STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Beauties Harus Tahu, Hak Perempuan Diperjuangkan Lewat Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Berikut Ini!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Jumat, 25 Nov 2022 09:30 WIB
Beauties Harus Tahu, Hak Perempuan Diperjuangkan Lewat Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Berikut Ini!

Gerakan kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (HAKTP) yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 November hingga 10 Desember ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengajak masyarakat global untuk berjuang bersama demi mengakhiri kekerasan, baik pada perempuan dewasa maupun gadis muda di seluruh dunia.

Dilansir dari situs resmi 16 Days Campaign, gerakan kampanye yang bertujuan untuk membela hak asasi manusia yang juga dimiliki kaum perempuan, tetapi kerap dikesampingkan oleh budaya patriarki ini, memiliki sejarah panjang sebagai berikut!

Sejarah Gerakan 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan

Kampanye 16 hari anti kekerasan diperkenalkan oleh Center for Women’s Global Leadership (CWGL) dan feminis-feminis dari seluruh dunia dalam Women’s Global Leadership Institute yang dihelat pada 1991 sebagai bentuk panggilan untuk memerangi kekerasan berbasis gender.

Upaya ini dimulai dengan munculnya petisi yang ditujukan pada konferensi dunia PBB tentang Hak Asasi Manusia yang diadakan di Wina pada tahun 1993 agar secara komprehensif menangani hak asasi perempuan dan mengakui bahwa kekerasan berbasis gender sebagai salah satu masalah dalam hak asasi manusia.

Ilustrasi kekerasan (Foto: Pexels/Anete Lusina)
Ilustrasi kekerasan (Foto: Pexels/Anete Lusina)

Sebelum internet digunakan secara luas seperti saat ini, petisi tersebut diedarkan ke 24 negara dan diterjemahkan dalam 23 bahasa. Berkat kerja keras seluruh pihak yang terkait, kekerasan terhadap perempuan akhirnya diakui secara resmi sebagai bentuk pelanggaran HAM di Wina.

Sejak itu, kampanye 16 hari anti kekerasan dirayakan secara rutin setiap tahunnya dari mulai tanggal 25 November, yang juga diperingati sebagai hari anti kekerasan terhadap perempuan internasional hingga 10 Desember yang diperingati sebagai hari hak asasi manusia internasional.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE