6 Keuntungan Punya Manajemen Waktu yang Baik, Salah Satunya Meningkatkan Produktivitas
Memiliki kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik adalah kualitas yang harus dimiliki oleh semua orang. Hal ini wajar mengingat manusia punya banyak hal yang ingin dan harus dilakukannya, tetapi hanya diberi waktu yang terbatas.
Ketidakseimbangan antara waktu yang dimiliki dan kegiatan yang harus dilakukan ini sebenarnya bisa dikurangi jika kamu punya kemampuan manajemen waktu yang baik. Dilansir dari Indeed, selain bisa menjadi salah satu modal suksesmu, manajemen waktu yang baik juga bisa memberikan keuntungan seperti di bawah ini!
Mengurangi Stres
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/pressfoto |
Belajar untuk mengatur waktu dapat mengurangi tingkat stresmu. Jika kamu bisa menjadwalkan sebagian besar waktumu dalam sehari, kamu akan memiliki cukup ruang untuk mengatasi masalah atau halangan tidak terduga yang bisa menimbulkan stres.
Misalnya, jika kamu berpikir bahwa menyelesaikan suatu pekerjaan akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada perencanaan awal, kamu bisa mengalokasikan lebih banyak waktu. Hal ini akan membantumu tetap percaya diri dan tenang sekalipun perlu waktu lama untuk mengerjakan tugas tersebut.
Meningkatkan Produktivitas
![]() Ilustrasi manajemen waktu (Foto: Unsplash/Gaining Visuals) |
Jika kamu sudah ahli dalam memanajemen waktu, kamu akan bisa mengerjakan tugas dengan lebih cepat sehingga meningkatkan produktivitas. Tentu, mengerjakan tugas dengan waktu yang lebih singkat juga akan berkontribusi banyak untuk menurunkan level stresmu.
Memiliki Reputasi Positif
6 Keuntungan Punya Manajemen Waktu yang Baik, Salah Satunya Meningkatkan Produktivitas/Foto: Unsplash.com
Ketika kamu berhasil menyelesaikan semua pekerjaan dengan tepat waktu, rekan kerja dan atasan akan menyadari bahwa mereka bisa mengandalkanmu. Kamu akan terkenal sebagai seseorang yang tidak pernah menunda atau melimpahkan pekerjaan ke orang lain. Reputasi positif di tempat kerja akan mengarahkanmu kepada kenaikan jabatan dan bahkan pemasukan.
Tujuan Harian yang Jelas
![]() Ilustrasi manajemen waktu (Foto: Unsplash/Corinne Kutz) |
Dengan menggunakan manajemen waktu untuk mengorganisir kegiatan yang perlu kamu lakukan setiap hari, kamu bisa menyederhanakan dan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menentukan kegiatanmu dan cara menyelesaikannya.Â
Jika kamu memiliki sebuah tugas yang kompleks, tetapi sudah menentukan tiap-tiap tahapan yang harus diselesaikan sebelum mulai mengerjakannya, kamu tidak akan kehabisan waktu untuk memperkirakan langkah selanjutnya yang harus ditempuh.
Meningkatkan Fokus
![]() Ilustrasi manajemen waktu (Foto: Unsplash/Barney Yau) |
Belajar untuk mengatur waktu dengan efektif dapat meningkatkan fokus ketika bekerja. Mendedikasikan sejumlah waktu yang jelas untuk sebuah tugas akan mencegahmu untuk mengambil terlalu banyak tanggung jawab sekaligus.
Pengambilan Keputusan yang Lebih Cepat
![]() Ilustrasi manajemen waktu (Foto: Unsplash/Will H McMahan) |
Mengatur waktu dengan baik melibatkan kemampuan pengambilan keputusan untuk menyusun jadwal sehari-hari. Oleh karena itulah manajemen waktu yang baik bisa membuatmu dapat memutuskan sesuatu dengan lebih cepat dan sederhana.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/pressfoto


