sign up SIGN UP

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mandi, Salah Satunya Jangan Mandi Saat Ada Petir!

Ratih Dewi | Beautynesia
Rabu, 14 Sep 2022 04:30 WIB
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mandi, Salah Satunya Jangan Mandi Saat Ada Petir!
caption

Setelah melakukan aktivitas seharian di luar ruangan, mandi sudah menjadi rutinitas untuk membersihkan tubuh dari debu, kotoran, keringat, dan mengembalikan mood menjadi lebih baik. 

Kita juga memiliki rutinitas tertentu saat masuk kamar mandi. Namun, ada beberapa hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan saat mandi atau diwaspadai. Hal-hal berikut ini sebaiknya dihindari untuk menjaga keselamatan dan kebersihan diri dari infeksi atau penyakit. 

1. Mandi Terlalu Sering 

Mandi Terlalu Sering
Mandi Terlalu Sering/Foto: freepik.com/valuavitaly

Ketika cuaca panas, salah satu cara untuk menyegarkan tubuh adalah mandi dengan air dingin. Meski rasanya ingin mandi berkali-kali, sayangnya terlalu sering mandi dapat membuat kulit menjadi kering.

Selain itu juga mudah iritasi, dan membunuh bakteri baik pada kulit, yang dapat meningkatkan risiko infeksi. Demikian yang dilansir pada laman List25

2. Mandi dengan Air Panas

Mandi dengan Air Panas
Mandi dengan Air Panas/Foto: freepik.com/user18526052

Salah satu cara untuk relaksasi dan menghilangkan stres setelah beraktivitas seharian adalah dengan mandi air panas. Namun, mandi dengan air panas dapat membuat kulit dehidrasi dan melemahkan fungsi skin barrier, seperti yang dilansir dari laman Allure

Air hangat merupakan suhu air yang tepat untuk mandi. Selain itu, hindari sabun mandi dengan kandungan SLS untuk menghindari kulit kering setelah mandi. Jika diharuskan mandi dengan air panas, jangan lakukan lebih dari 5 menit ya, Beauties. 

3. Terlalu Lama Saat Mandi 

Terlalu Lama saat Mandi
Terlalu Lama saat Mandi/Foto: freepik.com/lifeforstock

Saat cuaca dingin, sering kali beberapa dari kita menghabiskan lebih banyak waktu di kamar mandi. Semakin lama berada di kamar mandi, semakin besar kemungkinan kulit menjadi kering. 

Melansir dari laman Women's Health, pelembap alami seperti ceramide, fatty acids, oils membantu mempertahankan tingkat kelembapan. Air akan melarutkan pelembap alami tersebut jika terlalu lama di kamar mandi. 

4. Hindari Mandi Saat Badai Petir

Hindari Mandi saat Badai Petir
Hindari Mandi saat Badai Petir/Foto: pexels.com/Pixabay

Mandi, mencuci piring, bermain komputer, menonton tv saat badai petir dapat membahayakan diri kita sendiri. Menurut Mary M. Copper, MD dari Lightning Injury Research Program di University of Illinois di Chiago, hal ini disebabkan petir dapat mengenai kabel listrik atau tanah dan masuk melalui pipa. Demikian yang dilansir dari laman Prevention

5. Berhubungan Seks Saat Mandi 

Berhubungan Seks saat Mandi
Berhubungan Seks saat Mandi/Foto: pexels.com/Pixabay

Melansir dari laman Cosmopolitan, risiko jatuh menjadi salah satu bahaya ketika berhubungan seks di kamar mandi. Walaupun terasa lebih intim, melakukan seks di kamar mandi rupanya dapat memicu cedera serius, termasuk pada alat kelamin.

Permukaan lantai yang licin, ruang terbatas untuk bergerak, dan rasa lembap membuat kamar mandi menjadi tempat yang kurang ideal untuk berhubungan seks. 

-------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id