sign up SIGN UP

#MERDEKADARISTIGMA

Putri Mona Ratuliu Cerita Alami Depresi, Ini Pentingnya Sadar & Tak Anggap Remeh Kesehatan Mental Seseorang!

Rini Apriliani | Beautynesia
Jumat, 05 Aug 2022 11:30 WIB
Putri Mona Ratuliu Cerita Alami Depresi, Ini Pentingnya Sadar & Tak Anggap Remeh Kesehatan Mental Seseorang!
Cerita Putri Mona Ratuliu Alami Depresi dan Berjuang/Foto: Instagram: @mimashafa
Jakarta -

Mima Shafa, putri dari Mona Ratuliu dan Indra Brasco baru-baru ini bercerita dalam sebuah video yang diunggahnya di laman Instagram, jika ia mengalami depresi. 

Di awal, ia bercerita jika sejak dirinya duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, ia telah tertarik untuk belajar lebih dalam tentang kesehatan mental karena kesadaran yang dirasakan, pada dirinya sendiri. 

"Waktu SMP, aku tertarik untuk belajar lebih banyak tentang kesehatan mental karena kesadaran yang aku rasain dengan diriku sendiri. Setelah itu, aku jadi interested untuk mengadvokasi tentang kesadaran kesehatan mental dan bukan itu aja, tapi juga gimana supaya orang2 yang nggak teredukasi tentang kesehatan mental bisa belajar dan mengurangi stigmanya," tulis Mima.

"Aku tetap mengalami naik turun. Selama 7 tahun aku selalu bertanya2, "apa yang salah sih sama aku?" di depan semua orang, aku mungkin terlihat seperti seseorang yang tau semua jawabannya, bukan cuman dari belajar advokasi MHA dan juga sebagai mahasiswi psikologi, tapi juga banyak privilege yang aku punya,"

"Tapi kenyataannya, aku masih menderita dan kesusahan. Dan itu manusiawi," lanjutnya.

Kisah Mima Shafa Lawan DepresiKisah Mima Shafa Lawan Depresi/ Foto: Instagram: @mimashafa

Mima bercerita jika bulan Juli 2022 ini menjadi waktu terpenting untuknya. Dimana ia bisa bertahan, dan makin mengenali dirinya lebih jauh.

"Juli 2022 adalah waktu yang penting untuk aku selama 19 tahun hidup. I survived. Aku nggak akan bisa lebih mengenali diri sendiri kalau aku nggak survive,"

Ia pun mengucapkan banyak terimakasih, untuk semua orang yang telah mendukung dan sayang dengan dirinya, hingga saat ini. 

Beauties, belajar dari apa yang dialami oleh Mima Shafa, ini dia stigma buruk tentang kesehatan mental yang berkembang di masyarakat, dan pentingnya untuk sadar & berempati pada mereka yang mengalaminya. Simak yuk!

Isu Kesehatan Mental Sering Dianggap Remeh

Silent treatment dapat merusak kesehatan mentalKesehatan Mental/ Foto: Freepik.com

Isu kesehatan mental masih sering kali dianggap remeh di masyarakat. Seseorang yang mengalami dan sedang berjuang dengan kesehatan mentalnya pun masih sering mendapatkan stigma buruk. 

Padahal ini adalah permasalahan serius yang tak bisa sebatas diabaikan atau dianggap remeh.

Sering Disebut Kurang Beribadah dan Kurang Bersyukur

Sederet manfaat menangis untuk kesehatan mental/pexels/Ron LoachPenyebab Kesehatan Mental/Foto: pexels/Ron Loach

Stigma buruk yang berkembang di masyarakat, segelintir orang mengatakan jika mereka yang mengalami kesehatan mental adalah mereka yang kurang beribadah dan kurang bersyukur. Nyatanya, tidak demikian. 

Ada banyak penyebab seseorang bisa mengalami masalah kesehatan mental. Mengutip dari MentalHealth.gov, beberapa faktor yang bisa jadi penyebab, adalah:

  • Faktor biologis, seperti gen atau kimia otak
  • Pengalaman hidup, seperti trauma dari peristiwa yang pernah dialami
  • Riwayat keluarga yang miliki masalah kesehatan mental juga

Karena hal ini, tak ada kaitan antara bermasalahnya kesehatan mental dengan kurang beribadah ataupun kurangnya bersyukur.

Ini Pentingnya Sadar & Tak Anggap Remeh Kesehatan Mental Seseorang

Pentingnya memeriksa kesehatan dan kesiapan mental sebelum menikah//Freepik/tirachardzKesehatan Mental/Foto: Freepik/tirachardz

Sudah banyak sekali kasus, sampai kehilangan nyawa, akibat seseorang yang tengah berjuang dengan kesehatan mentalnya ini tidak memiliki perlindungan dan dukungan dari orang sekitar.

Padahal, yang dibutuhkan mereka dengan masalah kesehatan mentalnya adalah dukungan dan perlindungan, agar bisa bertahan dan berjuang. Karena hal ini, penting sekali untuk kita lebih aware dengan teman atau keluarga sekitar. 

Dari Mima Shafa juga kita belajar, untuk lebih banyak mempelajari tentang kesehatan mental. Karena tak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tapi juga untuk bisa berempati kepada orang sekitar. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id