sign up SIGN UP

4 Daftar Makanan Ini Jadi Penyebab Darah Tinggi Naik, Cek Ada Favoritmu Juga Lho!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Sabtu, 14 May 2022 19:30 WIB
4 Daftar Makanan Ini Jadi Penyebab Darah Tinggi Naik, Cek Ada Favoritmu Juga Lho!
Deretan Makanan Ini Jadi Penyebab Darah Tinggi Naik/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Beauties, hati-hati dengan makanan yang kamu konsumsi ya! Perhatikan kandungan di dalamnya terutama bagi kamu yang memiliki darah tinggi. Sebab, terdapat banyak jenis makanan yang dapat membuat darah tinggi kamu naik. Lalu apa sajakah makanan penyebab naiknya tensi darah?

Nah dilansir dari detikFood ini dia deretan makanan penyebab darah tinggi naik. Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Gorengan

Gorengan
Gorengan/Foto: Freepik.com/Dashu83

Makanan penyebab darah tinggi naik yang pertama yaitu gorengan. Hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang digoreng karena menimbulkan risiko kesehatan, terutama tekanan darah tinggi.

Sebab, kadar lemak jenuh dan lemak trans menyebabkan kenaikan berat badan, yang dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Kedua, gorengan juga tinggi sodium, yang berasal dari berbagai bahan, mulai dari tepung pelapis hingga bumbu.

2. Makanan yang Mengandung Banyak Garam

Makanan yang Mengandung Banyak Garam
Makanan yang Mengandung Banyak Garam/Foto: Freepik.com/8photo

Makanan yang mengandung banyak garam juga termasuk salah satu makanan penyebab naiknya darah tinggi. Menurut ahli gizi David Brendan, garam mengandung sodium yang menjadi penyebab utama penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Garam yang terkandung dalam camilan atau makanan kemasan juga harus diperhatikan.

3. Makanan Kemasan

Makanan kemasan
Makanan Kemasan/Foto: Freepik.com/Freepik

Makanan penyebab darah tinggi naik berikutnya yaitu mengonsumsi makanan kemasan karena tinggi sodium. Makanan bungkus umumnya mengandung lebih banyak sodium dibandingkan kuliner lain yang banyak melalui pemrosesan.

Contoh makanan kemasan yaitu ikan kaleng, saus salad bungkus, sup kalengan mengandung lebih banyak sodium dan bahan pengawet dibandingkan sup rumahan.

4. Junkfood

Junkfood
Junkfood/Foto: Freepik.com/Freepik

Sering makan junkfood di restoran, kafe, dan makan di luar tidak baik untuk keuangan dan kesehatan kamu lho! Karena kamu tidak memiliki kendali atas bahan-bahan yang digunakan menu di restoran.

Hal tersebut memungkinkan penambahan terlalu banyak sodium atau garam. Misalnya pizza mungkin mengandung lebih banyak sodium daripada yang kamu butuhkan per hari.

Nah Beauties, itu dia deretan makanan yang dapat membuat darah tinggi kamu naik. Sebaiknya kurangi bahkan jika bisa hindari makanan di atas ya terutama bagi kamu yang memiliki darah tinggi. Sebab, deretan makanan di atas memiliki beragam risiko bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id