sign up SIGN UP

Wibu Wajib Tahu! Ini Rata-rata Harga Rumah di Jepang Kalau Kamu Mau Tinggal di Sana

Cica Rahmania | Beautynesia
Senin, 23 May 2022 18:30 WIB
Wibu Wajib Tahu! Ini Rata-rata Harga Rumah di Jepang Kalau Kamu Mau Tinggal di Sana
caption
Jakarta -

Para peselancar internet pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah weeaboo atau wibu yang kerap disebut-sebut di berbagai media sosial. Istilah ini mengacu pada penggemar atau orang-orang yang obsesi kepada kebudayaan Jepang, bahkan ketika mereka bukan orang Jepang.

Biasanya, seorang wibu akan menampilkan kepribadian atau identitas asal mereka untuk menunjukkan kecintaannya terhadap Jepang. Tak jarang pula seorang wibu berusaha keras untuk bisa hidup seperti orang Jepang bahkan tinggal di Jepang.

Ilustrasi rumah Jepang.Ilustrasi rumah Jepang. / Foto: Getty Images/iStockphoto/kohei_hara

Nah, kalau kamu salah seorang wibu yang pengin banget tinggal di Jepang atau bukan wibu tapi punya cita-cita tinggal di Jepang, kamu perlu tahu, ternyata segini, lho, uang yang harus kamu keluarkan untuk bisa punya tempat tinggal di sana, terutama di area Tokyo.

Harga Rata-Rata Rumah Baru di Area Tokyo

Terkenal dengan ketertiban warganya serta kebersihan kotanya, Jepang mampu menarik perhatian banyak orang untuk bisa tinggal di sana dalam waktu lama. Namun, tahukah kamu berapa rata-rata harga rumah baru di Jepang, khususnya area Tokyo, yang tak lain adalah ibu kota Jepang?

Dihimpun dari website Nippon, harga rata-rata rumah yang baru dibangun di daerah Tokyo adalah 43,3 juta yen atau setara Rp4,9 miliar. Di pusat Tokyo sendiri, harga rumah 60,6 juta yen atau sekitar Rp6,9 miliar.

Ilustrasi rumah Jepang.Ilustrasi rumah Jepang. / Foto: Getty Images/iStockphoto/kohei_hara

Sebuah survei oleh Recruit, menunjukkan hasil orang-orang yang membeli rumah baru dibangun di wilayah metropolitan Tokyo pada tahun 2021 dengan harga pembelian rata-rata adalah 43,3 juta yen. Angka ini merupakan level tertinggi sejak survei dimulai pada tahun 2014.

Survei yang melibatkan 2.502 orang tersebut menunjukkan banyak rumah dengan harga antara 30 juta yen dan 40 juta yen, dengan 16,8% dari 30 juta yen menjadi 35 juta yen. Sedangkan 17% dari 35 juta yen menjadi 40 juta yen.

Jarak Rumah dengan Fasilitas Umum

Sementara itu, 11% membeli rumah dengan harga lebih dari 60 juta yen atau hampir dua kali lipat persentase tahun 2020. Di lain sisi, berdasarkan lokasi, harga rata-rata untuk rumah baru di 23 kotamadya di pusat Tokyo naik menjadi 60,6 juta yen, dibandingkan dengan di Tokyo barat, yang masih dibanderol seharga 46,3 juta yen.

Di Prefektur Kanagawa, rata-rata harga rumah dibanderol 41,4 juta yen. Di antara mereka yang disurvei, 26,4% mengambil kredit antara 40 juta yen dan 50 juta yen, yang merupakan segmen terbesar. Diikuti oleh 19,7% yang kreditnya lebih dari 50 juta yen.

Ilustrasi rumah Jepang.Ilustrasi rumah Jepang./ Foto: Getty Images/iStockphoto/kohei_hara

Rata-rata kredit orang Jepang pada 2021 mencapai 40,8 juta yen yang melampaui 40 juta yen untuk pertama kalinya. Umumnya, jarak rumah baru dari stasiun kereta terdekat adalah 11-15 menit ditempuh dengan jalan kaki, yang dialami oleh 26,0% responden. Sedangkan sebanyak 24,7% responden harus naik bus atau berkendara. 

Gimana, Beauties? Setelah melihat rata-rata harga di atas, tertarik untuk membeli rumah di Jepang?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id