sign up SIGN UP

Mesti Peka, Perhatikan Tanda Hewan Peliharaan Kamu Lagi Merasa Kesepian, Beauties!

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Sabtu, 06 Aug 2022 10:00 WIB
Mesti Peka, Perhatikan Tanda Hewan Peliharaan Kamu Lagi Merasa Kesepian, Beauties!
Hewan peliharaan kesepian/ foto: unsplash/ Alexander andrews

Bukan hanya manusia, tetapi hewan juga bisa kesepian lho. Apalagi hewan yang memang menjadi peliharaan. Mereka bisa rentan sekali merasakan yang namanya kesepian. Jika dibiarkan begitu saja hewan peliharaan bisa terkena stres dan akhirnya sakit.

Walaupun hewan tidak bisa berbicara, akan tetapi bisa diamati dari perilakunya, apakah ia sedang baik-baik saja atau tidak. Berikut ini merupakan tanda-tanda hewan peliharaan yang sedang kesepian.

1. Selalu Mengikutimu di Rumah

anjing
Hewan peliharaan kesepian/ foto: unsplash/ freestock

Menurut Joe Alcorn, dokter hewan di Care Animal Hospital di Temecula, California, dikutip dari Insider bahwa, hewan peliharaan yang sedang merasa kesepian akan mengikuti pemiliknya terus selama di rumah atau berisik dan merengek tidak ingin berpisah.

Jika hewan peliharaan Beauties yang biasanya tidak seperti itu, lalu menjadi seperti itu. Ajaklah bermain dengan mainan kesukaannya atau temani ia sambil mengelus-elus badannya.

2. Tiba-tiba Menjadi Manja

Kucing
Hewan peliharaan kesepian/ foto: unsplash/ Eric han

Tanda ini bisa lebih terlihat pada hewan peliharaan yang tidak biasanya tidak manja. Mengutip dari situs Oakland Veterinary, hewan yang tiba-tiba mendekat dan menempel terus menjadi indikasi bahwa ia sedang kesepian.

Ia butuh lebih banyak perhatian dari pemiliknya. Jika hal ini terjadi, harap luangkan waktu dan berikan perhatian kepada hewan peliharaan. Jangan sampai dibiarkan begitu saja ya. 

3. Nafsu Makan Berkurang atau Bertambah

Anjing
Hewan peliharaan kesepian/ foto: unsplash/ trphtography

Sama seperti manusia ternyata dikutip dari laman Petbarn, hewan yang kesepian dapat ditandai dengan tidak nafsu makan ataupun makan yang terus-terusan. Untuk mengetahui hal ini pemiliknya wajib tahu jadwal makan hewan peliharaan dan porsinya. Segera berikan perhatian kepada hewan peliharaan kalau ia mulai menunjukkan tanda ini, Beauties.

4. Mencari Perhatian dengan Kelakuan Nakal

Anjing
Hewan peliharaan kesepian/ foto: unsplash/ aureanne mailhiot

Tiba-tiba hewan peliharaan menjadi nakal dan sering merusak barang-barang di rumah? Mengutip dari Great Pet Care, bahwa anjing yang kesepian bisa menjadi 'rusuh', seperti mencabik-cabik sofa dan mengunyah bantal. Namun, bukan hanya anjing saja. Karena, kucing juga jika kesepian lebih sering ribut dan menabrak barang untuk mengacak-acak rumah.

Apabila kamu memiliki hewan peliharaan, coba selalu memperhatikannya agar tidak merasa kesepian dan berujung pada stres. Perlakukan hewan peliharaan layaknya keluarga sendiri ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id