STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Tipe Olahraga yang Dinilai Aman dan Efektif untuk Penderita Obesitas

Ratih Dewi | Beautynesia
Kamis, 03 Nov 2022 06:30 WIB
5 Tipe Olahraga yang Dinilai Aman dan Efektif untuk Penderita Obesitas

Obesitas menjadi salah satu permasalahan berat badan yang banyak dialami orang dewasa. Obesitas dapat terjadi karena terlalu banyak kalori dalam tubuh dan terlalu sedikit pembakarannya. Hal ini dapat disebabkan karena faktor gaya hidup, usia, ataupun genetik. 

Mengatur pola makan dinilai belum cukup untuk menurunkan berat badan. Olahraga juga penting dilakukan untuk membakar kalori. Namun, kondisi tubuh yang terlalu gemuk dapat menyulitkan untuk bergerak secara intens. Hal ini disebabkan karena merasakan tekanan berlebih pada area tubuh tertentu, seperti lutut, pinggul, dan kaki. 

Menurut American College of Sports Medicine, penderita obesitas disarankan untuk berolahraga 250 menit per minggu. Melansir dari beberapa sumber, berikut olahraga yang dinilai aman dan efektif yang dapat dilakukan penderita obesitas. 

1. Jalan Kaki 

Jalan Kaki
Jalan kaki/foto: pexels.com/Daniel Reche

Berjalan adalah salah satu latihan terbaik untuk meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan.

Melansir dari laman Big, berjalan selama sejauh 1 mil dapat membakar sekitar 100 kalori, tergantung pada jenis kelamin dan berat badan. Selain itu, jalan kaki juga dapat meningkatkan detak jantung dan menjadi latihan paling efektif untuk gaya hidup yang lebih sehat.

Rutin berjalan kaki juga dapat berpengaruh pada kesehatan mental, seperti membuat perasaan menjadi lebih baik dan mengurangi stres.

2. Berenang

Berenang
Berenang/foto: pexels.com/Adrienn

Berenang atau olahraga air lainnya adalah cara yang bagus untuk berolahraga bagi penderita obesitas.

Air akan membuat tubuh terasa lebih ringan dan membakar kalori tanpa membuat sendi dan tulang menjadi tegang, seperti yang dilansir dari laman Doctor Marvin.

Salah satu olahraga air yang dapat dilakukan adalah aqua jogging. Ini merupakan olahraga air dengan cara berlari di air dengan bantuan sabuk apung. Selain membakar kalori, olahraga air ini juga dapat memperkuat dan mengencangkan otot. 

3. Senam 

Senam
Senam/Foto: freepik.com/freepik

Senam atau menari adalah cara lain yang menyenangkan dan dapat dilakukan oleh siapapun. Gerakan senam atau tarian dapat mengurangi nyeri pada otot dan membakar kalori dengan efektif. 

Melansir dari laman NDTV, senam atau menari mengikuti irama musik, dapat meningkatkan produksi hormon bahagia pada tubuh yang membuat mood kita menjadi lebih baik dan meningkatkan energi untuk beraktivitas. 

4. Latihan Kekuatan 

Latihan Kekuatan
Latihan kekuatan/foto: pexels.com/Julia Larson

Melansir dari laman Very Well Fit, latihan kekuatan dapat meningkatkan jangkauan gerak semua sendi, membangun otot, dan meningkatkan metabolisme tubuh saat kita beristirahat.

Latihan kekuatan dapat dilakukan dengan mengangkat beban yang dapat dilakukan di rumah ataupun tempat olahraga. Sebelumnya jangan lupa untuk melakukan peregangan terlebih dahulu agar otot dan sendi tidak tegang selama latihan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan angkat beban terlalu berlebihan dan mulailah dengan perlahan. 

5. Bersepeda 

Bersepeda
Bersepeda/foto: freepik.com/freepik

Sama dengan berjalan, bersepeda dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen dan memperkuat otot jantung. Selain itu, bersepeda juga dapat melatih tubuh bagian bawah dan membakar kalori. 

Bersepeda selama 20 - 30 menit dengan intensitas sedang merupakan permulaan yang bagus bagi penderita obesitas. Demikian yang dilansir dari laman Dario.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE