sign up SIGN UP

Kenalan dengan OpenSea, Platform untuk Transaksi NFT yang bikin Ghozali Everyday Kaya Mendadak

Fina Prichilia | Kamis, 13 Jan 2022 19:45 WIB
Kenalan dengan OpenSea, Platform untuk Transaksi NFT yang bikin Ghozali Everyday Kaya Mendadak
Ilustrasi NFT Strategist/ Foto: Pinterest/Forbes.com
Jakarta -

NFT atau Non-Fungible Token lagi ramai diperbincangkan. Yang terbaru, bikin Ghozali Everyday tajir mendadak karena menjual koleksi foto selfie yang telah dimilikinya sejak beberapa tahun belakangan.

NFT itu sendiri merupakan sertifikat kepemilikan digital yang nggak dapat digandakan, jadi kamu akan memiliki hak kepemilikan digitalnya, tetapi bukan karya seutuhnya.

Ia menjualnya di OpenSea, Beauties. Nah apa itu OpenSea? Cek penjelasannya di bawah ini, yuk!

Pasar Jual Beli NFT

NFT yang lagi ramai dibicarakan ini, transaksinya mesti dalam platform khusus. Nah, OpenSea merupakan salah satu platform khusus tersebut yang dikembangkan oleh Devin Finzer dan Alex Atallah pada 2017.

Mengutip dari situs resminya, OpenSea merupakan peer-to-peer marketplace untuk NFT, serta mengklaim sebagai yang pertama dan terbesar di dunia sebagai marketplace NFT.

Ghozali EverydayGhozali Everyday/ Foto: screenshot/detikINET

Oh ya, diketahui sudah ada lebih dari 300 ribu pengguna dengan lebih dari 34 juta NFT yang ada di marketplace ini. Volume transaksi di OpenSea juga telah mencapai lebih dari USD5 miliar.

Nah, bicara mata uang digital yang digunakan, antara lain Etherum (ETH)/WETH, USDC, dan DAI. Namun diketahui kebanyakan pengguna menggunakan Etherum (ETH), Beauties.

Menurut laporan The New York Times, OpenSea menjadi perusahaan swasta yang paling berharga di kripto. Adapun valuasinya diperkirakan mencapai USD13,3 miliar atau setara Rp190 triliun, usai mendapat pendanaan baru.

Selain itu, OpenSea juga bergantung dari biaya yang dikumpulkan dari transaksi. Tiap kreator yang menjual karyanya di OpenSea, akan dikenai biaya penjual sebesar 2,5 persen.

NFT TerunikNFT yang unik. / Foto: queue-it

Hal itu merupakan kompensasi untuk layanan yang diberikan kepada para kreator, Beauties. Sebagai contoh, bila pengguna berhasil menjual karya NFT senilai 100 ETH, maka pengguna akan menyimpan 97,5 ETH. OpenSea akan mendapat 2,5 ETH dari penjualan tersebut.

Tetapi bagi pembeli karya NFT, OpenSea diketahui tidak memberlakukan biaya tambahan apapun.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id