. 

Hal ini dikarenakan, otak manusia hanya bisa bekerja secara optimal dalam menyerap suatu pembelajaran selama 20 menit saja. Setelah itu, kemampuan otak menyerap pembelajaran akan turun. Oleh karena itu, daripada memaksakan diri belajar berjam-jam tanpa jeda, lebih baik kamu menerapkan cara belajar pelajar Korea ini supaya otak nggak mudah lelah.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id