sign up SIGN UP

5 Ide Olahan Oats yang Bisa Bikin Diet Kamu Menyenangkan, Beauties Perlu Coba!

Aulia Septia Wati | Beautynesia
Rabu, 08 Jun 2022 06:00 WIB
5 Ide Olahan Oats yang Bisa Bikin Diet Kamu Menyenangkan, Beauties Perlu Coba!
caption

Beauties, kalian pasti sudah tahu dengan jenis makanan oats atau oatmeal. Oats adalah bahan pangan dari biji-bijian seperti gandum dan padi. Banyak orang yang menyalahartikan oats sebagai gandum, padahal keduanya merupakan jenis tanaman yang berbeda.  Sedangkan oatmeal sendiri merujuk pada pengertian oats yang telah ditumbuk, dikukus, dan dipipihkan  sehingga lebih mudah untuk dimakan.

Dilansir dari Healthier Steps, oats mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Mengandung banyak nutrisi seperti mineral, vitamin, dan antioksidan;
  • Dapat membantu menurunkan berat badan;
  • Mengurangi kolesterol;
  • Mengontrol gula darah;
  • Memperbaiki kulit.
Ide Olahan Oats
Oats/Pexels/Nastyasensei

Karena manfaatnya itulah, oats bisa menjadi bahan makanan favorit manusia. Di Skotlandia, oatmeal mempunyai sejarah Panjang tersendiri yang menjadikannya sebagai bahan makanan utama.

Dewasa ini, oats dan oatmeal telah menjadi bagian dari gaya hidup sehat orang-orang tertentu. Oatmeal juga dijadikan sebagai konsumsi ketika seseorang sedang menjalani program diet karena kalorinya yang rendah.

Sebagai makanan diet, oats  biasanya tidak langsung dimakan begitu saja karena rasa aslinya yang hambar dapat menurunkan selera makan. Untuk membuat oats tetap enak dikonsumsi, biasanya orang membuat kreasi olahan oats yang bisa membuat diet mereka tetap menyenangkan.

Nah Beauties, berikut beberapa ide olahan oats untuk kamu yang ingin menjadikan oatmeal sebagai salah satu menu makanan untuk gaya hidup sehat atau program diet-mu.

1. Bubur Oatmeal 

Ide Olahan Oats
Bubur oatmeal/Pexels/Taryn Elliot

Bubur oatmeal adalah olahan oats yang paling sering dikonsumsi manusia sejak dulu. Sebenarnya cara membuat bubur oatmeal sangat mudah, apalagi jika kamu menggunakan quick oats yang hanya butuh diseduh dengan air panas agar lunak. Namun, olahan demikian bisa membuat selera makan-mu turun karena rasanya akan sangat hambar. Kamu bisa mengkreasikan bubur oatmeal dengan menambahkan perasa, buah, atau bahan makanan lainnya.

Caranya cukup mudah. Salah satu resep yang bisa kamu ikuti misalnya: masak susu cair sampai mendidih, kemudian tambahkan oats, bubuk cokelat, sedikit garam, dan perasan air lemon. Setelah oats lunak, kamu bisa menyajikannya pada mangkuk dan menambahkan potongan buah di atasnya.

2. Oatmeal Smoothie 

Ide Olahan Oats
Oatmeal smoothie/Pexels/Alexander Mils

Oatmeal smoothie juga menjadi olahan oats yang digemari banyak orang, karena lebih mudah untuk dikonsumsi dan kaya akan vitamin karena dipadukan dengan manfaat buah-buahan.

Salah satu oatmeal smoothie yang mudah dibuat adalah oatmeal banana smoothie. Kamu hanya perlu menghaluskan pisang, oats, dan susu menggunakan blender atau juicer dan smoothie siap disajikan.

Tidak harus pisang, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan lain yang mudah didapat. Kamu juga bisa menambahkan smoothie kamu dengan sirup maple, vanili, madu, dan perasa lainnya agar semakin kaya rasa.

3. Overnight Oats 

Ide Olahan Oats
Overnight oats/Pexels/Rodnae Production

Salah satu resep overnight oats yang bisa kamu remake sangat mudah untuk diikuti. Pertama, campurkan oats, chia seed, selai buah, dan susu cair. Aduk semua bahan agar merata, setelah itu taruh ke dalam cangkir atau wadah lain yang telah disiapkan.

Tambahkan dengan potongan buah atau remahan biskuit. Kamu juga bisa menggunakan teknik layering agar tampilan overnight oats lebih menarik. Terakhir, simpan di dalam kulkas dan makanan ini siap disantap keesokan harinya.

4. Oatmeal Salad 

Ide Olahan Oats
Oatmeal salad/Pexels/Ruslan Khmelevsky

Beauties, salad juga telah dikenal sebagai menu makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendukung diet. Karena terbuat dari campuran berbagai macam buah dan sayur, salad memang sangat menyehatkan bagi tubuh.

Untuk menambah kreasi menu diet, kamu bisa menambahkan oats pada salad yang kamu buat. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuat salad dengan resep yang biasanya kamu lakukan, dan tambahkan oats sesuai dengan seleramu.

5. Baked Oatmeal 

Ide olahan oats
Baked oatmeal/Pexels/Luis Quintero

Selain keempat resep di atas, baked oatmeal juga bisa menjadi olahan oats pilihan kamu. Terutama jika kamu mempunyai oven yang bisa kamu gunakan setiap saat. Resep yang bisa kamu ikuti untuk membuat baked oatmeal dengan mudah adalah sebagai berikut.

Pertama, siapkan 1 sampai 1 ½ cangkir oats. Kemudian tambahkan bubuk cinnamon dan baking powder ½ sendok teh serta sejumput garam. Campur dan aduk secara merata. Siapkan susu cair, satu butir telur, madu, dan perasan lemon. Tuangkan ke dalam campuran oats tadi, tambahkan potongan buah, dan aduk. Panggang adonan selama 30 menit, baked oatmeal siap disajikan.

Bagaimana Beauties, mudah bukan untuk membuatnya? Semua ide olahan oats di atas bisa kamu remake di rumah, dengan rasa yang lezat dan tampilan yang menggugah selera. Yang pasti, olahan oats tersebut bisa menemani diet kamu agar lebih menyenangkan. Selamat mencoba!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id