STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Tanpa Disadari, 6 Kebiasaan Buruk dan Jorok Ini Bisa Bikin Rumah Cepat Rusak!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Sabtu, 27 Aug 2022 08:00 WIB
Tanpa Disadari, 6 Kebiasaan Buruk dan Jorok Ini Bisa Bikin Rumah Cepat Rusak!

Tinggal di dalam rumah yang bersih, terawat, dan bebas dari segala macam kerusakan mampu memberikan rasa nyaman dan tenang bagi penghuninya. Sebagai kebutuhan primer manusia yang memiliki nilai tinggi, tentunya rumah perlu dirawat dan dijaga agar senantiasa awet hingga bertahun-tahun lamanya.

Sayangnya, mungkin secara tidak sadar kamu atau penghuni rumah lainnya kerap melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil yang berpotensi menimbulkan kerusakan rumah lebih cepat.

Inilah beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang rupanya bisa merusak rumah. Jangan dilakukan lagi, ya!

1. Sering Membanting Pintu

kebiasaan buruk yang membuat rumah cepat rusak
Sering membanting pintu mebuat rumah cepat rusak/Foto: Freepik.com/chainfoto24

Kebiasaan menutup pintu dengan kencang tak hanya menimbulkan suara yang gaduh. Kebiasaan seperti ini dapat membuat engsel pintu lebih mudah longgar dan mematahkan pegangan pintu.

Membanting pintu rumah pun memberikan getaran pada dinding, yang berujung pada masalah kusen yang jebol dan retakan di dinding sekitar pintu. Hal ini juga berlaku jika kamu kerap membuka pintu dengan cara mendobrak, yang dapat membentur dan merusak dinding belakang pintu.

2. Malas Membersihkan Rumah

kebiasaan buruk yang membuat rumah cepat rusak
Filter AC idealnya dibersihkan 3 bukan sekali/Foto: Freepik.com/n4talee

Bagaimana kamu bisa beristirahat di rumah dengan nyaman, bila rumahmu kotor?

Membersihkan rumah bukan hanya tentang membereskan barang, menyapu dan mengepel lantai, atau menyedot debu dengan alat. Ada sudut-sudut lain yang mungkin sering kamu lewatkan untuk dibersihkan.

Mengutip laman Domain, alat elektronik seperti filter AC, kipas angin, dan lemari es yang kotor dapat secara drastis mengurangi efisiensi kinerja dan masa pakai peralatan, sekaligus menyedot lebih banyak daya listrik. Terlebih, benda-benda tersebut memerlukan kualitas udara bersih yang bebas dari bakteri, mikroorganisme, dan debu untuk menjagamu tetap sehat.

Selain itu, jangan lupakan talang air yang berfungsi mengalirkan air hujan dari atas genteng ke tanah. Ketika hujan turun, talang air yang tersumbat oleh daun-daun kering maka airnya dapat meluap dan pada beberapa kasus sering merusak atap, bahkan interior rumah.

3. Menyepelekan Kebocoran

kebiasaan buruk yang membuat rumah cepat rusak
Akibat menyepelekan kebocoran atap/Foto: Freepik.com/toa55

Masalah kebocoran pada pipa mau pun atap rumah bisa sangat merugikan. Sebaiknya, segara atasi tanda-tanda kebocoran ini. Seiring waktu, kebocoran akan menyebabkan kerusakan lebih luas, seperti atap jadi cepat lapuk, timbul noda air berwarna kuning, pipa berlumut, cat terkelupas, dan dinding berjamur.

Menurut CDC, pada orang yang sensitif, paparan jamur pada bangunan dapat menyebabkan gejala seperti hidung tersumbat, bengek, mata atau kulit merah/gatal, dan kambuhnya asma.

4. Merokok di Dalam Rumah

kebiasaan buruk yang membuat rumah cepat rusak
Dilarang merokok di dalam rumah/Foto: Freepik.com/freepik

Kebiasaan buruk merokok nggak cuma berbahaya bagi kesehatan diri sendiri, tetapi juga mengganggu kesehatan anggota keluarga, apalagi jika merokok di dalam rumah. 

Asap rokok yang mengandung bahan kimia dan berputar-putar di dalam rumah akan menimbulkan sejumlah masalah. Mulai dari langit-langit rumah yang lebih cepat kusam, bau asap rokok menempel di perabot, sampai bikin udara dalam rumah jadi pengap. Belum lagi, jatuhan abu rokok di furnitur atau lantai membuatnya tampak kotor.

5. Membuang Sisa Makanan di Bak Cuci

kebiasaan buruk yang membuat rumah cepat rusak
Membuang sisa makanan dan minyak di bak cuci/Foto: Freepik.com/freepik

Mungkin salah satu kebiasaan buruk yang paling umum adalah suka membuang sisa makanan di piring ke bak cuci piring, alih-alih ke tempat sampah. Sisa makanan dan minyak yang turun ke pipa bisa menumpuk seiring waktu, yang pada akhirnya dapat menyebabkan pipa tersumbat.

6. Malas Memperbaiki Kerusakan Minor

kebiasaan buruk yang membuat rumah cepat rusak
Jangan tunda perbaiki kerusakan kecil pada rumah/Foto: Freepik.com/zynkevich

Beberapa orang cenderung mengabaikan perbaikan kecil yang dibutuhkan rumah. Ketika kamu langsung melakukan perbaikan pada kerusakan, kamu dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan menghemat uang dalam jangka panjang.

Bagaimana, deretan kebiasaan buruk dan jorok di atas sering kamu lakukan nggak nih? Jika sering, cepat-cepat perbaiki ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE