sign up SIGN UP

Kronologi dan Fakta Dugaan Pelecehan Seksual terhadap Anak di Mal Bintaro, Pelaku Diduga ODGJ

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 11:45 WIB
Kronologi dan Fakta Dugaan Pelecehan Seksual terhadap Anak di Mal Bintaro, Pelaku Diduga ODGJ
caption
Jakarta -

Pelecehan seksual terhadap anak terjadi lagi. Setelah sebelumnya viral pria mencium anak di bawah umur di Gresik, kini seorang pria berinisial ABS (33) diduga melakukan pelecehan terhadap beberapa anak di sebuah mal kawasan Bintaro, Tangerang Selatan pada Minggu (26/6). Pelaku dikabarkan mencolek-colek beberapa anak.

Kasus pelecehan tersebut awalnya diunggah di Instagram oleh seorang ibu yang anaknya menjadi korban, @misisdevi. Ia menceritakan bahwa pria tak dikenal tersebut tiba-tiba mencolek area perut bagian bawah sang anak. Tidak terima, Misis Devi pun langsung mengejar pelaku.

Berikut kronologi dan sederet fakta seputar pelecehan anak di sebuah mal di kawasan Bintaro.

Kronologi Dugaan Pelecehan Seksual di Mal Bintaro, Pelaku Colek-colek Anak

young adult hiding behing a piece of paper that says Ilustrasi korban pelecehan/ Foto: Getty Images/CareyHope

Saat itu, Misis Devi ingin mengajak sang anak untuk menonton live show Tayo, namun mendadak sang anak ingin pulang. Saat ia sedang mencoba membujuk, tiba-tiba ada seorang pria dari arah belakang datang dan mencolek area perut bagian bawah sang anak.

Sontak ia pun kaget, dan langsung melihat ke arah orang yang menyolek perut anaknya. Pria tersebut melempar senyum puas dan nakal ke arah Misis Devi sambil terus berjalan.

"Respon pertama, aku bertanya dalam hati, apakah dia temanku? Respon berikutnya aku tersadar, "NO, HE IS NOT MY FRIEND!! SO, WHY HE DARE TO PUT HIS BIG HAND IN MY KID'S BELLY?!?!?" tulis Misis Devi di caption postingannya di Instagram.

[Gambas:Instagram]

Misis Devi pun langsung mengejar dan memanggil pria tersebut dan bertanya mengapa ia mencolek-colek anaknya. Saat ia mengejar, ada seorang pria yang sedang menggendong anak perempuan, dan mengatakan bahwa anaknya juga dicolek oleh pelaku.

"Aku kaget, dan dalam hitungan detik, aku mengambil kesimpulan bahwa orang ini BERBAHAYA. Tak hanya anak aku korbannya, tapi ada anak orang lain juga. Dan aku berasumsi, berarti, bisa jadi, ada anak2 lain juga yang dia Colek2, pegang2 mengingat di hall mall itu banyak sekali anak kecil," tulis Misis Devi.

Pelaku Sempat Mengancam Ibu Korban

Setelah melakukan pengejaran, akhirnya pelaku terkepung dan dibawa ke kantor security. Pelaku dimintai KTP, namun ia menolak. Selama menulis surat aduan, pelaku sempat melontarkan kalimat hinaan kepada Misis Devi, hingga menerima ancaman pembunuhan.

Tak lama kemudian, Misis Devi dan pria yang anaknya juga menjadi korban disarankan untuk langsung ke Polsek. Sesampainya di Polsek Pondok Aren, Misis Devi langsung bertemu dua orang penyidik. Ia menjelaskan dan menceritakan kembali kronologi kejadian. Mereka lalu diarahkan untuk bertemu dengan Tim PPA di Polres.

[Gambas:Instagram]

Setelah menceritakan kembali semua kronologi kepada Tim PPA, Misis Devi disuruh menunggu.

"Lalu beberapa kali petugas PPA datang, bilang kalau kelakuan orang itu makin menggila. Dia pup (BAB) di celana, lalu dia merayap2 di lantai dengan pup kemana-mana. Setiap diajak bicara ngomongnya melantur," ungkap Misis Devi.

Orangtua Pelaku Meminta Maaf

Pihak PPA kemudian menelepon orangtua si pelaku. Sekitar pukul 11 malam, akhirnya orangtua pelaku datang dan mendatangi Misis Devi berlinang air mata dan meminta maaf atas perilaku sang anak. 

Kemudian, orangtua pelaku mulai bercerita kalau anaknya ini awalnya baik-baik saja, sehat secara fisik maupun mental. Si pelaku diketahui sempat bekerja sebagai Senior Brand Manager di sebuah perusahaan internasional.

Namun 2 tahun belakangan, pelaku tinggal bersama orangtuanya. Kondisinya berubah, ia pun sudah tidak bekerja. Rupanya, usai dibawa ke psikolog dan psikiater, pelaku mengidap depresi. Saat ditanya bagaimana kelanjutan kasus yang disebabkan sang anak, orangtua pelaku pun menurut saja, entah dimasukkan penjara atau RSJ.

"To be honest, aku nggak banyak konfrontasi, kasian. Nggak tega juga rasanya. Hanya aku cuman bilang, "Pak, Bu, harusnya saat Bapak Ibu Tau Arif ini sakit, jangan dibiarkan pergi keluar sendiri ke mall Tanpa pendampingan. Membahayakan orang lain kan jadinya," ungkap Misis Devi.

Pelaku Diduga ODGJ dan Kasus 'On Hold' Sementara Waktu

Kasi Humas Polres Tangerang Selatan Iptu Purwanto mengatakan korban tidak membuat laporan polisi (LP) setelah mengetahui pelaku adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Purwanto mengatakan kasus tersebut diselesaikan secara musyawarah, mengingat pelaku mengalami gangguan jiwa.

"Semalam itu musyawarah, pertimbangannya apa karena pelakunya ODGJ, dalam perawatan RSJ. Semalam sampai ditunjukkan surat perawatannya," kata Purwanto, dikutip dari detikNews.

Namun, Misis Devi membantah bahwa kasusnya berakhir damai, melainkan hanya 'di-hold' untuk sementara waktu. Menurutnya, belum ada keterangan dari psikiater yang menyebutkan bahwa pelaku ODGJ sehingga menurutnya laporannya 'di-hold' dulu.

[Gambas:Instagram]

"(Pelaku) diajak ngomong juga tidak jawab atau jawabnya juga ke mana-mana akhirnya polisi menduga bahwa dia gila. Itu kan belum ada surat dari ahlinya psikolog atau psikiater yang menyatakan bahwa dia ODGJ, akhirnya kemarin di-hold," kata DY saat dihubungi detikcom, Senin (27/6).

Misis Devi mengaku pihaknya membuat surat pernyataan atau kesepakatan laporannya ditunda dahulu. Laporannya ditunda sampai ada kepastian soal kondisi kejiwaan pelaku dari pihak rumah sakit.

"Kita membuat surat pernyataan kesepakatan bersama, oke kita tunda dulu melapornya, tapi kita harus pastikan dulu orang ini dicek sama yang ahli. Makanya (pelaku) dibawa ke RSJ Serpong," katanya.

Pelaku dirujuk ke RSJ Bogor untuk diobservasi kejiwaannya. Misis Devi meminta pelaku dirawat di RSJ dalam waktu yang lama jika memang benar pelaku ini ODGJ.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id