sign up SIGN UP

Jangan Diabaikan, Ini 6 Tips Mengatasi Pasangan yang Manipulatif!

Octavia Tunggal Dewi | Rabu, 12 Jan 2022 22:30 WIB
Jangan Diabaikan, Ini 6 Tips Mengatasi Pasangan yang Manipulatif!
6 Cara Menghadapi Pasangan yang Manipulatif/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Sikap manipulatif seseorang bisa membuat orang lain tertekan dan mengundang emosi. Apalagi dalam suatu hubungan, hal ini pun cukup merugikanmu. 

Biasanya sifat ini ditandai dengan kebiasaan memutarbalikkan fakta, berusaha membela diri, menyudutkan, dan merasa dirinya paling tersakiti. Lalu bagaimana cara menghadapi pasangan yang manipulatif? Simak tips selengkapnya di bawah ini ya, Beauties!

1. Jangan Meluapkan Emosi Secara Berlebihan

Jangan Meluapkan Emosi Secara Berlebihan
Jangan Meluapkan Emosi Secara Berlebihan/Foto: Freepik.com/Freepik

Cara menghadapi orang yang manipulatif pertama yaitu dengan menahan diri agar tidak meluapkan emosi secara berlebihan. Sifat manipulatifnya akan sangat menyudutkan seolah kamu yang salah dan kamu cenderung akan marah. Namun, tentu tidak masuk akal dan tidak akan membuat perubahan jika kamu larut dalam emosi. Keadaan ini justru akan membuat situasi semakin panas.

2. Beri Batasan

Beri batasan
Beri Batasan/Foto: Freepik.com/Freepik

Jika kamu sudah mengetahui bahwa pasangan kamu terlalu mendominasi setiap langkah dan keputusan kamu, maka mulailah untuk memberi batasan. Coba untuk memikirkan pilihan yang kamu inginkan dan hal yang baik menurutmu. Tetapkan batasan yang jelas untuk melindungi hak kamu dalam membuat keputusan tentang suara dan hubungan kalian.

3. Jangan Takut untuk Menolak

Jangan Takut untuk Menolak
Jangan Takut untuk Menolak/Foto: Freepik.com/Drobotdean

Cara menghadapi pacar berikutnya yaitu dengan bersikap tegas dan jangan takut untuk mengatakan tidak. Beberapa hal pada umumnya pasangan kamu cenderung memaksa kamu untuk melakukan sesuatu dari waktu ke waktu. Maka dari itu, kamu harus tegas saat menghadapi kondisi itu. Jangan ragu untuk menolak segala hal yang tidak kamu inginkan ya!

4. Dengarkan Suara Hati

Dengarkan Suara Hati
Dengarkan Suara Hati/Foto: Freepik.com/Jcomp

Sangat penting untuk kamu mendengarkan suara hatimu. Apabila kamu merasa tidak nyaman dengan perilaku pasanganmu seperti posesif, agresif dan lain sebagainya. Mulailah untuk benar-benar memikirkan dan menilai apakah hubungan ini tepat untuk kamu.

5. Selalu Jujur ​​pada Diri Sendiri

Selalu Jujur Pada Diri Sendiri
Selalu Jujur Pada Diri Sendiri/Foto: Freepik.com/Cookie_Studio

Berusahalah untuk selalu jujur pada diri sendiri tentang segala hal. Jangan memaksakan diri untuk menerima hal-hal yang sulit diterima. Kamu pasti juga memiliki keinginan untuk memiliki hubungan yang sehat dan membuat kamu bahagia.

6. Jangan Memaksakan Diri untuk Bertahan dalam Hubungan

Ciri-ciri terjebak dalam codependent relationshipJangan Memaksakan Diri untuk Bertahan dalam Hubungan/ Foto: Retno Anggraini

Cara terakhir jika segala cara sudah dilakukan untuk menghadapi pasangan kamu yang manipulatif dan gagal, maka akhiri hubungan dengan pasanganmu. Memaksakan keadaan bukanlah hal yang baik. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk bertahan dalam hubungan yang tidak sehat.

Nah Beauties, itulah beberapa cara menghadapi pasangan yang manipulatif. Tentu setiap orang ingin memiliki hubungan asmara yang sehat dan membuat bahagia, bukan tertekan setiap waktu. Jika memang sudah tidak bisa dipertahankan maka lebih baik segera akhiri hubungan kamu. Kamu berhak mendapatkan pasangan yang lebih baik dan dapat membuat kamu bahagia. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id