sign up SIGN UP

5 Tanda Tubuh Kekurangan Lemak, dari Kulit Kering sampai Terganggunya Menstruasi Lho!

Meliana Gusti | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 08:30 WIB
5 Tanda Tubuh Kekurangan Lemak, dari Kulit Kering sampai Terganggunya Menstruasi Lho!
Ini Tanda Tubuh Kekurangan Lemak/Foto: Getty Images/iStockphoto/vasiliybudarin

Kekurangan lemak ternyata sangat berbahaya lho, Beauties! Lemak memiliki banyak fungsi untuk tubuh kita.

Tak hanya memberikan energi, lemak juga berfungsi menyerap nutrisi dan menghasilkan hormon. Tapi, lemak yang kamu konsumsi sebaiknya jenis lemak sehat seperti lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan mengontrol kadar kolesterol tubuh.

Meski lemak kerap dikaitkan dengan kelebihan berat badan yang menimbulkan penyakit, ternyata tubuh juga memerlukan lemak, Beauties. Kira-kita tubuh kamu sudah memiliki kadar lemak yang cukup nggak sih? Yuk simak tanda-tanda tubuh kekurangan lemak berikut ini!

1. Kulit Kering

Kekurangan lemak dapat menimbulkan penyakit dermatitis.
Kekurangan lemak dapat menimbulkan penyakit dermatitis/ foto: Pexels/ Cats Coming

Kadar lemak dalam tubuh harus seimbang, jika tidak tentu akan mendatangkan masalah-masalah kesehatan. Diantaranya tanda kamu kekurangan lemak adalah kulit menjadi kering.

Dilansir dari Healthline, penelitian membuktikan bahwa lemak berperan mempertahankan kelembapan kulit. Jika kamu kekurangan asupan lemak dapat menimbulkan dermatitis atau peradangan pada kulit. Dermatitis ditandai dengan ruam kering hingga kulit bersisik.

2. Luka Sulit Sembuh

Kekurangan lemak sehat bisa menghambat penyembuhan luka.
Kekurangan lemak sehat bisa menghambat penyembuhan luka/ foto: pexels/ mart production.

Kekurangan lemak di dalam tubuh juga ditandai dengan luka yang sulit sembuh. Hal ini disebabkan karena lemak mampu melarutkan vitamin seperti vitamin C dan vitamin D. Jika tubuh kekurangan lemak tentu vitamin tadi tidak akan terkontrol dengan baik sehingga mengganggu respons peradangan tubuh. 

3. Rentan Terkena Penyakit

Kekurangan lemak baik bisa menurunkan imun tubuh.
Kekurangan lemak baik bisa menurunkan imun tubuh/foto: pexels/ andrea piacquadio.

Tubuh membutuhkan beberapa jenis lemak, diantaranya omega-3, asam alfa-linolenat, dan asam linolenat asam lemak omega-6 untuk menjaga kekebalan tubuh. Dilansir dari CNBC Indonesia, membatasi asupan lemak dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Lemak dapat menghasilkan beberapa molekul yang dapat merangsang aktivitas sel kekebalan. Jika tubuh kekurangan lemak itu artinya penyakit akan mudah menyerang tubuh kamu beauties.

4. Rambut Rentan Rontok

Kekurangan lemak ditandai dengan rambut rontok.
Kekurangan lemak ditandai dengan rambut rontok/ foto: pexels/ skitterphot

Siapa nih yang rambutnya sering rontok? bisa jadi penyebabnya kamu kekurangan molekul lemak yang disebut dengan prostaglandin. Molekul ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu kekurangan lemak juga dapat merubah tekstur rambut menjadi lebih kasar.

5. Siklus Menstruasi Terganggu

Keurangan lemka dalam tubuh dapat mengganggu siklus menstruasi.
Keurangan lemka dalam tubuh dapat mengganggu siklus menstruasi/ foto: pexels/ alina blumberg.

Kok bisa sih kekurangan lemak mengganggu siklus menstruasi? Nah seperti yang sudah dijelaskan tadi lemak membantu menyerap nutrisi dan melarutkan vitamin.

Tubuh yang tidak fit tentu akan memengaruhi kesuburan. Hal ini tentu menjadi masalah kesehatan yang serius ya, Beauties.

Tanda-tanda tadi ada ada tubuh kamu nggak nih? Segera atasi dengan benar ya. Tapi kadar lemak dalam tubuh juga harus seimbang dan tidak berlebih. Porsi lemak yang disarankan dalam satu hari berkisar antara 20 hingga 25 persen dari total kalori harian. Jadi tetap seimbang dan jaga pola hidup sehat ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id