sign up SIGN UP

6 Makanan dan Minuman Favorit Banyak Orang Ini Bisa Ganggu Fungsi Hati, Jika Terlalu Sering Dikonsumsi!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 05:00 WIB
6 Makanan dan Minuman Favorit Banyak Orang Ini Bisa Ganggu Fungsi Hati, Jika Terlalu Sering Dikonsumsi!
caption

Beauties, hati merupakan salah satu organ tubuh yang harus dijaga dengan baik kesehatannya. Namun, tahukah kamu? Ternyata terdapat beberapa makanan yang dapat mengganggu kesehatan hati bahkan menyebabkan kerusakan pada hati jika dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, parahnya dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya bagi tubuh. Seram banget nggak sih? Lalu apa sajakah makanan tersebut?

Dilansir dari detikFood, deretan makanan berikut ini dapat mengganggu fungsi hati jika terlalu sering dikonsumsi. Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Gula

Gula
Gula/Foto: Freepik.com/Jcomp

Gula dianggap sebagai salah satu bahan makanan yang paling berbahaya bagi tubuh. Dimulai dengan diabetes yang menyebabkan obesitas yang mengganggu fungsi hati secara normal.

Mengonsumsi gula di atas batas aman yang disarankan sangat tidak dianjurkan. Khusus untuk beberapa olahan gula yang biasa terdapat pada makanan seperti permen, kue kering, serta minuman bersoda.

2. Mie Instan

Mie Instan
Mie Instan/Foto: Freepik.com/Jcomp

Dikutip dari detikHealth, mie instan merupakan salah satu makanan yang dapat mengganggu fungsi hati. Mie instan dapat berbahaya dan menyebabkan kerusakan pada hati. Zat berbahaya yang terkandung di dalam mie instan mampu merusak hati serta mengganggu fungsi hati lho!

3. Tepung

Tepung
Tepung/Foto: Freepik.com/Freepik

Makanan olahan yang menggunakan tepung terigu merupakan salah satu masakan yang harus diwaspadai. Tepung terigu dianggap sebagai bahan makanan yang telah melalui proses lanjutan dan tidak mengandung cukup mineral, serta kekurangan beberapa nutrisi penting lain yang dibutuhkan tubuh.

Tepung olahan harus mulai dihindari, seperti roti, pizza, pasta, kue, dan lain sebagainya. Roti gandum dapat menjadi pilihan pengganti yang lebih sehat buat kamu.

4. Fast Food

Fast Food
Fast Food/Foto: Freepik.com/Freepik

Lemak trans yang ditemukan dalam makanan cepat saji dianggap sebagai penyebab utama  jika dikonsumsi secara berlebihan. Makanan seperti hamburger dan kentang goreng dapat menumpuk lebih banyak lemak jenuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terkontrol. Lemak jenuh ini menumpuk dan mengeras menjadi lemak hati dan lemak normal yang sangat mengganggu fungsi hati.

5. Daging Merah

Daging Merah
Daging Merah/Foto: Freepik.com/AtlasCompany

Daging merah memiliki kandungan lemak yang banyak, sehingga kamu perlu berhati-hati saat memakannya. Daging merah sulit bagi tubuh untuk mencerna dan menyerap nutrisi.

Daging merah lebih berbahaya bagi hati jika dipadukan dengan berbagai lauk pauk seperti kentang goreng dan lauk berlemak. Protein dan lemak sisa daging merah dapat menumpuk di hati dan mengganggu fungsi normalnya bahkan dapat menyebabkan penyakit hati.

6. Alkohol

Minuman berakohol dapat menjadi penyebab jerawatMinuman berakohol/ Foto: Natasha Riyandani

Alkohol memiliki sifat antioksidan yang dikatakan baik untuk tubuh. Namun, konsumsi alkohol dikatakan menyebabkan peradangan yang menyebabkan kematian sel somatik yang mengakibatkan fibrosis di mana hati dipenuhi dengan jaringan parut.

Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dikatakan menyebabkan sirosis yang mengurangi fungsi hati. Efek Lainnya yaitu hematemesis, penyakit kuning, dan kanker hati.

Beauties, itu dia deretan makanan yang dapat mengganggu bahkan merusak fungsi hati jika dikonsumsi secara berlebihan. Memang segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik ya!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id