sign up SIGN UP

Sederhana Tapi Bermakna, Ini 6 Cara Memberdayakan Perempuan di Sekitar

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Sabtu, 02 Jul 2022 16:00 WIB
Sederhana Tapi Bermakna, Ini 6 Cara Memberdayakan Perempuan di Sekitar
caption

Usaha memberdayakan perempuan memang bukan hal yang baru dilakukan. Meski demikian, hingga saat ini masih banyak perempuan yang kesulitan untuk mendapatkan kesetaraan karena minimnya dukungan dan fasilitas.

Padahal, women empowerment atau pemberdayaan perempuan sebenarnya bisa dilakukan lewat hal kecil namun bermakna dan bisa membawa perubahan. Apa saja? Yuk, simak ulasannya!

1. Menyediakan Apa yang Dibutuhkan

Keterbatasan menjadi salah satu kendala utama para perempuan untuk berkembang. Sebagian besar negara memiliki sistem sosial yang menuntut perempuan bertahan dalam situasi paling ekstrim dan diharapkan mampu mengolah sumber daya terbatas menjadi sesuatu yang bernilai. Karenanya, coba lihatlah apa yang sangat dibutuhkan perempuan di sekitarmu dan lakukan semampumu untuk membantu memberikan kehidupan lebih baik.

2. Membantu Perempuan dalam Krisis

Cara Memberdayakan Perempuan/Pixabay.com/Engin Akyurt
Cara Memberdayakan Perempuan/Pixabay.com/Engin Akyurt

Hingga saat ini, banyak perempuan menjadi subyek kekerasan, perdagangan manusia, eksploitasi, dan lain-lain. Bukan hal mudah untuk memeranginya, sehingga korban terus berjatuhan dan menimbulkan trauma mendalam. Dalam hal ini, setidaknya kamu bisa memberikan dukungan moral pada mereka yang menjadi korban dan membantu mereka lepas dari krisis.

3. Pendidikan untuk Perempuan

Cara Memberdayakan Perempuan/Pixabay.com/Pham Trung Kien
Cara Memberdayakan Perempuan/Pixabay.com/Pham Trung Kien

Percaya atau tidak, hingga saat ini masih banyak diskriminasi pendidikan untuk anak perempuan. Ini bukan masalah kecil yang mudah diselesaikan. Namun jika kamu ingin berpartisipasi, setidaknya pastikan para perempuan di sekitarmu tergerak untuk menempuh pendidikan yang memadai. Langkah lain, kamu juga bisa berbagi ilmu baik lewat pendidikan formal atau diskusi.

4. Membantu Bisnis Kecil

Cara Memberdayakan Perempuan/Pixabay.com/Quang Nguyen vinh
Cara Memberdayakan Perempuan/Pixabay.com/Quang Nguyen vinh

Selain pendidikan, ekonomi kadang menjadi kendala utama dalam pemberdayaan perempuan. Mereka yang tak punya keterampilan dan penghasilan terpaksa harus bergantung pada orang lain. Bahkan jika ingin berbisnis, sekali lagi mereka harus berhadapan dengan kendala modal. Untuk memberdayakan mereka, kamu bisa ikut memberikan arahan yang diperlukan, ikut berinvestasi, serta menggunakan produk mereka.

5. Mengulurkan Tangan pada Ibu Baru

Cara Memberdayakan Perempuan/Pixabay.com/Omar Medina Films
Cara Memberdayakan Perempuan/Pixabay.com/Omar Medina Films

Dari sekian banyak krisis yang dialami, menjadi ibu baru mungkin jadi salah satu hal terberat. Walaupun segala macam persiapan telah dilakukan, namun beban yang ditanggung seringkali membuat mental terguncang.

Rasa sakit fisik, perubahan bentuk tubuh, beradaptasi dengan kehadiran bayi, serta tuntutan orang sekitar jelas bukan hal yang mudah dijalani. Masa ini sangat rentan sehingga bantuan dan dukungan dari keluarga dan orang dekat akan sangat berarti.

6. Tunjukkan Bahwa Kamu Peduli

Selain cara di atas, hal paling penting yang bisa kamu lakukan adalah menunjukkan kepedulian. Selalu tunjukkan perhatian dan dorongan pada orang sekitar bahwa mereka adalah perempuan yang berharga dan memiliki potensi. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan hal nyata untuk membantu mereka menyelesaikan berbagai permasalahan.

Pada akhirnya, kita bisa menarik benang merah bahwa hal terpenting untuk memberdayakan perempuan adalah kepedulian dan empati yang positif. Ingatlah kata-kata populer berbunyi “Women supporting women”, yang berarti perempuan seharusnya mendukung sesama.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id