sign up SIGN UP

3 Tanda Dini Adanya Gejala Kanker Payudara yang Sering Kali Disepelekan, Beauties Wajib Tahu!

Zeyra Haya | Beautynesia
Sabtu, 18 Jun 2022 14:00 WIB
3 Tanda Dini Adanya Gejala Kanker Payudara yang Sering Kali Disepelekan, Beauties Wajib Tahu!
caption

Penyakit kanker adalah suatu penyakit yang harus kita waspadai karena mematikan. Terutama bagi perempuan yang lebih rentan berisiko mengalami kanker payudara.

Penyakit kanker bisa dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya faktor pola hidup yang buruk. Inilah sebabnya mengapa kita harus menerapkan pola hidup sehat sejak dini mungkin.

Untuk menghindari risiko kanker terutama kanker payudara, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja ciri-ciri kanker payudara. Bukan tanpa alasan, hal ini penting untuk kita ketahui agar dapat mewaspadai tanda-tanda dini kanker payudara.

Waspadai Kanker Payudara, Kenali 3 Tanda Dini Berikut!

Beauties, mencegah penyakit tentu lebih baik dibandingkan harus mengobati. Begitu pula dengan kita mencegah kanker payudara. Selain menjaga pola makan dan menerapkan kebiasaan hidup yang sehat, mengetahui gejala kanker payudara pun juga tak kalah penting.

Memeriksa payudara mandiri bisa menjadi salah satu cara kita untuk menghindari kanker payudara. Sayangnya, beberapa gejala dini kanker payudara justru kerap kita sepelekan. Maka dari itu, melansir dari Medical News Today, berikut adalah tanda-tanda dini kanker payudara yang tak boleh kita sepelekan.

1. Terjadi Pembengkakan dan Muncul Benjolan di Sekitar Payudara dan Ketiak

Waspadai gejala kanker payudara. Konsultasi ke dokter jika merasakan muncul benjolan asing di sekitar payudara/Foto: pexels.com/Anna Tarazevich
(Waspadai gejala kanker payudara. Konsultasi ke dokter jika merasakan muncul benjolan asing di sekitar payudara/Foto: pexels.com/Anna Tarazevich)

Salah satu ciri-ciri kanker payudara adalah terjadinya perubahan bentuk dan ukuran payudara. Meski hal ini bisa terjadi akibat perubahan hormon pada siklus menstruasi, tapi jika disertai dengan pembengkakan dan munculnya benjolan, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Mengutip dari detikHealth, munculnya benjolan bisa menjadi tanda dini kanker payudara yang kerap tak disadari. Perlu diwaspadai, benjolan yang bersifat kanker biasanya tidak sakit ketika disentuh, berbentuk tidak beraturan dan keras.

2. Keluar Cairan dari Puting Susu Secara Tiba-tiba Atau Muncul Ruam dan Nyeri

Ciri-ciri dini kanker payudara. Keluar cairan dan ruam merah/Foto: pexels.com/Michelle Leman
(Ciri-ciri dini kanker payudara. Keluar cairan dan ruam merah/Foto: pexels.com/Michelle Leman)

Gejala kanker payudara selanjutnya adalah keluarnya cairan dari puting susu secara tiba-tiba. Biasanya tanda ini juga diikuti dengan munculnya ruam merah, pembengkakan, dan nyeri pada puting susu.

Keluarnya cairan dari puting susu dari satu payudara saja tanpa gerakan meremas atau menyusui patut dicurigai sebagai gejala kanker payudara. Kondisi lebih parah jika puting susu mulai mengeluarkan darah.

3. Vena Menonjol di Area Payudara dan Rasa Sakit di Daerah Tertentu

Timbul rasa sakit di bagian tertentu dan merasakan vena menonjol. Waspadai bagian dari gejala kanker payudara/Foto: pexels.com/Anna Tarazevich
(Timbul rasa sakit di bagian tertentu dan merasakan vena menonjol. Waspadai bagian dari gejala kanker payudara/Foto: pexels.com/Anna Tarazevich)

Satu lagi tanda-tanda dini kanker payudara adalah menonjolnya vena di sekitar area payudara. Kemudian disertai dengan rasa sakit pada daerah tertentu.

Siapapun yang melihat perubahan pada payudara, yang berkembang tanpa penyebab yang jelas harus menemui dokter. Terutama jika perubahan tersebut hanya mempengaruhi satu payudara.

Beauties, meski harus waspada, bukan berarti kita harus khawatir berlebihan ya. Perlu diketahui bahwa kanker payudara bisa diobati jika terdiagnosis pada tahap awal, maka mengenali tanda dini kanker payudara menjadi hal yang penting.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id