sign up SIGN UP

Nggak Disangka, 5 Makanan Enak dan Murah Ini Mampu Kendalikan Darah Tinggi Lho!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Rabu, 01 Jun 2022 21:00 WIB
Nggak Disangka, 5 Makanan Enak dan Murah Ini Mampu Kendalikan Darah Tinggi Lho!
caption

Beauties, kita memang tidak bisa menduga kapan tekanan darah tinggi naik. Maka dari itu, kita harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar darah tinggi tidak naik.

Namun, ternyata ada juga lho makanan enak yang dapat membantu kamu mengendalikan darah tinggi. Penasaran kan, apa saja makanan enak tersebut?

Dilansir dari detikFood, ini dia deretan makanan enak yang mampu mengendalikan darah tinggi. Yuk simak!

1. Pisang

Pisang
Pisang/Foto: Freepik.com/Azerbaijan_Stockers

Makanan enak yang mampu mengendalikan darah tinggi pertama yaitu buah pisang. Pisang merupakan sumber potasium yang sangat baik. Konsumsi 100 gram pisang bisa menambagkan 358 mg potasium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Para pakar menyarankan untuk mengonsumsi pisang secara langsung atau mengolahnya menjadi smoothies. Hindari menambahkan bahan lain secara berlebihan agar manfaat pisang tetap efektif.

2. Tomat

Tomat
Tomat/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Selain kaya akan vitamin A, tomat memiliki efek menurunkan tekanan darah karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Para ahli telah menunjukkan bahwa kandungan potasium pada tomat melebarkan pembuluh darah, membuka jalan bagi aliran darah yang lebih lancar.

Menambahkan irisan tomat ke dalam diet kamu juga merupakan cara efektif untuk mengobati tekanan darah tinggi.

3. Mentimun

Mentimun
Mentimun/Foto: Freepik.com/Jcomp

Menelan mentimun meningkatkan sirkulasi darah dan menekan tekanan darah tinggi. Mentimun tinggi potasium dan cocok untuk menurunkan tekanan darah.

Mentimun cocok untuk penderita darah tinggi. Selain menurunkan tekanan darah, mentimun juga memiliki manfaat sebagai diuretik yang dapat mengontrol keseimbangan cairan  dan menjaganya tetap stabil.

4. Brokoli

Brokoli
Brokoli/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Dilansir dari detikFood, brokoli dianggap oleh para ahli sangat baik jika dikonsumsi secara teratur karena  banyak manfaat kesehatannya yang umum. Brokoli mengandung bahan-bahan yang  membantu meningkatkan aliran darah dan membuatnya lebih baik dan lebih efektif.

Kandungan flavonoidnya yang tinggi juga dapat membantu mengontrol hipertensi dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

5. Jambu Biji

Jambu BijiJambu Biji/Foto : pexels.com/Any Lane

Buah jambu biji yang kaya akan nutrisi ini direkomendasikan untuk beberapa kondisi kesehatan. Mulai dari meningkatkan trombosit darah hingga memperkuat imunitas.

Nutrisi jambu biji yang padat terbukti oleh para ahli dapat menurunkan tekanan darah tinggi hanya dengan mengonsumsi ekstrak buahnya. Mengkonsumsi jambu biji juga efektif untuk mengatasi hipotensi. Nilai gizi Vitamin C jambu biji bahkan disebut lebih tinggi dari jeruk lho!

Nah Beauties, itu dia deretan makanan yang dapat membantu kamu mengendalikan darah tinggi. Ingat ya, menjaga kesehatan itu penting untuk diri kita sendiri. Adakah makanan favorit kamu? Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id