sign up SIGN UP

3 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Jadi Pemicu Kamu Sering Pusing Kepala

Galih Konain Tata | Beautynesia
Minggu, 18 Sep 2022 08:00 WIB
3 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Jadi Pemicu Kamu Sering Pusing Kepala
caption

Pusing atau sakit kepala tiba-tiba memang kerap bikin jengkel. Membuat kita kehilangan fokus, nggak bisa melanjutkan pekerjaan atau aktivitas, dan tentunya bikin jadi overthinking - kepikiran hal-hal buruk "kok aku pusing terus, kenapa ya?". Kalau nggak pandai-pandai mengelola kecemasan, justru membuat kita semakin pusing ya, Beauties.

Namun, kalau Beauties ingin tahu bagaimana cara terbebas dari pusing, terutama kalau kamu merasakan sakit kepala setiap hari, kamu harus tahu apa penyebab pusing yang kamu alami.

Sakit kepala terjadi karena penyebab yang berbeda-beda, tentu saja penanganannya pun nggak sama. Nah, untuk kondisi sakit kepala yang terjadi setiap hari ini disebut oleh pakar kesehatan sebagai salah satu kategori migrain kronis.

Nah, migrain kronis ini disebabkan oleh banyak faktor, termasuk ketiga hal di bawah ini yang disebut-sebut jadi pemicu datangnya pusing setiap saat. Apa saja, simak yuk!

1. Stres

Stres/ Foto: Pexels/ Alex Green
Stres/ Foto: Pexels/ Alex Green

Berlawanan dengan kepercayaan di masyarakat, sebenarnya stres tidak menyebabkan sakit kepala, tetapi memperburuk rasa sakit tersebut.

"Akar penyebab sakit kepala adalah faktor genetik tetapi pemicu seperti stres, membuat serangan lebih sering dan parah. Stres menyebabkan pelepasan adrenalin, yang pada gilirannya menyebabkan penipisan magnesium dan perubahan biokimia lainnya yang menyebabkan serangan migrain, ”kata Dr. Alexander Mauskop, direktur dan neurologis di New York Headache Center, dikutip dari Your Tango.

Dengan demikian, penting untuk belajar mengelola kecemasan yang kamu rasakan. Stres mungkin bukan penyebab sakit kepala, tetapi memperparah rasa sakitmu.

2. Duduk dengan Postur Tubuh yang Buruk

Duduk di depan laptop/ Foto: Pexels/ Moose Photos
Duduk di depan laptop/ Foto: Pexels/ Moose Photos

Faktanya, duduk membungkuk di meja kerja atau di depan komputer dapat menyebabkan ketegangan otot, yang nantinya dapat menyebabkan migrain. 

“Migrain itu sendiri menyebabkan ketegangan otot dan menghasilkan lingkaran setan,” kata Dr. Mauskop.  Jadi, ketegangan otot merupakan pemicu sekaligus akibat dari migrain.

Inilah alasan mengapa Beauties harus sering-sering berdiri dan tidak lupa untuk meregangkan otot agar lebih relaks meskipun sedang sibuk di depan laptop. Karena stres juga turut berkontribusi, maka cobalah untuk mengurangi stres akibat beban kerja.

3. Kurang Tidur

Ilustrasi begadang/Freepik.com/diana.grytskuIlustrasi begadang/Foto: Freepik.com/diana.grytsku

Kebiasaan Beauties yang sering begadang karena keasyikan scrolling media sosial, juga bisa menjadi pemicu dari pusing yang sehari-hari kamu rasakan.

Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas sangat diperlukan untuk banyak alasan kesehatan lainnya. Misalnya, menjaga sistem imun bekerja dengan baik - yang berpengaruh pada fungsi otak, hingga menurunkan risiko penyakit serius lain.

Nggak hanya bermanfaat untuk fisik, tidur berkualitas juga membuat kesehatan emosional kita tetap terjaga. Usahakan untuk mempunyai tidur yang cukup 7 - 9 jam per hari agar kesehatan fisik dan emosional tidak terganggu.

Nah, setelah tahu ke-tiga penyebab paling umum tersebut, diharapkan Beauties bisa menjalani hidup dengan lebih sehat sehingga terbebas dari sakit kepala sehari-hari yang menyiksa dan mengganggu produktivitas.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id