STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Alasan Sarapan Semangkuk Sereal di Pagi Hari Tidak Disarankan dan Bikin Gagal Diet, Simak!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Minggu, 06 Nov 2022 08:00 WIB
4 Alasan Sarapan Semangkuk Sereal di Pagi Hari Tidak Disarankan dan Bikin Gagal Diet, Simak!
Alasan Sarapan Semangkuk Sereal di Pagi Hari Tidak Disarankan dan Bikin Gagal Diet/Foto: iStock

Sarapan dengan semangkuk sereal yang dituang susu di pagi hari memang paling praktis dan enak rasanya. Tak heran, sereal banyak disukai oleh anak-anak mau pun orang dewasa.

Di sisi lain, sereal manis juga bisa menjadi salah satu makanan sarapan yang buruk untuk dimakan. Menurut para ahli, sereal biasanya tak hanya sarat dengan tambahan gula, tetapi juga lebih rendah nutrisi yang penting untuk makan pagi yang sehat.

Sereal menjadi kurang baik karena makanan ini termasuk makanan olahan yang diproses secara panjang, dengan banyak bahan tambahan. Buktinya saja, sereal siap saji di pasaran seringkali ditambahkan dengan pemanis gula, sirup, atau buah.

Kenapa Makan Sereal di Pagi Hari Kurang Baik bagi Tubuh?

Alasan sereal kurang baik untuk sarapan
Sereal manis tinggi gula tambahan dan rendah gizi/Foto: Freepik/freepik

1. Picu Kenaikan Kadar Gula Darah

Mengutip Eat This, Not That!, faktanya sebagian besar sereal mencantumkan gula sebagai bahan kedua atau ketiga. Ini menjadikan sereal sebagai salah satu makanan olahan populer yang tinggi gula tambahan. Memulai hari dengan sarapan sereal tinggi gula berpotensi meningkatkan kadar gula darah dan insulin.

Kelebihan konsumsi gula juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, tingkat tekanan darah yang lebih tinggi, penyakit jantung, dan kanker.

2. Gula Tambahan Dapat Memengaruhi Kerja Otak

Salah satu hal terburuk tentang sereal adalah kandungan gula tambahannya. Apalagi, kamu juga harus mempertimbangkan kandungan gula dalam susu saat mencampurkannya ke dalam semangkuk sereal.

Sebuah ulasan dalam The Journal of Physiology (2012) tentang hubungan antara kesehatan otak dan makanan kaya gula tambahan, menemukan bahwa makan gula dalam jumlah tinggi dengan jumlah lemak sehat yang rendah dapat menyebabkan fungsi kognitif yang lebih rendah.

3. Membuatmu Ingin Makan Lebih Banyak

menu sahur enak dan crunchy, sereal plus sususereal dan susu/foto: unsplash.com/engin akyurt

Menurut Harvard School of Public Health, ketika kamu makan makanan karbohidrat olahan dengan banyak tambahan gula, tubuhmu bakal menyimpannya sebagai lemak.

Selain itu, kandungan gula yang tinggi mampu memberi lonjakan energi bagi tubuh, namun setelah beberapa jam kemudian, gula darahmu akan kembali turun. Ini akan membuatmu merasa lebih lapar sepanjang hari dan kamu bakal ngidam camilan tinggi karbohidrat lainnya.

4. Menambah Berat Badan

Bagi kamu yang sedang diet, perlu diperhatikan bahwa tak seperti sereal dari gandum utuh, sereal cornflake atau rice puff mengandung lebih rendah serat.

Kemudian, pemanis tambahan dalam sereal merupakan kalori kosong yang tidak memberikan manfaat nutrisi bagi tubuh, yang apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Amanda Beaver, ahli diet kesehatan di Houston Methodist, tidak merekomendasikan sereal manis dengan gula tambahan yang tinggi setiap hari sebagai makanan sarapan.

“Jika kamu memilih sereal yang memiliki 13 gram gula tambahan per porsi, kamu tidak meninggalkan banyak ruang untuk sumber gula tambahan lainnya di siang hari,” jelasnya dalam Houston Methodist.

Tips Memilih Sarapan Sereal yang Sehat

Alasan sereal kurang baik untuk sarapan
Tips sarapan sereal yang lebih sehat/Foto: Freepik/lookstudio

Inilah beberapa tips untuk tetap bisa menikmati sereal dengan cara yang lebih sehat.

  • Ketahui kandungan gula dan serat pada label makanan produk tersebut. Menurut Healthline, coba pilih sereal sarapan dengan gula di bawah 5 gram per porsi dan setidaknya 3 gram serat per porsi.
  • Sereal gandum utuh dan susu rendah lemak adalah pilihan terbaik untuk sarapan, karena tidak mengandung tambahan gula atau garam dan kaya serat.
  • Tambahkan yoghurt, potongan buah, atau segenggam biji-bijian atau kacang-kacangan ke dalam mangkuk serealmu. Ini akan menambah asupan protein, vitamin, mineral, dan zat besi sekaligus membuatnya lebih mengenyangkan.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE