6 Cara Cerdas Manajemen Waktu Agar Tercipta Work Life Balance, Bahagia di Karier dan Keluarga!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Senin, 05 Dec 2022 18:46 WIB
6 Cara Cerdas Manajemen Waktu Agar Tercipta Work Life Balance, Bahagia di Karier dan Keluarga!
Cara Cerdas Manajemen Waktu /Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Beauties, saat sudah berkecimpung di dunia kerja, sering kali kita susah membagi waktu untuk pekerjaan dan keluarga. Terkadang semakin banyak kerjaan di kantor, semakin sedikit waktu di rumah.

Tapi sebenarnya, kamu bisa kok, untuk mencapai work life balance. Perlu kamu ingat nih, Beauties, untuk mencapai dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan keluarga membutuhkan waktu dan dedikasi.

Berikut ini ada enam cara cerdas manajemen waktu antara pekerjaan dan keluarga. Simak!

1. Batasi Kegiatan yang Nggak Penting

Batasi kegiatan yang tidak penting/ Foto: unsplash.com/Priscilla Du Preez
Batasi kegiatan yang tidak penting/ Foto: unsplash.com/Priscilla Du Preez

Beauties, kadang tanpa kamu sadari, kamu malah terjebak dalam kegiatan yang membatasi tugas produktifmu, seperti scroll medsos, memeriksa email pribadi, dan bahkan menonton vlog YouTuber favoritmu. Memang nggak ada salahnya menikmati kegiatan yang kamu suka, namun harus tau tempat dan waktu juga ya, beauties.

Kamu harus bisa menentukan prioritas utamamu. Jangan sampai tugas rumah atau kerjaan kamu nggak selesai tepat waktu karena keasyikan sama HP kamu. Singkirkan sejenak HP atau apapun yang menghalangi tugasmu, dan fokus pada aktivitas produktifmu ya, Beauties.

6 Cara Cerdas Manajemen Waktu Agar Tercipta Work Life Balance

Pekerjaan

Cara Cerdas Manajemen Waktu /Foto: Freepik.com/tirachardz

2. Tau Kapan Harus Berkata 'Tidak'

Kamu masih belum berani untuk mengatakan 'tidak' untuk hal yang bukan urusanmu? Terutama kalau yang meminta bantuan itu atasan atau teman terdekatmu pasti sulit ya?

Namun, mempelajari kapan harus mengatakan 'tidak', bisa sangat penting untuk keseimbangan kehidupan kerjamu. Kalau kamu terus-terusan mengiyakan sesuatu, bisa bikin kamu kewalahan karena beban kerja terus meningkat dan ujung-ujungnya malah stres.

Untuk menghindarinya, kamu dapat mengevaluasi jadwalmu serta pastikan punya waktu dan sanggup kalau kamu memang bisa menerima tugas tersebut.

3. Tetapkan Batasan

Tetapkan batasan/ Foto: unsplash.com/Brett Jordan
Tetapkan batasan/ Foto: unsplash.com/Brett Jordan

Kemudahan berkomunikasi melalui berbagai aplikasi membuat pekerja terus terhubung dengan pekerjaannya. Meskipun jam kerja yang terkesan fleksibel, namun nggak jarang di luar jam kantor malah dikirimkan dokumen terkait pekerjaan yang membuat kamu harus memeriksa e-mail atau WhatsApp di luar jam kerja.

Jadi, sangat penting untuk menetapkan batasan komunikasi setelah jam kerja dan meninggalkan pekerjaan di kantor. Cobalah untuk menghindari memeriksa e-mail kantor saat di rumah dan hanya fokus pada pekerjaan rumah saja ya, Beauties.

4. Komunikasikan Kebutuhanmu

Memiliki komunikasi terbuka dengan manajer juga penting untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja. Kalau kamu kesulitan menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi, jujurlah dengan manajermu dan ungkapkan kebutuhanmu.

Kalau kamu perlu menyesuaikan jadwal atau mendistribusikan kembali beban kerja, lebih baik bilang sekarang dan diskusikan kemungkinan solusi untuk mengelola prioritasmu. Misalnya jika memungkinkan, kamu bisa mengajukan untuk bekerja dari rumah beberapa hari dalam seminggu.

5. Mengatur Jadwal yang Seimbang

Tentukan jadwal/ Foto: unsplash.com/Avel Chuklanova
Tentukan jadwal/ Foto: unsplash.com/Avel Chuklanova

Kunci untuk meningkatkan keseimbangan kehidupan rumah tangga dan kerja adalah pengaturan jadwal yang adil untuk kedua tugas tersebut. Coba tinjau kembali jadwalmu dan pastikan kamu punya cukup waktu untuk mengurus kewajibanmu.

Mengatur jadwal yang pas akan membantumu tetap pada jalur, sehingga pekerjaan tidak meluas ke waktu pribadi atau keluargamu.

6. Terapkan Kebiasaan Baik

Beauties, konsumsi makanan sehat dan olahraga rutin dapat membantumu mengelola stres dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, memperbaiki suasana hati, dan menurunkan tekanan darah.

Penting juga untuk memastikan kamu cukup tidur, karena sesudah mengalami hari yang penuh tekanan di tempat kerja, tubuhmu perlu waktu untuk pulih secara mental dan fisik. Istirahat malam yang baik dapat memastikanmu tetap berenergi dan produktif. Dengan strategi ini, kamu dapat meningkatkan mood serta produktivitas yang dapat mendukungmu mengelola beberapa tanggung jawab.

_____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE