7 Kesalahan dalam Mengatur Waktu yang Paling Umum Terjadi, Kamu Suka Lakukan?
Banyaknya aktivitas sehari-hari di kantor dan rumah terkadang membuat seseorang tertekan sehingga menimbulkan stres dan kehilangan semangat. Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan memiliki manajemen waktu yang baik.
Manajemen waktu yang baik dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja sehingga Beauties tidak perlu lembur di kantor. Beauties bisa menghindari kesalahan dalam mengatur waktu yang paling sering dilakukan tanpa sadar. Apa saja itu? Simak!
1. Tidak Membuat Daftar Tugas
Tidak membuat daftar tugas/Foto: freepik
Mengutip Pexip, tidak membuat daftar tugas adalah kesalahan paling umum yang sering dilakukan sehingga produktivitas terganggu. Tanpa daftar tugas, Beauties akan kesulitan memahami apa yang perlu diselesaikan hari itu.
Gangguan yang muncul seperti teman yang membutuhkan bantuan, panggilan telepon, pesan dari klien, bahkan media sosial bisa mengalihkan fokus. Karena itu, Beauties perlu membuat daftar tugas dimulai dari tenggat waktu paling dekat atau pekerjaan yang mudah dulu.
Beauties perlu menyusun daftar tugas yang spesifik setiap harinya agar tidak melupakan sesuatu yang penting.
2. Tidak Ada Rencana Mingguan
Tidak ada rencana mingguan/Foto: freepik
Kesalahan dalam mengatur waktu yang paling sering dilakukan berikutnya adalah tidak membuat rencana mingguan. Memiliki rencana setiap akhir pekan akan membantu Beauties mengelola waktu dengan baik.
Menyusun rencana mingguan bisa dimulai dari mengidentifikasi kegiatan yang perlu dilakukan di minggu berikutnya, membagi tugas sesuai hari, serta membuat jadwal harian dan memasukkannya ke kalender.
3. Suka Menunda Pekerjaan
Suka menunda pekerjaan/Foto: freepik
Suka menunda-nunda pekerjaan adalah sikap yang harus ditinggalkan. Penundaan sama dengan penghindaran tidak akan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
Cara mengatasi hal ini adalah membagi tugas menjadi beberapa bagian lalu kerjakan dengan sistem mencicil agar tidak kewalahan. Beauties bisa memasukkan tugas yang harus dikerjakan setiap harinya ke aplikasi agar tetap fokus.
4. Kesulitan Menetapkan Prioritas
Kesulitan menetapkan prioritas/Foto: freepik
Tugas yang diberikan di kantor pasti ada yang memiliki tenggat waktu singkat dan panjang, jadi bisa mengerjakan sesuai prioritas. Waktu adalah sumber daya berharga yang harus digunakan sebaik mungkin karena tidak bisa dikembalikan.
Seseorang yang kesulitan menetapkan prioritas akan kebingungan mengerjakan mana tugas yang harus diselesaikan lebih dulu. Beauties bisa memprioritaskan tugas berdasarkan sistem peringkat seperti A (tugas deadline pendek), B (tugas yang bisa ditunda), dan C (tugas jangka panjang).
5. Tidak Mengatasi Gangguan
Tidak mengatasi gangguan/Foto: freepik/rawpixelcom
Gangguan yang sering muncul seperti notifikasi media sosial akan mengganggu konsentrasi sehingga Beauties tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu. Memang, kita tidak bisa mengontrol kapan seseorang mengirim pesan atau menelpon, tetapi kita bisa mengontrol respon atas gangguan tersebut.
Beauties bisa menonaktifkan pemberitahuan dari ponsel dengan mode senyap atau jangan ganggu saat mengerjakan tugas dan rapat. Jika ada rekan kerja yang mencoba mengajak bicara, Beauties bisa menolaknya dengan sopan.
6. Mengambil Terlalu Banyak Tugas
Mengambil terlalu banyak tugas/Foto: freepik/DC Studio
Beberapa orang kesulitan mengatakan “tidak” jika ada yang meminta bantuan menyelesaikan tugasnya. Padahal, mengambil terlalu banyak tugas dapat mengganggu pekerjaan pribadi sehingga kesulitan mengatur waktu.
Jika Beauties terlalu mengerjakan banyak tugas hasilnya tidak maksimal karena pasti terburu-buru. Rekan kerja akan menilai bahwa Beauties adalah orang yang ceroboh dan tidak fokus. Cara mengatasi hal ini dengan mengatakan “tidak” jika tidak bisa membantu menyelesaikan tugas milik rekan kerja.
7. Tidak Beristirahat
Tidak beristirahat/Foto: freepik/karlyukav
Mengutip Mindtools, kurang istirahat dapat mengganggu konsentrasi dan sulit fokus saat bekerja. Mustahil Beauties bisa mengerjakan tugas dengan baik tanpa mengistirahatkan tubuh dan pikiran.
Orang beranggapan bahwa istirahat sama dengan membuang-buang waktu, padahal istirahat memungkinkan otak menghasilkan ide kreatif yang bermanfaat. Beristirahat tidak harus tidur, bisa diganti dengan meminum secangkir teh, jalan-jalan sebentar menghirup udara segar, membaca buku, atau sekadar duduk diam sambil mengatur napas.
Ketujuh kesalahan dalam mengatur waktu yang umum dilakukan bisa menghambat produktivitas sehingga hasilnya tidak maksimal. Bagaimana, kamu suka lakukan?
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!