STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bukan Jadi Halangan, Ini Cara Jalani Diet untuk Usia 40an Biar Efektif dan Makin Sehat!

Zeyra Haya | Beautynesia
Kamis, 21 Jul 2022 08:30 WIB
Bukan Jadi Halangan, Ini Cara Jalani Diet untuk Usia 40an Biar Efektif dan Makin Sehat!

Diet dapat dilakukan oleh siapapun, baik remaja maupun orang dewasa. Hal yang membedakan hanyalah efektifitas dari diet itu sendiri.

Sudah menjadi hal yang lumrah jika semakin tua usia seseorang, semakin menurun pula fungsi-fungsi pada tubuhnya. Maka tak heran, akan sangat sulit bagi orang dewasa dengan umur di atas 40 untuk melakukan diet terutama menurunkan berat badan.

Meski demikian, bukan berarti diet di usia 40an tidak bisa dilakukan lho. Program diet tetap dapat dijalankan dengan memahami kiat diet.

Cara Sukses Diet di Usia 40an, Lakukan 4 Hal Ini

Beragam kiat diet efektif tentu sudah sangat mudah kita temukan sekarang ini. Namun, banyak dari kita yang belum mengetahui bagaimana menerapkan diet sesuai usia bagi orang dewasa yang berada di usia kepala empat.

Nah Beauties, diet di usia 40an masih bisa berjalan dengan efektif, tetapi harus lebih dijalankan secara ketat. Untuk itu, 4 hal ini wajib dilakukan. Simak yuk!

1. Makan dengan Jadwal Teratur

Tips sukses diet di usia 40-an, tetap makan teratur sesuai jadwal/Foto: pexels.com/Yaroslav Shuraev
(Tips sukses diet di usia 40-an, tetap makan teratur sesuai jadwal/Foto: pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Cara diet sukses di usia 40an yang pertama adalah dengan tetap makan teratur sesuai waktu yang dijadwalkan. Perlu kita ketahui meskipun kita ingin menurunkan berat badan, bukan berarti kita harus mogok makan, sebab tubuh tetap membutuhkan nutrisi dan kalori.

Melansir dari Eat This Not That, seorang ahli diet dari NY Nutrition Group, Lisa Moskovitz mengatakan, jika kita mogok makan justru akan membuat makin stres.

“Mengancam kebutuhan dasar itu membuat tubuh stres. Alih-alih membakar lemak tubuh, kamu berpotensi menahan sel-sel lemak dan mengirim tubuh ke dataran tinggi yang protektif dan prematur," katanya.

Jadi sangat jelas bahwa meskipun menjalani diet, kita tetap harus makan secara teratur.

2. Mengurangi Porsi Makanan Olahan

Ingin berat badan turun cepat? Sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan olahan/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Ingin berat badan turun cepat? Sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan olahan/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara menurunkan berat badan memang bukan dengan tidak makan, tapi dengan mengurangi porsi makanan. Kiat diet efektif selanjutnya bagi orang di usia 40an adalah dengan mengatur dan mengurangi porsi makanan, terutama makanan olahan dan cepat saji.

Dengan mengurangi porsi makanan-makanan olahan, kita dapat mengurangi kadar gula, lemak dan kalori jahat pada tubuh. Namun, karena sangat sulit untuk kita menghindari makanan olahan, maka tips yang paling baik adalah dengan mengatur porsi serta ukuran tingkat rasa lapar kita.

3. Memilih Camilan Yang Tepat

Camilan juga harus diperhatikan, memilih camilan yang tepat bisa bantu turunkan berat badan dengan cepat/Foto: pexels.com/cottonbro
(Camilan juga harus diperhatikan, memilih camilan yang tepat bisa bantu turunkan berat badan dengan cepat/Foto: pexels.com/cottonbro)

Melakukan program diet bukan berarti kita tidak boleh nyemil lho, Beauties. Camilan tetap dapat kita konsumsi asal jangan sembarangan.

Terutama bagi orang yang menjalankan diet di usia 40an, memilih camilan diet adalah hal yang wajib dilakukan karena memilih camilan dengan bijak akan membantu praktik penurunan berat badan lebih bermanfaat dan sehat. Mengutip dari Detik Food, camilan sehat yang bisa kita konsumsi antara lain buah-buahan, selai kacang, keju rendah lemak, telur rebus dan yoghurt.

4. Memantau Makanan yang Dikonsumsi

Pentingnya memantau makanan yang kita konsumsi agar program diet dapat berjalan dengan efektif/Foto: pexels.com/Yaroslav Shuraev
(Pentingnya memantau makanan yang kita konsumsi agar program diet dapat berjalan dengan efektif/Foto: pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Satu lagi kiat diet efektif di usia 4-an adalah dengan memantau makanan yang kita konsumsi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kita dapat mengingat apa saja dan berapa banyak makanan yang sudah kita makan.

Memantau makanan yang kita konsumsi akan membantu kita mengurangi jumlah kalori sehingga berat badan akan cepat turun. Memantau makanan yang kita konsumsi bisa dilakukan dengan mencatat porsi serta makanan apa saja yang sudah kita makan di kertas ataupun ponsel kita.

Nah Beauties, itulah beberapa hal yang wajib kita lakukan sebagai kiat diet efektif menurunkan berat badan di usia 40an. Tertarik mencobanya?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE