STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

7 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Makan, Demi Menjaga Kesehatan Pencernaan!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Jumat, 03 Mar 2023 18:45 WIB
7 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Makan, Demi Menjaga Kesehatan Pencernaan!

Apa yang kita konsumsi sehari-hari, memiliki peran penting untuk tubuh kita sendiri. Jika kita memasukkan deretan makanan sehat yang kaya nutrisi, maka akan membawa tubuh menjadi sehat juga. Hal ini pun berlaku sebaliknya. 

Pada masalah pencernaan misalnya, walau ada banyak hal penyebab yang bisa membuat pencernaan terganggu, namun faktor makanan pun memiliki pengaruh besar. Siapa nih di sini yang suka mengalami masalah pencernaan? Nah mengatasi hal ini, sudah saatnya untukmu beralih hidup yang lebih sehat, sesederhana memilih minuman sehari-hari. 

Untukmu yang sering mengalami masalah pencernaan, simak yuk deretan minuman yang cocok dikonsumsi setelah makan, demi menjaga kesehatan pencernaan. Ada apa saja ya?

1. Kombucha

Kombucha
Kombucha/Foto: Freepik.com/Freepik

Kombucha terbuat dari teh yang difermentasi dengan ragi dan bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh. Ragi yang digunakan bernama Scooby, bentuknya seperti jamur jika semakin lama direndam dalam larutan teh.

Dilansir dari detikFoodkombucha kaya akan probiotik yang dibutuhkan sistem pencernaan untuk menciptakan lingkungan yang seimbang bagi mikroba usus. Para ahli mengatakan bahwa meminum kombucha setelah makan dapat memperlancar pencernaan.

2. Teh Sereh

Teh Sereh
Teh Sereh/Foto: Freepik.com/Jcomp

Teh sereh memiliki rasa yang nikmat! Selain itu, minuman ini juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Menurut berbagai penelitian, sereh telah terbukti mampu menenangkan perut dan pencernaan setelah kesulitan mencerna makanan.

Bahkan tradisi Tiongkok kuno juga menggunakan teh sereh untuk mengurangi beragam gejala gangguan pencernaan seperti kembung atau sembelit. Teh sereh semakin dipercaya khasiatnya karena bebas kafein, sehingga cocok diminum setelah makan malam.

3. Teh Adas

Teh Adas
Teh Adas/Foto: Freepik.com/Jcomp

Adas biasanya digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Namun selain itu, adas juga dapat dibuat menjadi teh yang bisa dinikmati setelah makan. Adas mengandung serat, yang dapat membantu mencegah sembelit dan memperbaiki pencernaan.

Mengonsumsi teh adas setelah makan dapat membantu perut bergerak lebih lancar, memungkinkan makanan bergerak melalui proses pencernaan dengan lebih baik. Caranya, siapkan adas dalam cangkir, tambahkan air panas lalu minumlah selagi hangat.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE