sign up SIGN UP

4 Alasan Kamu Belum Bisa Mencintai Diri Sendiri, Salah Satunya Terlalu Mendengarkan Perkataan Orang Lain

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 22:15 WIB
4 Alasan Kamu Belum Bisa Mencintai Diri Sendiri, Salah Satunya Terlalu Mendengarkan Perkataan Orang Lain
caption

Self-love atau mencintai diri sendiri merupakan langkah awal yang penting dilakukan untuk mencapai hidup yang lebih bahagia. Pasalnya dengan menerapkan self-love, kamu akan lebih bisa menerima dan menghargai diri sendiri, sehingga memunculkan perilaku serta pola pikir yang lebih positif.

Sayangnya, banyak orang yang seringkali lebih fokus mencurahkan perhatian dan kasih sayang pada orang lain, namun lupa untuk mencintai diri sendiri. Bahkan tak sedikit pula yang mengalami kesulitan saat ingin mencoba menerapkan self-love

Kamu juga merasa sulit mencintai diri sendiri, Beauties? Mengutip dari Medium, 4 hal ini mungkin bisa menjadi penyebabnya!

1. Kamu Terlalu Membandingkan Diri dengan Orang Lain

mencintai diri sendiri
Ilustrasi mencintai diri sendiri/Foto: Freepik/Nutintawiphan

Membandingkan diri dengan orang lain adalah salah satu alasan terbesar kamu sulit mencintai diri sendiri. Alih-alih fokus pada kelebihan yang telah dimiliki, kamu justru terus-menerus membandingkan diri dengan hal-hal yang ada pada orang lain.

Hal ini sebaiknya kamu hindari karena bisa berdampak buruk pada tingkat percaya diri hingga membuatmu selalu merasa tidak cukup baik. 

2. Kamu Belum Bisa Berdamai dengan Masa Lalu

mencintai diri sendiri
Ilustrasi mencintai diri sendiri/Foto: Freepik/Lookstudio

Terkadang, penyesalan terhadap hal-hal buruk maupun kesalahan yang terjadi di masa lalu bisa begitu melekat hingga sulit rasanya untuk memaafkan diri sendiri. Padahal, mau menerima dan berdamai dengan masa lalu adalah salah satu langkah yang bisa menyembuhkanmu dari luka yang selama ini membuatmu terpuruk.

Daripada selalu menyalahkan diri sendiri, sebaiknya jadikan kesalahan masa lalu sebagai bahan introspeksi dan pembelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ingat juga bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan itu adalah hal wajar. 

3. Kamu Terlalu Mendengarkan Perkataan Orang Lain

mencintai diri sendiri
Berani menjadi diri sendiri adalah bagian dari self-love/Foto: Freepik/Rawpixel.com

Mendengarkan perkataan orang lain sebenarnya sah-sah saja asal dilakukan sesuai porsi. Jika sudah berlebihan, kamu akan lebih sulit mencintai diri sendiri karena terus menerus merasa buruk dan menjadi rendah diri saat mendengar omongan negatif orang lain tentangmu.

Kamu perlu menerima bahwa sekeras apapun kamu mencoba menyenangkan semua orang, akan selalu ada orang yang suka dan tidak suka padamu. Ingat, akan selalu ada orang yang  berkata negatif tentangmu.

Oleh karena itu, tidak perlu fokus mendapatkan validasi dari orang lain, cukup menjadi diri sendiri dan curahkan energimu pada orang-orang yang mendukungmu saja. Jadikan pula kritikan sebagai motivasi agar kamu bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik.

4. Kamu Belum Menerima Dirimu Seutuhnya

mencintai diri sendiri
Ilustrasi mencintai diri sendiri/Foto: Freepik/Atstockproductions

Memang tidak mudah, namun cobalah untuk menerima diri sebagai sosok yang tidak sempurna. Sadari bahwa meski kamu memiliki kekurangan, terdapat juga kelebihan-kelebihan dalam dirimu yang mungkin tidak dimiliki orang lain. Menerapkan mindset ini bisa membantumu berdamai dengan diri sendiri serta membuatmu lebih fokus pada hal-hal positif dan mensyukurinya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id