sign up SIGN UP

Biar Cantik Paripurna, 4 Jenis Medical Check Up Ini Perlu Rutin Dilakukan Lho!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Rabu, 21 Sep 2022 05:00 WIB
Biar Cantik Paripurna, 4 Jenis Medical Check Up Ini Perlu Rutin Dilakukan Lho!
Deretan Jenis Medical Check Up Ini Perlu Rutin Dilakukan Lho/Foto: Pexels.com/Cedric Fauntleroy

Wajah memanglah bagian tubuh yang pertama kali akan diperhatikan oleh orang lain. Melakukan perawatan wajah memanglah penting. Karena wajah juga merupakan aset dari diri seseorang.

Namun, jangan hanya melulu soal perawatan wajah saja yang diperhatikan. Perawatan bagian tubuh lainnya juga perlu lho. Sebab kecantikan yang sesungguhnya berasal dari luar dan dalam.

Agar cantiknya paripurna, perempuan juga harus merawat bagian tubuh lainnya. Fungsi lainnya adalah agar lebih berhati-hati dan mendeteksi penyakit sejak dini. Oleh karena itu, cek rutin kesehatan tubuh sangatlah diperlukan.

Misalnya saja dengan melakukan medical check up pada gigi maupun rambut. Nah ini beberapa jenis medical check up yang wajib Beauties tahu. Simak yuk!

1. Cek Kesehatan Gigi

Ilustrasi perawatan gigi ke dokter gigiIlustrasi perawatan gigi ke dokter gigi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PIKSEL

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Cek rutin bisa membantu untuk merawat dan mendeteksi kerusakan gigi lebih awal.

Bagi orang dewasa di sarankan untuk melakukan pengecekan rutin 6 bulan sekali. Sayangnya masih banyak orang menyepelekan kesehatan giginya tersebut. Padahal sakit gigi bisa menyebabkan konsentrasi, daya tahan tubuh, serta susah untuk mengonsumsi apapun.

2. Cek Kesehatan Mata

Ilustrasi Periksa Mata/FreepikIlustrasi Periksa Mata/Foto: Freepik

Era globalisasi membuat semua orang harus bersinggung dengan teknologi. Jika kelamaan menatap layar tentunya tidak baik untuk tubuh, terlebih lagi pada mata.

Biasanya mata akan terasa cepat lelah, panas, atau bahkan berair. Kalau sudah begini, ada baiknya untuk beristirahat sejenak dan melakukan cek mata. Cek ini bertujuan untuk mengetahui apakah kamu memerlukan kacamata atau tidak. Sebab, keseringan melihat layar menyebabkan mata minus maupun rabun.

3. Cek Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit/freepik.com/benzoixKesehatan Kulit/Foto: Freepik.com/benzoix

Selain merawat kulit wajah, ada baiknya untuk selalu merawat kulit badan. Kulit yang sehat merupakan kunci dari badan yang sehat pula.

Pilihlah produk yang tepat untuk perawatan kulit. Agar memiliki kulit yang lebih sehat, cek kulit rutin juga penting dilakukan. Terlebih jika sering melakukan kegiatan outdoor yang terpapar sinar matahari seharian.

4. Cek Kesehatan Tubuh Lainnya

Ilustrasi Cek Gula DarahIlustrasi Cek Gula Darah/ Foto: Shutterstock

Cek kesehatan ini meliputi pemeriksaan gula darah, tekanan darah, kolesterol, hingga tinggi dan berat badan. Seperti pemeriksaan kesehatan pada bagian tubuh lainnya, cek kesehatan ini juga membantu pasien untuk mengenali gejala yang jarang terdeteksi lebih awal, membantu mengobati, dan juga mencegah terjadinya hal-hal yang nggak diinginkan. Pastinya tidak perlu kocek besar jika penyakit telah terdeteksi sejak dini.  

Nah udah terbayangkan Beauties, cek rutin bagian tubuh mana saja yang bisa dilakukan agar cantikmu makin paripurna. Jangan lupa dilakukan rutin ya!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id