STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Nggak Selalu Mulus, Ini 5 Momen Terberat dalam Hidup yang Bisa Kamu Alami dan Cara Mengatasinya

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Minggu, 04 Sep 2022 19:30 WIB
Nggak Selalu Mulus, Ini 5 Momen Terberat dalam Hidup yang Bisa Kamu Alami dan Cara Mengatasinya

Stres merupakan reaksi fisik maupun emosional seseorang terhadap perubahan dalam hidup. Stres bisa disebabkan oleh tekanan, ancaman, situasi berbahaya, perubahan dalam hubungan, masalah keuangan, kesehatan, keluarga, dan lainnya.

Menahan stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental, seperti dapat memengaruhi masalah pencernaan, menurunkan sistem kekebalan tubuh, kurang tidur, kecemasan, dan traumatis.

Berbagai momen terberat dalam hidup bisa membuat kamu merasa stres, meskipun setiap orang memiliki momen berbeda sebagai penyebab stres. Begitu juga dengan cara mengatasinya, ada yang berhasil mengatasinya dengan baik, dan ada yang masih kesulitan dalam mengatasinya.

Dilansir dari Very Well Mind, berikut beberapa momen terberat dalam hidup yang bisa membuatmu stres dan cara mengatasinya. Apa saja? Yuk, simak!

Kematian Orang Tercinta

Ilustrasi sedih/Foto: Freepik.com/freepik
Ilustrasi sedih/Foto: Freepik.com/freepik

Kematian tak terduga dari orang yang dicintai membuatmu merasakan banyak emosi berbeda, mulai dari terkejut, sedih, bingung, mati rasa, marah, dan rasa bersalah. Perubahan signifikan yang kamu alami secara mendadak akan membutuhkan waktu untuk memproses apa yang terjadi dan bagaimana menghadapi kenyataan tanpa orang tercinta.

Proses berduka dan waktu yang dibutuhkan setiap orang tidaklah sama. Biarkanlah dirimu merasakan berbagai emosi dan fokus untuk mencapai keadaan mental yang damai. 

Luangkan waktu untuk memerhatikan dan merawat diri sendiri. Kamu bisa berbagi kesedihan dan membicarakan perasaanmu dengan keluarga serta teman terdekat. Mencari dukungan seperti terapi duka juga dapat membantu kamu mengatasi emosi yang sulit, seperti rasa bersalah dan mengembangkan cara untuk beradaptasi pada kehidupan tanpa orang yang kamu cintai.

Kehilangan Pekerjaan

Ilustrasi stres saat kehilangan pekerjaan/Foto: Freepik.com/Wiroj Sidhisoradeja
Ilustrasi stres saat kehilangan pekerjaan/Foto: Freepik.com/Wiroj Sidhisoradeja

Sebagai pekerja keras, kamu pasti tidak pernah membayangkan akan kehilangan pekerjaan. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa stres bisa muncul ketika kamu mengalaminya. Secara emosional, kamu akan merasakan malu, sedih, kecewa, dan rasa bersalah.

Kekhawatiran terkait masalah finansial, sulitnya mencari pekerjaan baru, serta takut beradaptasi dengan lingkungan baru bisa menjadi momen terberat yang kamu rasakan. Jika kamu sedang mengalami hal ini, maka jangan abaikan perasaanmu. Daripada memendam segala emosi, lebih baik kamu meluapkannya dengan menulis di buku harian, atau bercerita dengan sahabat.

Selanjutnya, kamu bisa mulai belajar menerima situasi. Cobalah untuk fokus pada hal-hal yang baru yang kamu senangi atau tingkatkan keterampilan untuk kembali maju dan percaya diri. Persiapkan dirimu untuk mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik.

Pindah ke Tempat atau Lingkungan Baru

Ilustrasi seseorang yang baru pindah ke tempat baru/Foto: Freepik.com/jcomp
Ilustrasi seseorang yang baru pindah ke tempat baru/Foto: Freepik.com/jcomp

Pindah tidak hanya melibatkan emosional seseorang, namun juga faktor-faktor logistik. Mulai dari pengemasan barang, membongkarnya, dan menyesuaikan diri dengan orang-orang serta lingkungan baru. Alasan pindah biasanya karena mendapatkan pekerjaan baru, atau kejadian tak terduga, seperti rumah kebakaran hingga kesulitan keuangan.

Perlu kamu ingat kembali bahwa stres adalah hal yang normal dalam hidup. Untuk mengatasi rasa stres saat akan pindah ke suatu tempat atau lingkungan baru, kamu bisa menganggap banyaknya alasan positif atas kepindahanmu. Aturlah rencana terkait keperluan logistik, minta bantuan teman dan keluarga untuk mengemas dan membongkar barang, mulai berkenalan dengan penduduk atau rekan-rekan sekitar.

Perceraian atau Perpisahan

Ilustrasi perpisahan/Foto: Freepik.com/yanalya
Ilustrasi perpisahan/Foto: Freepik.com/yanalya

Perceraian atau perpisahan dari pasangan dapat menyebabkan stres besar dalam hidup. Tak hanya tekanan emosional dan mental, kamu juga masih harus berurusan dengan sejumlah masalah.

Pada perceraian akan ada pertimbangan hukum yang perlu ditentukan seperti hak asuh anak, keuangan, dan aset. Mengelola emosi pada momen ini memang tidak mudah, jadi belajarlah untuk menerima segala emosi, seperti marah dan putus asa.

Kamu mungkin merasa gagal dalam hubungan asmara. Namun, jangan jadikan alasan ini untuk berlarut-larut terpuruk. Fokuslah mencintai diri sendiri, lakukan hobi yang kamu sukai dan bergabung bersama komunitas baru agar dapat mengembangkan relasi pertemanan.

Menderita Penyakit Jangka Panjang

Ilustrasi seseorang yang sakit/Foto: Freepik.com/partyshock
Ilustrasi seseorang yang sakit/Foto: Freepik.com/partyshock

Penyakit dan stres memiliki hubungan simbiosis. Jika kamu mengalami stres kronis, sistem kekebalan akan melemah sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Stres telah terbukti meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, obesitas, depresi dan lainnya.

Selama proses penyembuhan, beban keuangan juga meningkat. Tak jarang, seseorang yang sedang menderita penyakit jangka panjang seperti ini kerap menjadi stres.

Untuk mengatasinya, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk merencanakan perawatan penyakit. Pastikan kamu cukup tidur, mengonsumsi makanan sehat dan aktif berolahraga fisik maupun bermeditasi. Lakukan konseling jika perlu, hal ini akan membantu kamu mengelola kondisi kesehatan jangka panjang.

Nah, itulah beberapa momen terberat dalam hidup yang bisa membuatmu stres dan cara mengatasinya. Tidak ada salahnya merasa sedih, marah, dan kecewa saat menghadapi momen tersebut. Namun, kamu tetap harus bisa menerima proses penyembuhan diri, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE