sign up SIGN UP

Jangan Lagi Diabaikan, Ini Gejala Penyakit yang Bisa Dilihat dari Warna Urine Sehari-hari

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Senin, 19 Sep 2022 10:30 WIB
Jangan Lagi Diabaikan, Ini Gejala Penyakit yang Bisa Dilihat dari Warna Urine Sehari-hari
caption

Mengeluarkan urine dari dalam tubuh merupakan hal yang wajar dan normal bagi setiap orang. Umumnya, rata-rata orang buang air kecil atau mengeluarkan urine 4-8 kali sehari.

Dikutip dari CNN Indonesia, urine merupakan campuran air, elektrolit, dan limbah yang disaring ginjal dari darah. Sementara itu, dikutip dari detikHealth, dr Harrina Erlianti Rahardjo, SpU, PhD, staf Departemen Urologi FKUI/RSCM menjelaskan bahwa urine juga merupakan salah satu indikator yang bisa digunakan untuk melihat kesehatan tubuh

Karena itulah, jika diperhatikan hal ini juga bisa menunjukkan gejala penyakit dari warna urine. Tentunya hal tersebut tidak bisa diabaikan. Karena itu, ketahui lebih lanjut di bawah ini gejala penyakit yang bisa dilihat dari warna urine sehari-hari. Simak yuk!

1. Oranye

Urine berwarna oranye juga bisa disebabkan adanya masalah pada hati.
Obat-obatan/ Foto: pexels.com/SHVETS production 

Warna urine oranye juga bisa menunjukkan bahwa seseorang mengalami dehidrasi. Selain itu, warna oranye pada urine juga bisa disebabkan pewarna makanan ataupun obat-obatan yang sedang dikonsumsi, seperti vitamin B2 dosis tinggi, phenazophyridine, atau antibiotik.

Namun, warna urine seperti ini juga bisa menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami masalah kesehatan pada hati atau saluran empedu. Hal tersebut bisa dipastikan jika disertai juga dengan feses berwarna terang atau pucat. 

2. Hijau atau Biru

Urine berwarna hijau bisa disebabkan oleh infeksi bakteri pseudomonas aeruginosa.
Makanan Berwarna/ Foto: pexels.com/Valeria Boltneva

Urine dengan warna hijau atau biru dapat disebabkan oleh pewarna makanan ataupun efek samping dari obat-obatan tertentu. 

Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri pseudomonas aeruginosa yang dapat menyebabkan warna urine menjadi hijau, membiru, atau ungu nila. Meskipun demikian, urine berwarna seperti ini jarang terjadi.

3. Coklat Tua

Urine coklat tua juga bisa menjadi adanya masalah pada organ hati, ginjal, dan infeksi saluran kemih.
Cairan Coklat / Foto: pixabay.com/BarbaraJackson

Urine yang berwarna coklat tua dalam kebanyakan kasus menunjukkan gejala dehidrasi. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan efek samping dari obat-obat tertentu. 

Namun, warna urine coklat tua juga bisa menunjukkan adanya masalah serius, seperti halnya masalah pada organ hati, infeksi saluran kemih, dan ginjal.

4. Merah Muda atau Kemerahan

Urine berwarna merah muda atau kemerahan juga bisa disebabkan oleh batu ginjal atau infeksi saluran kemih (ISK).
Replika Ginjal/ Foto: unsplash.com/Robina Weermeijer 

Warna urine yang merah muda ataupun kemerahan juga bisa disebabkan oleh makanan. Seperti halnya karena mengonsumsi buah bit, blackberry, buah naga, atau makanan berwarna merah lainnya.

Selain itu, warna merah tersebut juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Namun, warna urine yang berubah kemerahan juga bisa menandakan adanya masalah, seperti infeksi saluran kemih, kencing berdarah, penyakit ginjal, batu ginjal, atau masalah prostat.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id