sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Makan Sehat ala Nabi Muhammad SAW Ini Punya Dampak Bagus untuk Diet, Siap Ikut Contek?

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Sabtu, 14 May 2022 13:00 WIB
5 Kebiasaan Makan Sehat ala Nabi Muhammad SAW Ini Punya Dampak Bagus untuk Diet, Siap Ikut Contek?
Kebiasaan Makan Sehat ala Nabi Muhammad SAW Ini Punya Dampak Bagus untuk Diet/Foto: Freepik.com

Nabi Muhammad SAW dikenal menjadi suri tauladan yang baik, tak hanya bagi umatnya, tapi juga bagi semua manusia di bumi. Oleh karena itu, semua ajaran beliau tentu membawa kebaikan bagi seluruh makhluk di muka bumi.

Anjuran tentang kebiasaan makan yang baik pun tak luput dari ajaran Nabi. Ada sejumlah kata-kata nasihat dan kebiasaan gizi dari Nabi Muhammad SAW yang memiliki dukungan substansial dalam literatur ilmiah terkini.

Inilah deretan kebiasaan makan sehat ala Nabi Muhammad SAW yang bisa kita terapkan sehari-hari, dan khususnya bagus untuk tips diet.

1. Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang

kiat makan sehat ala nabi
Hindari makan terlalu kenyang/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Pepatah bahwa makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang ternyata memang baik untuk kesehatan, loh.

Kimberly Gomer, MS, RD, ahli nutrisi dan Direktur Nutrisi di Pritikin Center melalui situs Pritikin menjelaskan bahwa kita harus berlatih mengenali sinyal rasa lapar dan kenyang diri sendiri. Ini akan membuat kita merasa lebih baik, ringan, dan berenergi sepanjang hari.

Makan di saat kelaparan secara biologis akan mendorong pikiranmu untuk makan lebih banyak kalori. Sebaliknya, terlalu kekenyangan cenderung membuat seseorang merasa begah dan mudah mengantuk.

Untuk itu, Nabi Muhammad SAW menerapkan konsep makan untuk membagi perut menjadi tiga bagian; sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk cairan, dan sepertiga untuk bernapas.

2. Makan Makanan Utuh

kiat makan sehat ala nabi
Makan makanan utuh/Foto: Freepik.com/freepik

Manusia sejatinya membutuhkan kandungan nutrisi baik dari makanan utuh. Makanan utuh adalah makanan yang mempertahankan elemen aslinya, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Semakin kita mengubahnya dari keadaan semula, maka semakin sedikit manfaat yang kita dapatkan dari makanan itu.

Beberapa makanan favorit Nabi di antaranya ada minyak zaitun, buah tin, mentimun, kurma, dan susu.

3. Food Combining

kiat makan sehat ala nabi
Menerapkan food combining/Foto: Freepik.com/senivpetro

Tips sehat ala Nabi yang bisa kita terapkan selanjutnya yakni menerapkan metode food combining atau kombinasi makanan tertentu. Ilmu pengetahuan modern pun mendukung kebiasaan ini.

Kombinasi makanan yang tepat berpengaruh terhadap pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi yang optimal. Sebab, makanan tertentu membutuhkan proses pencernaan yang berbeda di dalam tubuh.

Mengutip The Fullest, beberapa aturan umum dalam kombinasi makanan di antaranya:

  • Makan buah saja atau dengan sayuran hijau saat perut kosong
  • Kombinasikan makan protein hanya dengan sayuran rendah pati
  • Kombinasikan makan pati padat hanya dengan sayuran rendah pati
  • Hindari menggabungkan berbagai jenis protein
  • Hindari menggabungkan pati dan protein

4. Mengatur Pola Makan

kiat makan sehat ala nabi
Mengatur Pola Makan/Foto: Freepik.com/user14908974

Saat diet, penting untuk menjaga pola makan sehat, termasuk waktu makan teratur. Menurut dr. Zaidul Akbar, waktu makan terbaik menurut Nabi dan ilmu pengetahuan modern adalah saat matahari terbit dan sebelum matahari tenggelam.

Mengutip detikFood, Nabi Muhammad SAW sarapan setelah matahari terbit dengan kurma ajwa dan air atau susu, makan siang sebelum masuk waktu Zuhur dengan roti dan daging atau minyak zaitun, serta makan malam sebelum Isya.

5. Makan dan Minum sambil Duduk

kiat makan sehat ala nabi
Makan dan minum dalam posisi duduk/Foto: Freepik.com/freepik

Dalam ajaran Islam, ada adab saat makan yang diajarkan oleh Rasulullah. Kita harus makan dan minum dalam posisi duduk, sedangkan tidak dianjurkan dalam posisi berdiri.

Bukan tanpa alasan, rupanya dari segi medis kebiasaan makan ini mendatangkan banyak manfaat kesehatan.

Sebuah penelitian tahun 2019 dalam Journal of Integrative Medicine membuktikan bahwa makan sambil duduk mampu meningkatkan proses pencernaan.

Kemudian, diambil dari detikFood yang melansir Well and Good, seorang ahli gastroenterologi Dr. Peyton P. Berookim, MD, FACG, merekomendasikan untuk makan dalam posisi duduk dan secara perlahan. Cara ini membuat makanan bisa dikunyah dengan baik sekaligus membuat tubuh lebih tenang.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id