sign up SIGN UP

Dinyatakan Bersalah, Ini Perjalanan Kasus Pelecehan Seksual Bill Cosby terhadap Perempuan Umur 16 di Tahun 1975

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 22 Jun 2022 16:30 WIB
Dinyatakan Bersalah, Ini Perjalanan Kasus Pelecehan Seksual Bill Cosby terhadap Perempuan Umur 16 di Tahun 1975
Bill Cosby/Foto: Mark Makela/Getty Images
Jakarta -

Komedian, aktor, dan produser TV Amerika Serikat Bill Cosby dinyatakan bersalah atas kasus pelecehan anak berusia 16 tahun yang terjadi di Playboy Mansion pada 1975 silam. Cosby disebut melakukan pelecehan seksual terhadap perempuan bernama Judy Huth di Playboy Mansion. Hasil putusan tersebut ditetapkan pada Selasa (21/6) waktu setempat.

Huth mengklaim Cosby yang kala itu berusia 38 tahun mencoba menaruh tangannya di celana perempuan tersebut. Judy Huth, yang kini berusia 64 tahun, mengaku dipaksa untuk memamerkan area pribadinya dan memuaskan Cosby secara seksual di ranjang.

Cosby pun harus membayar ganti rugi sebesar 500 ribu USD atau setara dengan Rp7,4 miliar (US$1=Rp14.840). Berikut perjalanan kasus pelecehan seksual yang dilakukan Bill Cosby terhadap Judy Huth saat berusia 16 tahun di 1975.

Kronologi Pelecehan Seksual yang Dilakukan Bill Cosby terhadap Judy Huth

Pada Desember 2014 lalu, Judy Huth mengaku telah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh komedian Bill Cosby saat dirinya masih berusia 16 tahun. Huth bercerita kejadian tersebut terjadi pada 1975 lalu. Ia mengaku bertemu pertama kali dengan Bill di sebuah lokasi syuting di Los Angeles. Saat itu diketahui Cosby sedang syuting film berjudul 'Let's Do It Again'.

Setelah perkenalan itu, Cosby mengundang Huth dan temannya ke klub tenis miliknya. Mereka juga dibawa ke sebuah rumah tempat Cosby tinggal, kemudian bermain biliar dengan peraturan di mana harus meminum bir jika kalah.

Cosby kemudian mengajak Huth ke Playboy Mansion, yaitu rumah pendiri majalah Playboy, Hugh Hefner.

"Apakah kalian siap untuk kejutan?" kata Cosby, menurut Ms. Huth, dikutip dari New York Times. Namun, Huth tidak paham apa kejutan yang dimaksud Cosby.

Bill Cosby dan Judy Huth di tahun 1975Bill Cosby dan Judy Huth di Playboy Mansion/ Foto: Dok. New York Times

Saat di Playboy Mansion, mereka bermain beberapa game, seperti game arcade dan pinball. Huth mengaku bahwa Cosby berusaha meletakkan tangan di bahunya kala itu. Huth kemudian izin pergi ke kamar mandi, dan ketika ia ke luar, ia melihat Cosby sedang duduk di tempat tidur di kamar tidur yang bersebelahan.

"Dia menepuk kursi di sebelahnya. Aku duduk. Dia mencoba menyandarkanku ke belakang, dia mencoba menciumku, dia mencoba meletakkan tangannya di bawah pusarku," tutur Huth.

Berusaha menolak, Huth mengatakan bahwa ia sedang menstruasi. Namun, Cosby menarik celana yang dipakainya, meraih tangan Huth, dan memaksanya untuk memuaskannya secara seksual.

2014: Jaksa Tak Lanjutkan Tuntutan Judy Huth atas Pelecehan Seksual Bill Cosby

Judy pun telah mengajukan gugatannya ke Pengadilan Tinggi di Los Angeles pada Desember 2014 lalu. Dalam tuntutannya, ia mengaku dipaksa untuk melakukan hubungan seks di Playboy Mansion sehingga membuatnya sakit mental dan bermasalah selama hidupnya.

Namun, jaksa memutuskan untuk tidak memproses tuntutan Judy lebih lanjut. Dikutip detikHot dari People, pihak pengadilan memutuskan untuk tak melanjutkan kasus karena daluwarsa, atau hilangnya kewenangan menuntut dan menjalankan hukuman dengan lewatnya waktu tertentu dan syarat yang ditentukan oleh undang-undang.

Dalam sebuah dokumen yang diberikan oleh pengacara Bill, Martin Singer, ia menilai pengakuan Judy sepenuhnya tak benar. Pelaporan tersebut dianggap gagal karena tak bisa memberikan fakta-fakta yang cukup untuk menjadi bukti dugaan pelecehan seksual.

SELMA, AL - MAY 15:  Bill Cosby speaks to students at Selma High School as part of the Black Belt Community Foundation's March for Education on May 15, 2015 in Selma, Alabama.  (Photo by David A. Smith/Getty Images)Bill Cosby/ Foto: David A. Smith/Getty Image

Bill Cosby sendiri terbilang sudah cukup sering mendapatkan tuduhan dan tuntutan atas aksi pelecehan seksual. Cosby membantah bahwa ia telah melakukan pelecehan seksual kepada Huth, begitu pula terhadap tuntutan pelecehan seksual yang diajukan puluhan perempuan lain.

Saat itu, Cosby membantah telah melakukan hubungan seksual dengan Huth, dan mengatakan bahwa dia tidak mengenalnya dan tidak mengingat pernah membawanya ke Playboy Mansion.

2015: Bill Cosby Beri Kesaksian atas Tuduhan Pelecehan Seksual

NORRISTOWN, PA - SEPTEMBER 25:  Actor/stand-up comedian Bill Cosby arrives for sentencing for his sexual assault trial at the Montgomery County Courthouse on September 25, 2018 in Norristown, Pennsylvania.  (Photo by Gilbert Carrasquillo/Getty Images)Bill Cosby/Foto: Getty Images/Gilbert Carrasquillo

Pada Agustus 2015, hakim pengadilan California meminta sang komedian untuk duduk dan bersaksi di bawah sumpah mengenai tuduhan pelecehan seksual yang dilayangkan oleh Judy Huth.

Belum selesai dengan kasus tersebut, jumlah tuntutan atas pelecehan seksual yang dilakukan Bill Cosby terus bertambah. Saat itu, sudah lebih dari 30 orang wanita yang mengaku menjadi korban pencabulan Bill Cosby muncul di depan publik.

Lalu pada Oktober 2015, Bill Cosby akhirnya menghadiri deposisi (memberi kesaksian yang dilakukan di luar pengadilan) yang digelar oleh Gloria Allred, pengacara salah satu korban, Judy Huth.

Dikutip dari detikHot, Bill bersedia untuk memberikan keterangan soal kasus pencabulan puluhan tahun lalu tersebut kepada Gloria melalui deposisi. Menurut sumber, Cosby terlihat tak bisa menahan emosinya.

2022: Bill Cosby Dinyatakan Bersalah atas Pelecehan Seksual terhadap Judy Huth

Setelah perjalanan cukup panjang, Bill Cosby akhirnya dinyatakan bersalah atas kasus pelecehan seksual terhadap Judy Huth yang kala itu berusia 16 tahun yang terjadi di Playboy Mansion pada 1975 silam.

Keputusan ini datang sepekan setelah Huth bersaksi pada pekan lalu di ruang sidang Santa Monica, California, dan bersaksi bahwa Bill Cosby telah melecehkan dirinya secara seksual.

"Ini adalah siksaan. Macam dicabik-cabik, seperti terlindas bus. Keputusan ini, bagi saya, adalah sebuah kemenangan besar," kata Huth soal perjuangan dirinya selama tujuh tahun terakhir meminta keadilan atas kasusnya, dikutip dari CNN Indonesia.

Keputusan ini memperpanjang kasus pelecehan dan penyerangan seksual yang membuat Bill Cosby menjadi salah satu predator seksual di Hollywood. Sebelumnya pada 2018, Cosby dinyatakan bersalah melakukan pelecehan terhadap Andrea Constand. Ia pun sempat dipenjara hingga keputusan tersebut dibatalkan pada Juni 2021.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id