sign up SIGN UP

Begini Lho Bentuk Self-Care yang Sebenarnya, Terapin Yuk Agar Kamu Semakin Bahagia

Galih Konain Tata | Beautynesia
Rabu, 15 Jun 2022 21:30 WIB
Begini Lho Bentuk Self-Care yang Sebenarnya, Terapin Yuk Agar Kamu Semakin Bahagia
caption
Jakarta -

Self-care adalah tindakan yang orang lakukan untuk diri mereka sendiri guna membangun dan memelihara kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan dalam hidup. Konsep self-care cukup luas, mencakup kebersihan, kebutuhan nutrisi, gaya hidup, faktor sosial, dan lainnya.

Namun, beberapa dari kamu mungkin banyak yang menyalah artikan definisi self-care yang sebenarnya. Lalu apa bentuk perawatan diri yang tepat? 

Self-care bukan berarti berfoya-foya

Salah satu hal yang harus Beauties pahami adalah jangan gunakan self-care sebagai alasan untuk memanjakan diri secara berlebihan.

Perawatan Diri/ Foto: Anastasia Shuraeva
Perawatan Diri/ Foto: Anastasia Shuraeva

Menurut Vanessa Kennedy, PhD, direktur psikologi di Driftwood Recovery, self-care bukanlah alasan untuk menghabiskan banyak uang hanya untuk melarikan diri. Sebaliknya, Kennedy mengatakan self-care harus tentang menciptakan sedikit ruang bernapas untuk kembali ke tugas atau masalah dengan lebih mental yang lebih baik untuk menanganinya dan bukan untuk menghindarinya.

Self-Care Lebih dari Sekadar Memanjakan Diri

Ketika Beauties dihadapkan pada setumpuk kesibukan sehari-hari, kamu mungkin tidak memprioritaskan self-care. Melansir laman Real Simple, banyak orang khawatir bahwa meluangkan waktu untuk diri sendiri itu hal yang egois. Padahal tindakan tersebut penting untuk kesejahteraan pribadi. 

Self Care/ Foto: Pexels.com/ Anna Shvets
self-care/ Foto: Pexels.com/ Anna Shvets

Perawatan diri bukan hanya keterampilan kesehatan tetapi keterampilan bertahan hidup. Ketika kebutuhan self-care Beauties sudah terpenuhi dengan baik, kamu akan lebih cerdik untuk mengurus banyak hal, seperti keluarga, anak, dan lingkungan sekitar. 

Dengarkan Kebutuhan Batin dan Fisik

Beauties harus belajar untuk menyesuaikan diri, baik itu emosional dan fisik untuk bisa mengetahui apa yang kita butuhkan. Penting untuk memastikan rutinitas self-care bisa berjalan lancar dan fleksibel, sehingga kamu bisa menyesuaikan diri dengan apa yang benar-benar kamu butuhkan.

Self Care Tidak Egois/ Foto: Pexels.com/ Madison Inouye
self-care Tidak Egois/ Foto: Pexels.com/ Madison Inouye

Hal ini bisa dimulai dengan mencari sinyal yang dikirim tubuh Beauties dalam beberapa hal seperti nyeri, kram, atau kelelahan. Kamu dapat mengeksplorasi lebih lanjut indikator kesehatan mental dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini:

  • ‌Apakah saya kurang tidur?
  • ‌Apakah saya makan dengan baik?
  • ‌Apakah saya merasakan sakit di tubuh?

Dengan menjawab pertanyaan dari diri sendiri, akan meningkatkan kesadaran Beauties akan pentingnya untuk melakukan self-care secara intens. 

Idealnya, Beauties akan menemukan cara untuk menentukan seperti apa self-care terbaik kamu. Beberapa ide di atas mungkin menarik bagi kamu, tetapi mungkin juga tidak, dan hal tersebut bukanlah masalah. Pada akhirnya, Beauties akan menemukan bentuk perawatan diri yang benar-benar dibutuhkan dan berhasil untuk kamu. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id