sign up SIGN UP

4 Posisi Tidur yang Benar untuk Bantu Mengurangi Nyeri Haid, Beauties Harus Hafalkan!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Rabu, 15 Jun 2022 15:00 WIB
4 Posisi Tidur yang Benar untuk Bantu Mengurangi Nyeri Haid, Beauties Harus Hafalkan!
caption

Kebanyakan dari perempuan yang sedang haid biasanya mengalami kesakitan karena kram perut. Kesakitan ini membuat kita kesulitan untuk melakukan aktivitas apapun.

Kram perut biasanya juga membuat kita kesulitan untuk tidur di malam hari. Ternyata ada beberapa posisi tidur tertentu yang bisa membantumu meringankan rasa nyeri ketika sedang haid, dan membuat tidur lebih nyenyak sampai keesokan paginya. 

Berikut adalah 4 posisi tidur yang tepat untuk membantu mengurangi nyeri haid. Simak yuk!

1. Posisi Child Pose Yoga 

posisi tidur yang tepat untuk membantu mengurangi nyeri haid
posisi tidur yang tepat untuk membantu mengurangi nyeri haid/ Foto: Pexels.com

Melansir CNN Indonesia, posisi tidur yang disarankan ketika sedang haid adalah child pose yoga. Child pose yoga dapat membantu mengurangi rasa sakit perut akibat menstruasi, sekaligus membantu kamu yang sering sakit kepala ketika menstruasi, Beauties. 

2. Posisi Terlentang 

posisi tidur yang tepat untuk membantu mengurangi nyeri haid
posisi tidur yang tepat untuk membantu mengurangi nyeri haid/ Foto: Pexels.com

Posisi tidur yang tepat untuk membantu mengurangi nyeri haid salah satunya adalah posisi terlentang. Posisi ini bermanfaat untuk melindungi tulang belakang, juga meredakan rasa nyeri di pinggul dan lutut. 

Posisi ini membantu mengurangi tekanan yang tidak diperlukan pada bagian punggung atau persendian yang cenderung kram akibat sedang haid.

3. Posisi Fetal 

posisi tidur yang tepat untuk membantu mengurangi nyeri haid
posisi tidur yang tepat untuk membantu mengurangi nyeri haid/ Foto: Pexels.com

Melansir Teen Vogue, posisi tidur yang disarankan ketika sedang haid yang selanjutnya adalah posisi fetal. Posisi ini dimulai dengan menyampingkan tubuh sekaligus menekuk kaki, dan pastikan lututmu sejajar dengan dada.

Posisi ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama untuk uenggung bagian bawah yang biasanya sering nyeri akibat haid. Posisi ini juga mampu melemaskan otot di sekitar perut dan pantat, mengurangi nyeri, sehingga membantu kamu lebih mudah tidur, Beauties.

4. Posisis Simpan Bantal di Bawah Lutut 

posisi tidur yang tepat untuk membantu mengurangi nyeri haid
posisi tidur yang tepat untuk membantu mengurangi nyeri haid/ Foto: Pexels.com

Posisi ini mengharuskanmu untuk mengambil bantal bulat yang tidak seberapa tinggi, dan berbaring terlentang dengan bantal yang diletakkan di bawah lutut. 

Pastikan kakimu posisinya lurus. Posisikan kakimu agar tidak terlalu tinggi atau rendah, karena ini akan memengaruhi aliran darahmu. 

Jika kamu tidak memiliki bantal yang bundar, kamu bisa menggunakan handuk yang digulung dan disimpan di bawah lutut. Setelah beberapa menit mengikuti posisi tidur ini, kamu akan merasa bahwa otot-ototmu lebih rileks, dan nyaman, sehingga rasa sakit di perut akibat kram bisa lebih berkurang. 

Beauties, itu dia beberapa cara untuk membantu mengurangi nyeri haid. Selamat mencoba ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id