sign up SIGN UP

7 Tanda Tubuh Kurang Cukup Sayur, Kulit Wajah Jadi Tidak Glowing Salah Satunya Lho!

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Jumat, 05 Aug 2022 11:15 WIB
7 Tanda Tubuh Kurang Cukup Sayur, Kulit Wajah Jadi Tidak Glowing Salah Satunya Lho!
Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Sayuran adalah jenis makanan sehat yang sering 'digaungkan' untuk dikonsumsi, demi kesehatan. Bagi kamu yang kurang suka sayur, tampaknya perlu punya kiat khusus biar deretan manfaat darinya bisa kamu rasakan.

Lalu kamu yang suka tapi jarang makan sayur juga mesti mengetahui kapan tubuhmu sebenarnya masih kategori kurang mendapatkannya. Cek selengkapnya, yuk!

1. Mood Kurang Bagus

Mengutip laman Eat This, Not That, sayuran mengandung aneka vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Jika kamu kekurangan cukup sayur, sehingga lebih memilih makan makanan yang tinggi lemak, karbohidrat, juga olahan, maka cenderung bisa mencetus 'ledakan energi'.

Hal itu kemudian dapat memicu kelelahan, gampang lupa, dan perubahan mood. Karena itu kamu perlu mengganti menu makan menjadi sehat dan banyak sayur untuk mencegahnya, dan membuat energi dalam tubuh lebih dapat bertahan lama.

2. Gampang Lapar Lagi Setelah Makan

Habis makan kok malah cepat lapar lagi? Hal ini bisa jadi pertanda kurang sayur lho, Beauties. Sebab serat yang kaya dari sayuran dapat meningkatkan rasa kenyang yang berlangsung lama, serta mempertahankan energi.

Efek kelelahan bisa menjadi penyebab area mata bawah menjadi lebih gelap.Ilustrasi modd kurang bagus karena kurang makan sayur/freepik/pressfoto

3. Kulit Tampak Kusam

Menurut Keri Gans, MS, RDN, CDN, nutrisionist dan penulis The Small Change Diet, sayuran mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, yang berpotensi merusak kulit.

Jadi kalau mau kulit glowing terus, kamu perlu memasukkan sayur dalam menu makan sehari-hari ya, Beauties!

4. Jarang BAB atau Konstipasi

Kalau ciri ini tampaknya nggak perlu dipertanyakan lagiya, Beauties. Itu karena serat yang terkandung dalam sayuran dapat membantu melancarkan pencernaan. Pastikan kamu juga mendapat cukup air setiap harinya, sambil meningkatkan asupan serat harian.

5. Stres Tinggi

Siapa sangka kalau kurang sayur juga bisa dikaitkan dengan kurang makan sayur? Masih dikutip dari laman yang sama, itu karena magnesium yang ada pada sayuran bisa membantu meningkatkan relaksasi dengan mempertahankan kadar GABA (Gamma Amino Butiric Acid), neurotransmitter yang berperan dalam menenangkan tubuh dan pikiran.

Selain itu juga, mineral pada sayuran juga bisa berperan dalam respons stres tubuh, Beauties. Sumber magnesium terbaik salah satunya adalah dari sayuran hijau berwarna gelap, seperti bayam.

Ilustrasi kelelahan setelah bangun tidur/Foto: Pexels.com/Andrea PiacquadioIlustrasi kelelahan/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

6. Merasa Kelelahan

Salah satu penyebab kamu merasa kelelahan, ternyata dari faktor makanan yang kamu konsumsi, lho, yaitu makanan olahan. Contohnya makanan yang tinggi gula dan sodium. Hal itu disebabkan membuat tubuh jadi harus bekerja keras dalam memprosesnya, Beauties.

Jadi kalau kamu merasa kelelahan, cobalah tambahkan sayur dalam menu makanmu ya!

7. Gampang Sakit

Mengutip Romper, bila kamu gampang sakit, itu pertanda tubuh kurang sejumlah nutrisi dan vitamin yang berperan menjaga imun tubuh. Jamur juga brokoli dinilai punya riwayat bagus untuk memerangi penyakit.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id