sign up SIGN UP

6 Buah dan Sayur untuk 'Pendingin Tubuh' Saat Cuaca Panas Melanda, Dijamin Langsung Adem!

Zeyra Haya | Beautynesia
Senin, 06 Jun 2022 08:00 WIB
6 Buah dan Sayur untuk 'Pendingin Tubuh' Saat Cuaca Panas Melanda, Dijamin Langsung Adem!
caption

Beberapa waktu ini, cuaca panas masih melanda berbagai wilayah di Indonesia. Cuaca panas tidak bisa dianggap sepele. Masalah yang kerap terjadi selama musim panas adalah dehidrasi.

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Saat cuaca panas, tubuh rentan terkena dehidrasi akibat terlalu banyak memproduksi keringat.

Untuk menghindari dehidrasi, umumnya kita harus banyak mengonsumsi air seperti air putih atau infused water. Tapi sebenarnya tidak hanya harus melalui air, sayur dan buah juga dapat membantu kita memenuhi cairan tubuh.

Saat Cuaca Panas, Konsumsilah 6 Buah dan Sayuran Berikut Ini

Beauties, memilih makanan saat cuaca panas juga penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Pastikan kita dapat memenuhi keperluan nutrisi tubuh dengan memilih menu makanan sehat, salah satunya buah-buahan dan sayuran.

Buah dan sayur nyatanya tak hanya dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan serat bagi tubuh kita, tapi juga dapat sekaligus menghalau risiko dehidrasi. Beberapa jenis sayur dan buah juga mengandung mineral yang dapat menambah cairan tubuh.

Melansir dari CNN Indonesia, berikut beberapa buah dan sayur yang kaya akan air dan nutrisi untuk mendinginkan tubuh saat cuaca panas.

1. Bayam

Sayuran kaya antioksidan yang baik dikonsumsi saat cuaca panas, salah satunya sayur bayam/Foto: pexels.com/Pixabay
(Sayuran kaya antioksidan yang baik dikonsumsi saat cuaca panas, salah satunya sayur bayam/Foto: pexels.com/Pixabay)

Bayam mampu menghidrasi tubuh sekaligus menjaga kesehatan kulit, rambut serta tulang. Selain mengandung magnesium, vitamin dan mineral, bayam juga memiliki kandungan air yang tinggi sebesar 92 persen.

Tak hanya itu, sayur berdaun hijau yang satu ini juga  mengandung antioksidan yang efektif melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Mengutip dari detikHealth, salah satu antioksidan pada bayam yakni lutein mampu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia atau age-related macular degeneration (AMD).

2. Mentimun

Bersifat mendinginkan, mengkonsumsi mentimun saat cuaca panas sangat disarankan untuk menghindari dehidrasi dan efek peradangan/Foto: pexels.com/Shameel mukkath
(Bersifat mendinginkan, mengkonsumsi mentimun saat cuaca panas sangat disarankan untuk menghindari dehidrasi dan efek peradangan/Foto: pexels.com/Shameel mukkath)

Mentimun dapat melindungi tubuh dari dehidrasi dan panas berlebih karena sifat pendingin alami yang dimilikinya. Terdapat nutrisi lain nya yang terdapat pada mentimun seperti vitamin K, potassium, serta magnesium.

Mentimun juga merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori. Dalam setiap setengah cangkirnya mentimun hanya mengandung 8 kalori.

3. Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan C untuk menjaga kekebalan tubuh selama cuaca ekstrem/Foto: pexels.com/Pixabay
(Tomat mengandung vitamin A dan C untuk menjaga kekebalan tubuh selama cuaca ekstrem/Foto: pexels.com/Pixabay)

Tomat adalah sayuran yang kaya akan nutrisi, vitamin dan antioksidan. Tomat mengandung vitamin A dan vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat tomat juga sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit kronis. Kandungan likopen pada sayuran berwarna merah ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah perkembangan kanker prostat.

4. Jeruk

Kaya akan vitamin C, buah jeruk baik dikonsumsi saat cuaca panas/Foto: pexels.com/Pixabay
(Kaya akan vitamin C, buah jeruk baik dikonsumsi saat cuaca panas/Foto: pexels.com/Pixabay)

Selain rasanya yang segar, jeruk mengandung banyak vitamin C yang mampu meningkatkan fungsi imun tubuh dan kesehatan jantung. Jeruk juga mengandung banyak cairan yang 88 persen lebih berat dari air.

Selain itu, buah ini juga diperkaya oleh antioksidan penangkal berbagai penyakit. Satu buah jeruk atau segelas jus jeruk sangat cocok menjadi makanan saat cuaca panas.

5. Blewah

Memiliki rasa manis dan mendinginkan, buah blewah cocok dikonsumsi di hari yang panas/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
(Memiliki rasa manis dan mendinginkan, buah blewah cocok dikonsumsi di hari yang panas/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Blewah juga menjadi buah yang sangat baik untuk dikonsumsi di cuaca yang panas. Blewah adalah buah yang mengandung serat serta diperkaya oleh vitamin A yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain mampu “mendinginkan” tubuh, buah blewah juga termasuk salah satu buah yang memiliki rasa manis. Sehingga sangat cocok dikonsumsi di hari yang panas. Namun tak perlu khawatir, buah ini rendah kalori ya, Beauties.

6. Stroberi

Mampu meningkatkan cairan tubuh dan memiliki rasa segar, buah stroberi banyak dikonsumsi di musim panas/Foto: pexels.com/Pierre-Antoine Caisso
(Mampu meningkatkan cairan tubuh dan memiliki rasa segar, buah stroberi banyak dikonsumsi di musim panas/Foto: pexels.com/Pierre-Antoine Caisso)

Satu lagi buah yang dikenal dengan sebutan Summer Fruit adalah stroberi. Stroberi menjadi menu makanan sehat favorit saat musim panas karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Satu buah stroberi dipercaya dapat membantu mempertahankan asupan air harian tubuh. Karena itulah, stroberi sangat baik dikonsumsi saat cuaca panas. Tak hanya itu, stroberi juga kaya akan serat, vitamin, mineral dan antioksidan penangkal penyakit.

Beauties, itulah beberapa buah dan sayur yang baik dikonsumsi saat cuaca panas karena dapat mengurangi risiko dehidrasi pada tubuh. Adakah salah satunya buah atau sayur favoritmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id