sign up SIGN UP

Berat Badan Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Cobain 4 Jenis Olahraga yang Bakar Kalori Ini!

Putri Aulika | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 09:30 WIB
Berat Badan Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Cobain 4 Jenis Olahraga yang Bakar Kalori Ini!
caption
Jakarta -

Berbagai hidangan lezat yang tersaji di hari Lebaran mungkin membuat kamu tak kuasa menahan diri untuk menyantapnya. Setuju? Tanpa sadar, makan berlebih tersebut pada akhirnya bisa membuat beran badanmu naik, nih, Beauties!

Yup, salah satu kekhawatiran yang cukup umum dirasakan sebagian orang adalah meningkatnya berat badan pasca Lebaran. Meski begitu, kamu nggak perlu panik, kok! Kamu bisa menjaga berat badanmu dengan rutin berolahraga.

Melansir dari The Healthline, ada beberapa jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang bisa kamu coba setelah Lebaran. Apa saja, sih, jenis olahraganya? Yuk, simak!

Berjalan Kaki

Berjalan kaki/Foto: Freepik.com/Freepik
Berjalan kaki/Foto: Freepik.com/Freepik

Untuk pemula, kamu nggak perlu merasa repot dengan jenis olahraga yang memerlukan peralatan. Kamu cukup konsisten berjalan kaki saja sebagai salah satu latihan olahraga dengan intensitas rendah untuk menurunkan berat badan.

Kamu disarankan berjalan selama 30 menit setiap 3 sampai 4 kali dalam seminggu untuk mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang. Berjalan kaki memang termasuk dalam rutinitas harian, sehingga kamu bisa menyesuaikan setiap langkah secara bertahap untuk meningkatkan frekuensi jalan kaki, seperti berjalan saat istirahat makan siang, naik turun tangga di tempat kerja, atau ajak berjalan-jalan di sekitar rumah.

Yoga

Yoga/Foto: Pexels.com/Alexy Almond
Yoga/Foto: Pexels.com/Alexy Almond

Yoga termasuk salah satu olahraga yang dikenal dapat membantu mengatasi stres. Tak jarang kebanyakan orang sering mengira yoga bukanlah latihan olahraga menurunkan berat badan.

Faktanya, saat seseorang melakukan yoga, tubuhnya akan membakar kalori yang cukup banyak dan membantu menurunkan berat badan. Selain membakar kalori, yoga juga dapat mengontrol nafsu makan yang berlebihan, apalagi pasca lebaran.

Jogging

Jogging/Foto: Freepik.com/tirachardz
Jogging/Foto: Freepik.com/tirachardz

Kebanyakan orang lebih memilih melakukan jogging, aktivitas lari santai yang terlihat sederhana. Tentunya, pilihan ini sangat tepat jika dijalani secara rutin, karena jogging lebih efektif membakar kalori dan lemak perut dibanding angkat beban.

Sebagai permulaan, coba targetkan jogging selama 20-30 menit setiap 3 hingga 4 kali dalam seminggu. Mengingat jogging membutuhkan banyak energi, pastikan kamu minum air putih sebelum dan selama melakukan jogging agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, jangan lupa melakukan pemanasan sebelum jogging, ya!

Bersepeda

Bersepeda/Foto: Freepik.com/marymarkevich
Bersepeda/Foto: Freepik.com/marymarkevich

Salah satu olahraga yang fleksibel dilakukan di dalam atau luar ruangan adalah bersepeda. Kamu bisa bersepeda di alam, ataupun di pusat kebugaran gym dengan menggunakan sepeda statis.

Bersepeda selama 30 menit mampu membakar sekitar 300 kalori. Tak hanya membantu menurunkan berat badan, bersepeda juga memberikan manfaat kesehatan lainnya, seperti menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Menurunkan berat badan setelah Lebaran memang perlu dilakukan, tentunya dibarengi dengan mengatur pola makan sehat juga, ya, Beauties! Selamat berolahraga!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id