STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Hal yang Diam-Diam Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Selasa, 08 Nov 2022 12:00 WIB
5 Hal yang Diam-Diam Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Tingginya risiko kematian akibat penyakit jantung jelas bukan hal yang bisa diabaikan. Hal ini terlihat dari banyaknya anak muda di bawah 30 tahun yang didiagnosa mengidap kelainan pada jantung. Penyakit jantung bisa terjadi karena berbagai faktor, terutama karena gaya hidup instan dan tidak sehat.

Faktanya, memelihara kesehatan jantung tidak cukup hanya dengan berolahraga. Masyarakat modern banyak melakukan kesalahan terkait gaya hidup, dan secara tidak sadar telah membahayakan dirinya sendiri. Meski demikian, ahli jantung Marc Gillinov, MD memaparkan pada Cleveland Clinic bahwa memelihara kesehatan jantung sebenarnya bisa dilakukan dengan 5 hal mudah berikut ini. Yuk, simak!

1. Konsumsi Lemak yang Tepat

Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Brooke Lark
Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Brooke Lark

Kebanyakan orang salah kaprah memahami lemak sebagai zat yang berbahaya. Padahal, tubuh kita sebenarnya tetap membutuhkan lemak jenuh, tak jenuh, hingga tak jenuh ganda dalam komposisi tertentu. Hanya ada satu yang wajib dihindari, yaitu lemak trans, karena mengandung kolesterol yang menyumbat pembuluh darah dan menimbulkan gangguan jantung.

Lemak trans sendiri biasanya terkandung dalam makanan yang dipanggang, camilan kemasan, margarin, gorengan, hingga makanan cepat saji. Jadi selain itu, kamu masih bisa mengonsumsi makanan berlemak selama kadarnya tidak berlebihan.

2. Menjaga Kebersihan Gigi

Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Diana Polekhina
Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Diana Polekhina

Kebersihan gigi ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Dalam berbagai penelitian terungkap bahwa area mulut yang kotor atau tidak sehat akan menjadi sarang bakteri penyebab masalah gusi.

Seiring dengan aktivitas organ tubuh, bakteri ini bisa masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan peningkatan protein C-reaktif yang menyebabkan masalah jantung dan stroke. Karenanya, rajin-rajinlah berkumur dan menggosok gigi untuk menjaganya tetap sehat dan bersih.

3. Cukup Tidur

Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Kinga Cichewicz
Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaporkan Cleveland Clinic, orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam per hari memiliki risiko lebih tinggi terserang serangan jantung atau stroke. Alasannya, kondisi kurang tidur bisa menyebabkan gangguan pada proses biologis tubuh, sehingga bisa berimbas pada meningkatnya tekanan darah dan inflamasi. Karenanya, jika muncul pembengkakan di area tubuh tertentu, waspadalah dengan kesehatan jantungmu.

4. Jangan Duduk Terlalu Lama

Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Laura Chouette
Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Laura Chouette

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa sebanyak orang yang sering duduk terlalu lama akan umumnya mudah terserang penyakit jantung kronis, dengan persentase kematian mencapai 90 persen. Hal ini terjadi karena posisi duduk lama bisa menyebabkan penggumpalan darah yang bahkan tak bisa diatasi dengan mudah lewat olahraga teratur.

5. Hindari Asap Rokok

Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Cristian Guerrero
Menjaga Kesehatan Jantung/Foto: Unsplash.com/Cristian Guerrero

Apakah kamu merasa sudah menjalani hidup sehat dengan tidak merokok?  Sayangnya, menurut American Heart Association, bahaya rokok tidak hanya mengancam pengguna aktif, namun juga membahayakan para perokok pasif.

Paparan asap rokok bisa menyebabkan gangguan jantung di usia muda, kanker paru-paru, tekanan darah tinggi, dan penyakit kronis lainnya. Pasalnya, asap yang keluar mengandung zat kimia yang dapat menyumbat pembuluh darah para perokok pasif.

Berdasarkan ulasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa menjaga kesehatan jantung tidak cukup hanya dengan berolahraga dan menyantap makanan rendah lemak. Ada faktor lain yang harus kamu perhatikan agar kesehatanmu tetap terpelihara hingga waktu yang lama.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE