sign up SIGN UP

Sering Jadi Menu Diet, 5 Makanan Ini Justru Nggak Baik Buat Kesehatan! Lho Kenapa?

Zeyra Haya | Beautynesia
Kamis, 28 Jul 2022 07:15 WIB
Sering Jadi Menu Diet, 5 Makanan Ini Justru Nggak Baik Buat Kesehatan! Lho Kenapa?
caption

Diet merupakan salah satu metode yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki pola makan. Dengan melakukan diet, kita dapat mengatur apa saja makanan yang akan kita konsumsi.

Tak hanya dari segi porsi, jenis makanan yang akan kita konsumsi juga harus kita perhatikan saat melakukan diet. Dengan begitu, menu makanan diet biasanya disesuaikan dengan tujuan diet dan bagaimana pola diet yang kita jalankan.

Namun dari sekian banyak menu diet, tahukah kamu bahwa beberapa diantaranya justru bukan makanan yang sehat bagi kesehatan tubuh? Sebab tanpa kita sadari, beberapa menu yang sering dijadikan menu diet ini justru tidak dapat mencukupi nutrisi kita.

5 Menu Makanan Diet Ini Nggak Baik untuk Kesehatan

Ilustrasi perempuan dengan perut rataIlustrasi perempuan dengan perut rata/ Foto: istockphoto.com/PeopleImages

Beauties, akan sangat sulit membedakan makanan sehat dan makanan tidak sehat jika kita tidak perhatikan secara detail. Bahkan, beberapa dari makanan tidak sehat tersebut seringkali dijadikan menu diet.

Untuk itu, salah satu tips memilih bahan makanan yang sehat adalah dengan melihat bagaimana makanan tersebut dapat mencukupi nutrisi tubuh kita. Melansir dari Eat This Not That, berikut beberapa menu makanan sehat yang rendah nutrisi dan justru tidak baik untuk kesehatan.

1. Snack Rendah Lemak

Jangan lengah! Snack rendah kalori belum tentu sehat karena bisa jadi tinggi kadar gula/Foto: pexels.com/Leight Patrick
(Jangan lengah! Snack rendah kalori belum tentu sehat karena bisa jadi tinggi kadar gula/Foto: pexels.com/Leight Patrick)

Jangan terjebak oleh iming-iming rendah lemak, faktanya makanan ringan berlabel rendah lemak justru sangat tidak baik untuk kesehatan. Sebab, sebagian besar dari mereka merupakan makanan olahan yang diproses menggunakan bahan tinggi gula dan rendah nutrisi.

Untuk menghindari itu, sebaiknya untuk camilan diet kita pilih makanan ringan seperti kue homemade atau buah-buahan. Sehingga nutrisi dan manfaatnya sudah terbukti baik untuk tubuh.

2. Yoghurt Rasa

Bukan pilihan menu diet sehat, yogurt rasa justru tinggi gula dan beresiko memicu diabetes/Foto: pexels.com/Anastasia Belousova
(Bukan pilihan menu diet sehat, yoghurt rasa justru tinggi gula dan berisiko memicu diabetes/Foto: pexels.com/Anastasia Belousova)

Yoghurt tentu menjadi salah satu menu makanan diet yang sangat populer. Namun, tahukah kamu bahwa yoghurt rasa yang biasa dikombinasikan sebagai menu diet justru sangat tinggi gula. Hal ini diperparah dengan yoghurt yang biasanya dikonsumsi bersama dengan buah-buahan.

Kombinasi makanan diet yang terlihat sehat ini justru akan memicu naiknya gula darah naik drastis. Mengutip dari Wolipop, jika ingin mengonsumsi yoghurt, sebaiknya kita perlu memerhatikan beberapa hal penting seperti kandungan kalsium, kandungan gula, kadar lemak serta kalori dan lain sebagainya.

3. Granola

Sering dijadikan makanan diet, granola ternyata justru mengandung kadar gula yang tinggi/Foto: pexels.com/Ovidiu Creanga
(Sering dijadikan makanan diet, granola ternyata justru mengandung kadar gula yang tinggi/Foto: pexels.com/Ovidiu Creanga)

Makanan tidak sehat yang sering dijadikan menu diet selanjutnya adalah granola. Meski rendah lemak, granola ternyata justru mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Seorang pakar diet, Jillian Kubala membenarkan fakta tersebut.  

“Granola tertentu sebenarnya bisa mengandung lebih banyak gula dan kalori daripada sereal olahan. Hindari granola yang mengandung gula lebih dari 6 gram per porsi dan merek yang menggunakan perasa dan pemanis buatan," katanya.

4. Smoothie Kemasan

Sering jadi menu diet, smoothie kemasan justru tidak baik untuk kesehatan karena mengandung pengawet/Foto: pexels.com/Polina Taknilevitch
(Sering jadi menu diet, smoothie kemasan justru tidak baik untuk kesehatan karena mengandung pengawet/Foto: pexels.com/Polina Taknilevitch)

Salah satu tips memilih bahan makanan sehat adalah dengan menghindari makanan dan minuman kemasan. Begitu pula dengan minuman diet yaitu smoothies. Smoothies kemasan banyak digemari menjadi minuman diet karena praktis.

Selain itu, smoothies kemasan juga mengandung nutrisi buah dan dianggap rendah kalori. Namun ternyata disamping itu semua, smoothies kemasan justru sangat tidak baik untuk kesehatan karena tinggi gula dan mengandung pengawet.

5. Oatmeal Instan

Lagi diet suka sarapan oatmeal, hati-hati jangan pilih oatmeal kemasan. Justru tinggi gula dan bikin cepat lapar/Foto: pexels.com/Foodie Factor
(Lagi diet suka sarapan oatmeal, hati-hati jangan pilih oatmeal kemasan. Justru tinggi gula dan bikin cepat lapar/Foto: pexels.com/Foodie Factor)

Satu lagi menu makanan diet yang ternyata tidak sehat adalah oatmeal instan. Oatmeal tentu sudah menjadi makanan diet yang sangat familiar bagi kita. Namun ternyata, mengonsumsi oatmeal instan saat sarapan justru adalah pilihan yang tidak tepat.

Oatmeal instan diolah dengan bahan-bahan yang mengandung gula tambahan, sehingga tanpa disadari makanan ini dapat beresiko memicu diabetes. Selain itu, komposisi nutrisi dalam oatmeal instan juga sangat sedikit sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Akibatnya, jika kita mengkonsumsi makanan diet ini, justru kita akan mudah kelaparan.

Beauties, itulah beberapa menu makanan diet yang ternyata tidak sehat dan sebisa mungkin harus kita hindari. Bagaimana menurutmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id