sign up SIGN UP

Kebiasaan Orang yang Cerdas Secara Emosional, Ada pada Dirimu?

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Senin, 20 Sep 2021 11:30 WIB
Kebiasaan Orang yang Cerdas Secara Emosional, Ada pada Dirimu?
caption

Kecerdasan emosional atau yang sering disingkat dengand EQ, merupakan salah satu bentuk kecerdasan yang diperlukan untuk mengaktualisasikan diri dalam kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit penelitian yang mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional berkontribusi dua kali lebih penting dalam memengaruhi kesuksesan.

Salah satunya, penelitian berjudul Kecerdasan Emosional Sebagai Modal Meraih Kesuksesan yang diterbitkan oleh Jurnal Ilmiah Psikologi An Nafs tahun 2013, menyebutkan bahwa Daniel Goleman berpendapat bahwa kecerdasan emosional lebih berperan dibandingkan IQ atau keahlian dalam menentukan siapa yang akan jadi bintang dalam suatu pekerjaan.

Sementara itu, dikutip dari Very Well Mind, filsuf ternama Aristoteles telah merangkum sebuah konsep mengenai kecerdasan emosional. Hal ini terkait dengan kemampuan seseorang yang cerdas secara emosional bisa dilihat dari kemampuan untuk mengelola emosi diri sendiri dan memahami perasaan orang lain. 

Kecerdasan emosional melibatkan empat keterampilan utama yaitu kemampuan untuk merasakan emosi, kemampuan untuk bernalar dengan emosi, kemampuan untuk memahami emosi dan kemampuan untuk mengelola emosi.

Keterampilan-keterampilan ini bisa dilihat dari kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Lantas apa saja kebiasaan orang-orang yang cerdas secara emosional? Simak selengkapnya di bawah ini.

Memperhatikan Setiap Hal yang Dirasakan

Kecerdasan emosional terlihat dari kesadaran diri/ Foto: Pexels/mentatdgt
Kecerdasan emosional terlihat dari kesadaran diri/ Foto: Pexels/mentatdgt

Kebiasaan pertama seseorang yang memiliki kecerdasan emosional adalah selalu memperhatikan setiap hal yang dirasakan. Hal ini tercipta karena adanya kesadaran dalam diri. Psikolog dan penulis Daniel Goleman mengungkapkan bahwa kesadaran diri ini penting dan menjadi salah satu komponen kunci kecerdasan emosional.

Bahkan hal ini menjadi dasar yang kuat untuk membentuk kecerdasan emosional. Apabila telah memiliki kesadaran diri yang baik, maka akan lebih mudah dalam mengelola suasana hati dan juga emosi. Dalam kehidupan sehari-hari, kebiasaan ini akan tampak dari bagaimana kamu menyikapi suatu persoalan dan memberi respon terhadap persoalan tersebut.

Selalu Berusaha Memahami Perasaan Orang Lain

Kecerdasan emosional hadir dalam bentuk empati/ Foto: Freepik.com
Kecerdasan emosional hadir dalam bentuk empati/ Foto: Freepik.com

Kebiasaan selanjutnya dari kamu yang memiliki kecerdasan emosional adalah selalu berusaha memahami perasaan orang lain. Dengan kata lain, hal ini juga disebut dengan empati. Sebagai makhluk sosial yang hidup berdampingan di lingkungan tertentu, interaksi memang sangat dibutuhkan.

Tidak jarang ada hal-hal menyedihkan atau kurang mengenakkan yang menimpa rekan kerja atau orang-orang di sekitar. Bagi kamu yang memiliki kecerdasan emosional, apabila melihat rekan kerja, teman atau siapapun di lingkungan sekitar yang sedang mengalami persoalan, maka rasa empati akan muncul. Rasa empati ini bisa ditunjukkan lewat rasa belasungkawa yang diikuti dengan menawarkan bantuan kepada orang yang mengalami persoalan.

Selalu Berusaha Mengontrol Emosi

Cerdas emosional dengan mengontrol emosi/ Foto: Pexels/RODNAE Productions
Cerdas emosional dengan mengontrol emosi/ Foto: Pexels/RODNAE Productions

Tentu bukan suatu rahasia lagi jika kecerdasan emosional terkait dengan kemampuan dalam mengelola emosi. Orang yang cerdas secara emosional akan berpikir sebelum bertindak dan  tidak akan membiarkan emosi mengelola hidup mereka.

Untuk itu cobalah lihat dalam diri kamu, Beauties, apakah kamu tipe orang yang benar-benar berpikir sebelum bertindak atau malah sebaliknya. Indikasi lain yang bisa kamu lihat adalah apakah kamu terbawa emosi dalam keseharian dan membuat hari-harimu terasa sangat berat. Jika ya, maka sudah saatnya untuk belajar mengelola diri guna meningkatkan kecerdasan emosional.

Punya Keterampilan Sosial yang Kuat

Keterampilan sosial hadir dari kecerdasan emosional/ Foto: Pexels/Elle Hughes
Keterampilan sosial hadir dari kecerdasan emosional/ Foto: Pexels/Elle Hughes

Tahukah kamu Beauties bahwa kecerdasan emosional erat kaitannya dengan keterampilan sosial. Ya, hal ini dikarenakan orang yang cerdas secara emosional cenderung memiliki keterampilan sosial yang kuat. Kamu yang cerdas secara emosional mengetahui dengan jelas bagaimana cara berurusan dengan orang-orang secara efektif.

Tidak sampai di situ saja, kamu yang cerdas secara emosional paham betul bahwa memelihara hubungan sosial yang sehat adalah salah satu bentuk investasi yang penting dalam kehidupan.

Oleh sebab itu pula, apabila kamu saat ini memiliki masalah dengan pembentukan hubungan sosial dengan lingkungan sekitar, maka cobalah untuk mulai membangunnya. Apabila terus dilakukan, maka hal ini bisa terus membantu kamu untuk meningkatkan kecerdasan emosional.

Selalu Termotivasi

Selalu memiliki motivasi/ Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Selalu memiliki motivasi/ Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Satu lagi kebiasaan yang bisa dikenali dari seseorang yang memiliki kecerdasan emosional adalah motivasi. Orang yang cerdas secara emosional selalu termotivasi untuk mencapai tujuan dan mampu mengelola perilaku serta perasaan dalam jangka panjang. Hal ini sangat penting untuk mencapai kesuksesan.

Meskipun nantinya di tengah proses perjalanan ditemui hal-hal yang membuat gugup bahkan bingung, kamu yang cerdas secara emosional akan mampu mengelola perasaan tersebut dengan baik.

Hal ini muncul karena, kamu yang punya kecerdasan emosional selalu punya alasan untuk memperjuangkan cita-cita yang telah dari awal. Motivasi itu akan selalu kamu munculkan untuk meraih sukses dan membuat usaha lebih maksimal.


Our Sister Site

mommyasia.id