sign up SIGN UP

Beauties Suka Masak? Yuk, Kenali 7 Fungsi Talenan Berdasarkan Warnanya!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Sabtu, 06 Aug 2022 09:30 WIB
Beauties Suka Masak? Yuk, Kenali 7 Fungsi Talenan Berdasarkan Warnanya!
Ilustrasi talenan/Foto: Pexels/Rachel Claire

Beauties, apakah kamu suka masak? Jika iya, apa saja hal yang biasanya kamu persiapkan terlebih dahulu? Bahan masakannya atau peralatannnya? Sebetulnya, mau mempersiapkan yang mana dahulu tidak menjadi masalah ya, tetapi jika kamu lebih suka mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu maka ada satu hal penting yang harus kamu perhatikan, yaitu talenan.

Talenan merupakan peralatan penting dalam memasak yang berfungsi sebagai tatakan untuk memotong bahan-bahan masakan, seperti sayuran, buah-buahan, daging, dan bahan lainnya. Namun, tahukah kamu Beauties? Ternyata fungsi talenan dibedakan berdasarkan warnanya lho!

Nah, kira-kira apa saja ya fungsinya? Penasaran? Yuk, kenali 7 fungsi talenan berdasarkan warnanya yang Beauties wajib tahu!

Fungsi Talenan Berdasarkan Warnanya

Beauties, tahukah kamu bahwa keracunan makanan bisa disebabkan oleh adanya kontaminasi silang? Sebagaimana yang dilansir dari The Spruce Eats, salah satu penyebab paling umum dari keracunan makanan adalah terjadinya kontaminasi silang atau perpindahan bakteri berbahaya dari satu makanan ke makanan lainnya melalui peralatan dapur.

Dalam beberapa kasus kontaminasi silang, talenan menjadi penyebab utamanya. Inilah mengapa fungsi talenan dibedakan berdasarkan warnanya. Nah, supaya kamu tidak salah dalam menggunakan talenan, berikut 7 fungsi talenan berdasarkan warnanya:

Talenan Merah

Ilustrasi talenan merah
Ilustrasi talenan merah/Foto: dok. Plastic Chopping Boards

Melansir dari Become A Chef, talenan merah digunakan untuk menyiapkan produk berisiko tinggi seperti untuk memotong daging mentah.

Talenan Kuning

Ilustrasi talenan kuning
Ilustrasi talenan kuning/Foto: Pexels/Angus Chang

Talenan kuning biasanya digunakan untuk memotong unggas yang masih mentah, seperti ayam, bebek, burung, dan sebagainya.

Talenan Hijau

Ilustrasi talenan hijau
Ilustrasi talenan hijau/Foto:Pexels/Kampus Production

Jika Beauties suka makan salad maka talenan yang cocok digunakan untuk memotong sayuran dan buah adalah talenan yang berwarna hijau.

Talenan Biru

Ilustrasi talenan biru
Ilustrasi talenan biru/Foto: Pexels/Kampus Production

Siapa yang suka seafood? Seafood merupakan aneka ragam makanan laut yang meliputi ikan, kepiting, udang, kerang, dan sebagainya. Dalam pengolahannya, seafood harus dipotong dengan menggunakan talenan biru.

Talenan Coklat

Ilustrasi talenan coklat
Ilustrasi talenan coklat/Foto: Freepik/Lifeforstock

Talenan coklat hanya boleh digunakan untuk untuk memotong daging yang sudah dimasak.

Talenan Putih

Berbeda dengan warna sebelumnya, talenan putih digunakan untuk memotong makanan yang sudah matang atau untuk memotong roti dan produk susu.

Talenan Hitam

Ilustrasi talenan hitam
Ilustrasi talenan hitam/Foto: Freepik/Stockking

Melansir dari Cutting Board Werks, talenan hitam lebih populer di kalangan koki sushi. Meskipun demikian, talenan hitam juga bisa digunakan untuk memotong biji-bijian.

Nah, Beauties itulah tadi 7 fungsi talenan berdasarkan warnanya. Apakah selama ini kamu sudah menggunakan talenan sesuai dengan fungsinya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id