sign up SIGN UP

Berawal dari Krisis Finansial, Ini Alasan 'Unik' Kenapa Ayam Goreng Jadi Favorit di Korea Selatan

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 14:00 WIB
Berawal dari Krisis Finansial, Ini Alasan 'Unik' Kenapa Ayam Goreng Jadi Favorit di Korea Selatan
caption
Jakarta -

Korea Selatan umumnya dikenal dengan salah satu makanan tradisionalnya, yaitu kimchi. Namun, tahukah kamu? Selain kimchi, ternyata ayam goreng menjadi salah satu favorit masyarakat Korea Selatan, lho.

Seperti yang mungkin sering kamu lihat di adegan drama Korea, kerap kali menunjukkan menu ayam goreng ataupun karakter yang mengelola restoran ayam goreng, seperti Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016), The King: Eternal Monarch (202), hingga Business Proposal (2022).

Lantas, apa alasan dibalik favoritnya ayam goreng di kalangan masyarakat Korea Selatan? Cari tahu lewat artikel berikut ini, yuk!

Berawal dari Krisis Finansial

Ilustrasi ayam goreng KoreaIlustrasi ayam goreng Korea/ Foto: koreaboo.com

Di Korea Selatan, terdapat lebih dari 50 ribu restoran yang menjual ayam goreng. Makanan yang satu ini juga menjadi salah satu tradisi yang disukai banyak masyarakat, hingga dikenal sebagai Korean Fried Chicken atau orang-orang Korea biasa menyebutnya sebagai chikin.

Namun, ternyata ada sejarah dibalik populernya ayam goreng Korea ini, Beauties. Melansir Koreaboo, ayam goreng menjadi salah satu makanan pokok yang populer di Korea karena adanya krisis finansial Asia puluhan tahun lalu.

Krisis tersebut membuat banyak orang kehilangan pekerjaan mereka, kemudian memutuskan membuka restoran ayam goreng untuk memperoleh penghasilan.

Dari momen tersebut, makin banyak restoran ayam goreng 'menjamur' di Korea Selatan, hingga akhirnya menjadi makanan yang paling banyak disukai.

Jadi Makanan Favorit Orang Korea Berdasarkan Survey

Ilustrasi ayam goreng KoreaIlustrasi ayam goreng Korea/ Foto: koreanbapsang.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ayam goreng memang menjadi makanan favorit banyak orang di Korea Selatan. Melansir South China Morning Post, terdapat sebuah survey yang menunjukkan sebanyak 16,1% penduduk, dengan lebih dari 8 ribu sampel yang memilih ayam goreng Korea sebagai makanan favorit di daftar utama mereka.

Selain itu, ayam goreng Korea juga menjadi makanan yang paling sering dikonsumsi, selain kimchi dan bibimbap khas Korea Selatan. Tak hanya masyarakat asli Korea Selatan, para turis maupun warga negara asing yang berlibur ke Korea Selatan mengaku jika ayam goreng Korea merupakan makanan favorit mereka, lho.

Kendati demikian, masih terdapat pro-kontra apakah ayam goreng Korea bisa dianggap sebagai makanan asli Korea atau tidak melansir Korea Times. Beberapa pihak menganggap ayam goreng Korea bisa dikategorikan sebagai makanan asli negeri Ginseng ini, namun ada pula yang menilai tak setuju dengan pendapat tersebut.

Karakteristik Ayam Goreng Korea Berbeda dari Ayam Goreng Amerika

Ilustrasi ayam goreng KoreaIlustrasi ayam goreng Korea/ Foto: MBC

Ayam goreng Amerika atau yang biasa ditemukan di restoran cepat saji pastinya tersebar luas di berbagai belahan dunia, termasuk di Korea Selatan. Namun, ayam goreng Korea ini memiliki karakteristik yang berbeda dari ayam goreng Amerika, Beauties.

Melansir Vice, ayam goreng Korea cenderung lebih 'ringan' dibanding ayam goreng Amerika. Selain itu, ukurannya dibuat lebih kecil dibanding ukuran ayam goreng pada umumnya.

Kulit ayam goreng Korea cenderung lebih tipis dan tidak terlalu menonjol. Untuk cita rasanya sendiri, ayam goreng Korea mengkreasikan berbagai variatif rasa seperti ayam goreng yang ditaburi berbagai bumbu hingga garam, dicelupkan dalam saus pedas atau manis, dan masih banyak lagi.

Itu dia beberapa alasan yang membuat ayam goreng menjadi favorit di kalangan orang Korea Selatan. Kamu sendiri sudah pernah mencoba makanan yang satu ini, belum?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id