sign up SIGN UP

6 Makanan yang Dipercaya Bisa Menambah Tinggi Badan, Catat untuk Pertumbuhan Anak!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Senin, 12 Sep 2022 06:45 WIB
6 Makanan yang Dipercaya Bisa Menambah Tinggi Badan, Catat untuk Pertumbuhan Anak!
caption

Tinggi badan seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Mengonsumsi nutrisi dan protein di masa pertumbuhan merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk melakukan percepatan pertumbuhan tinggi badan.

Namun, di usia 17 – 18 tahun diperkirakan menjadi batas akhir dari pertumbuhan tinggi badan laki-laki. Untuk perempuan, usia 15 – 16 tahun menjadi akhir dari pertumbuhan tinggi badan. Setelah melewati usia tersebut, Beauties masih bisa mengalami pertumbuhan tinggi badan, walau tidak signifikan.

Nah, untuk mempertahankan tinggi badan dan menjaga tulang-tulang persendian agar tetap kuat dan sehat, Beauties dapat mengonsumsi makanan-makanan ini. Melansir dari Healthline, deretan makanan ini bermanfaat untuk menambah tinggi badan. Simak yuk!

1. Telur

Telur merupakan makanan kaya nutrisi
Telur/ Foto: Freepik.com/author/azerbaijan-stockers

Telur merupakan makanan kaya protein yang dapat menutrisi tubuh. Kandungan vitamin D dan mineral memiliki manfaat meningkatkan penyerapan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan merangsang pertumbuhan. Mengonsumsi telur secara teratur dipercaya membantu peningkatan tinggi badan setiap bulannya.

2. Daging Ayam

Daging ayam kaya akan protein bagus untuk pertumbuhan tinggi badan
Daging Ayam/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Ayam mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk dikonsumsi sebagai makanan diet sehat. Daging ayam diperkaya oleh protein dan vitamin B12 bermanfaat untuk tumbuh lebih tinggi dan menjaga lebih tinggi. Serta dilengkapi dengan asam amino untuk mengatur pembentukan tulang dan pertumbuhan.

3. Salmon

Salmon merupakan ikan kaya asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan
Salmon/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 berfungsi sebagai lemak sehat untuk pertumbuhan dan perkembangan. Asam lemak omega-3 dipercaya dapat membantu kesehatan tulang dan dapat meningkatkan pergantian tulang untuk memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan.

4. Kacang

Berbagai jenis kacang dapat dikonsumsi sebagai makanan penambah tinggi badan
Kacang/ Foto: Freepik.com/author/topntp26

Kacang merupakan sumber protein dan bergizi tinggi yang baik untuk pertumbuhan. Kacang juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin B bermanfaat untuk mencegah anemia, dan zat besi dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan. Kandungan nutrisi lainnya yang terdapat dalam kacang adalah serat, tembaga, magnesium, dan seng.

5. Sayuran Hijau

Bayam merupakan sayuran hijau kaya nutrisi untuk tubuh
Bayam/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, kangkung, arugula, dan kubis mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Sayuran tersebut diperkaya dengan vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium. Vitamin K dalam sayuran hijau bermanfaat dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membantu menjaga tinggi badan.

6. Susu

Susu merupakan minuman kaya nutrisi dan protein bagus untuk pertumbuhan tinggi badan
Susu/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Susu sering dianggap sebagai salah satu kunci untuk meningkatkan tinggi badan. Susu mengandung nutrisi dan protein yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan, dan kesehatan tulang yang dilengkapi dengan kalsium, fosfor, dan magnesium. Selain itu, susu dipercaya dapat mendukung penambahan berat badan dan pembentukan otot.

Beauties, itu dia deretan makanan yang dipercaya bisa menambah tinggi badan. Kamu bisa mencatatnya untuk diterapkan pada anak, atau dibagikan informasinya untuk sanak saudara ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id