sign up SIGN UP

Orang Tua Perlu Tahu Nurturing Parenting, Pola Asuh yang Bagus untuk Perkembangan Fisik dan Mental Anak!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Jumat, 10 Jun 2022 13:45 WIB
Orang Tua Perlu Tahu Nurturing Parenting, Pola Asuh yang Bagus untuk Perkembangan Fisik dan Mental Anak!
caption
Jakarta -

Gaya mengasuh anak atau parenting style setiap orang tua bisa saja berbeda-beda, tergantung pemahaman orang tua. Parenting style yang baik akan membantu perkembangan anak secara fisik dan mental, bahkan di masa depan. Oleh karena itu, parenting style perlu diterapkan dengan tepat, agar anak mendapat pengasuhan secara maksimal.

Ada beberapa jenis parenting style, salah satunya adalah nurturing parenting. Nurturing parenting secara singkat merupakan pola pengasuhan anak yang mengedepankan kesejahteraan dan kenyamanan anak, guna menciptakan healthy relationship dalam sebuah keluarga.

Lalu, bagaimana kiat menerapkan nurturing parenting? Berikut informasinya dihimpun dari First Cry Parenting.  

Quality Time

Nurturing parenting dengan quality time
Nurturing parenting dengan quality time/ foto: Freepik.com/ jcomp

Quality time bersama anak termasuk kegiatan yang penting. Quality time dapat membangun bonding antara anak dengan orang tua. Quality time bisa digunakan sebagai waktu untuk melakukan kegiatan produktif yang baik untuk perkembangan anak, seperti membaca buku, memasak, berolahraga, memainkan permainan edukasi, dan sebagainya.

Berikan Kehangatan dan Cinta

Nurturing parenting dengan kasih sayang
Nurturing parenting dengan kasih sayang/ foto: Freepik.com/ prostooleh

Kehangatan dan cinta merupakan unsur-unsur terpenting dalam mengasuh anak. Kehangatan dan cinta yang diberikan orang tua kepada anak sedini mungkin, akan membuat anak belajar arti cinta sesungguhnya, yakni cinta pertama yang datang dari keluarga.

Mulailah dengan mengungkapkan rasa sayang kepada anak. Terlebih lagi ketika anak sedang bersedih, ungkapan rasa sayang dari orang tua mampu memberikan sinyal positif ke dalam pikiran anak.

Menjadi Pendengar yang Baik

Nurturing parenting dengan menjadi pendengar
Nurturing parenting dengan menjadi pendengar/ foto: Freepik.com/ yanalya

Kapanpun anak merasa dirinya sedih, khawatir, kecewa, bahagia, atau hal-hal lain yang ingin anak diskusikan kepada orang tua, cukup dengarkan. Tips parenting seperti ini mampu melatih anak menjadi orang yang jujur.

Mungkin sesuatu yang dibicarakan anak terdengar sepele, namun itulah tanda anak sedang belajar mengungkapkan perasaannya apa adanya. Di sisi lain, anak juga akan merasa bahwa orang tua memiliki kepedulian terhadap dirinya.

Apresiasi

Nurturing parenting dengan memberikan apresiasi
Nurturing parenting dengan memberikan apresiasi/ foto: Freepik.com/ our-team

Sekecil apapun pencapaian atau usaha yang dilakukan anak, pastikan orang tua memberikan apresiasi. Hal ini akan membuat anak merasa dihargai dan anak juga bisa belajar pentingnya saling menghargai.

Selain itu, apresiasi yang diberikan orang tua kepada anak akan mendorong anak untuk melakukan tantangan yang lebih besar dalam hidupnya. Apresiasi tidak selalu dalam bentuk barang, ucapan bangga kepada anak bisa menunjukkan tanda apresiasi.

Ajak Berinteraksi

Nurturing parenting dengan berinteraksi
Nurturing parenting dengan berinteraksi/ foto: Freepik.com/ shurkin_son

Interaksi adalah bagian dari manusia sebagai makhluk sosial. Maka, untuk membantu anak menjadi makhluk sosial yang baik, penting bagi orang tua untuk mengajak anak berinteraksi. Bisa dimulai dengan obrolan-obrolan sederhana, misalnya curhat.

Cara mendidik anak dengan melatih kemampuan interaksi dapat membantu anak dalam membentuk keahlian berkomunikasi. Bersosialisasi juga akan terasa mudah ketika dapat berkomunikasi dengan baik kepada orang lain.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id