STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Menurut Sains, Ternyata Ini 4 Rahasia Desain Interior Rumah yang Bikin Penghuninya Merasa Damai!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Rabu, 07 Dec 2022 06:15 WIB
Menurut Sains, Ternyata Ini 4 Rahasia Desain Interior Rumah yang Bikin Penghuninya Merasa Damai!

Meskipun sering dibahas dalam kehidupan sehari-hari sehingga terdengar biasa, kondisi mental yang mengalami gangguan kecemasan tidak bisa dianggap sepele. Ada banyak penyebab kecemasan yang menimpa seseorang, salah satunya adalah banyaknya aktivitas di lingkungan tempat seseorang berada.

Ruangan tempatmu tinggal dalam rumah juga merupakan faktor lingkungan yang bisa membuatmu merasa cemas dan tidak dapat merasakan kedamaian. Namun, dilansir dari Washington Post, para ahli telah menemukan tips dari sudut pandang sains untuk membuat desain interior rumah makin ramah pada kesehatan mentalmu!

Pencahayaan yang Tepat

Ilustrasi perabotan (Foto: Pexels/iSAW Company)
Ilustrasi perabotan (Foto: Unsplash/iSAW Company)

Paparan cahaya alami dari matahari terhadap tubuh kita akan membantu tubuh memproduksi vitamin D, serotonin, dan melatonin. Cahaya matahari alami juga bahkan dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Meskipun begitu, cahaya matahari juga menyimpan efek negatif seperti silau yang dapat menyebabkan mata mudah lelah dan sensitif. Hal ini akan memengaruhi orang yang memiliki gangguan kecemasan hingga migrain kronis.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu memberikan tirai tipis atau tirai anti silau yang dapat membantu menyaring sebagian cahaya matahari. Hal ini cocok diterapkan pada ruangan tempat kamu memakai komputer.

Tirai juga berguna untuk memblokir sinar lampu jalanan yang masuk pada malam hari dan menyebabkan insomnia yang pada akhirnya mengganggu tingkat serotonin sehingga dapat membuat mood susah dikontrol.

Pilih Warna Cat Tembok yang Terang

Ilustrasi perabotan (Foto: Pexels/Aditya Wardhana)
Ilustrasi perabotan (Foto: Unsplash/Aditya Wardhana)

Cat tembok adalah langkah termudah dan termurah untuk mengubah atmosfer dalam sebuah ruangan. Penelitian menunjukkan bahwa ruangan dengan cat dengan warna yang cenderung dingin akan membuat penghuninya akan merasakan atmosfer yang juga dingin, begitu pula dengan ruangan dengan dinding berwarna hangat terlepas dari suhu ruangan sesungguhnya. Warna tembok yang terang juga akan membuat penghuni ruangan merasa lebih santai.

Pilih Corak dengan Bijak

Ilustrasi perabotan (Foto: Pexels/Christopher Jolly)Ilustrasi perabotan (Foto: Pexels/Christopher Jolly)

Ruangan yang tidak memiliki detail corak sama sekali akan sama menyesakkannya dengan ruangan yang memiliki banyak corak. Langkah terbaik untuk menjaga agar corak dalam ruangan tetap moderat secara visual adalah dengan memilih satu atau dua warna dan corak saja untuk semua perabotan yang ada di ruangan.

Berikan Sentuhan Lekukan

Banyak ahli psikologi lingkungan menyatakan bahwa sudut yang tajam akan lebih menstimulasi otak dibandingkan bentuk yang bulat atau lonjong. Sehingga memiliki terlalu banyak bentuk persegi di dalam ruangan bisa membuat seseorang merasa stres.

Ruangan yang penuh dengan bentuk persegi atau bujur sangkar akan membuat penghuninya merasa sesak. Sedangkan ruangan dengan banyak sudut yang melengkung akan memberikan efek yang menenangkan bagi penghuninya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE