sign up SIGN UP

Dari Bayi Hingga Lansia, Ini Sederet Tips Diet Sehat Sesuai Usia!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Jumat, 10 Jun 2022 18:30 WIB
Dari Bayi Hingga Lansia, Ini Sederet Tips Diet Sehat Sesuai Usia!
caption
Jakarta -

Diet umumnya identik cara untuk menurunkan berat badan. Diet tidak sekadar proses seseorang untuk memperoleh berat badan ideal, melainkan diet juga adalah penerapan pola hidup yang teratur dan sehat.

Diet yang dilakukan dengan tepat, maka hasil yang diperoleh juga akan baik untuk kesehatan tubuh.

Berbicara mengenai diet yang tepat, ternyata diet sebaiknya dilakukan sesuai dengan usia. Seperti yang disampaikan pada laman Dietitian Suruchi bahwa kebutuhan gizi bisa berubah seiring bertambahnya usia. Agar tepat sasaran, dianjurkan melakukan diet sesuai dengan usia. Lalu, bagaimana tips diet sesuai usia? Yuk, simak penjelasan berikut!

Bayi

Tips diet sehat untuk usia bayi
Tips diet sehat untuk usia bayi/ foto: Freepik.com/ jcomp

Penerapan pola hidup sehat bisa dilakukan sejak bayi. Bayi umumnya mengonsumsi ASI sebagai nutrisi utama yang diperlukan untuk perkembangan bayi. Dalam hal ini, ASI pun dapat memengaruhi berat badan bayi. Oleh karena itu, ibu sebaiknya mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Kemudian, saat bayi memasuki usia enam bulan, bayi mulai melakukan MPASI (Makanan Pendamping ASI), yaitu perkenalan makanan kepada bayi. Menu MPASI juga perlu diperhatikan gizinya, agar bayi tidak mengalami obesitas dan berat badan bayi dapat bertambah dengan normal.

Anak-Anak

Tips diet untuk usia anak-anak
Tips diet untuk usia anak-anak/ foto: Freepik.com/ jcomp

Fase anak-anak merupakan tahap mereka mulai banyak mengenal dan mengonsumsi banyak makanan. Terkadang permasalahan anak-anak adalah kesulitan untuk mengonsumsi sayur-sayuran. Hal tersebut perlu dibiasakan dan hindari untuk mengonsumsi makanan cepat saji.

Makanan cepat saji yang diberikan secara berlebihan akan menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak normal, terhambatnya perkembangan otak dan sebagainya. Selain itu, anak-anak disebut juga masa pertumbuhan.

Maka, asupan nutrisi anak-anak sebaiknya dipenuhi dengan baik. Sebaiknya, perbanyak sayur-sayuran, buah-buahan dan makanan tinggi protein.

Remaja

Tips diet untuk usia remaja
Tips diet untuk usia remaja/ foto: Freepik.com/ pressfoto

Pertumbuhan anak-anak yang memasuki usia remaja memerlukan lebih banyak nutrisi. Sebab, usia remaja aktivitas yang dilakukan akan lebih banyak dan mulai menguras tenaga.

Adapun tips diet sesuai usia remaja yang bisa dilakukan, yaitu mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, susu rendah lemak, ikan, roti gandum, yoghurt, sereal, dan makanan rendah kalori lainnya. Makanan tersebut tidak hanya mampu menstabilkan berat badan, namun baik untuk pertumbuhan tulang.

Dewasa

Tips diet untuk usia dewasa
Tips diet untuk usia dewasa/ foto: Freepik.com/ lookstudio

Usia dewasa adalah usia produktif. Seseorang yang memasuki usia dewasa umumnya adalah mereka yang sudah bekerja. Pada tahap usia ini pula perubahan gaya hidup terlihat signifikan.

Hal ini yang menyebabkan tubuh mulai merasakan gangguan kesehatan, akibat asupan yang kurang optimal. Oleh karena itu, usia dewasa disarankan menerapkan diet sehat.

Cara menurunkan berat badan yang efektif untuk usia dewasa bisa dilakukan dengan perbanyak konsumsi air mineral, hindari makanan cepat saji atau junkfood, rajin berolahraga, tidur yang cukup, perbanyak vitamin, mineral dan protein. 

Lansia

Tips diet untuk usia lansia
Tips diet untuk usia lansia/ foto: Freepik.com/ tirachardz

Memasuki usia lansia merupakan tahap dimana terjadinya penurunan aktivitas fisik. Meski demikian, berat badan yang berlebihan bisa saja terjadi di usia lansia. Untuk menjaga tubuh tetap bugar dan ideal, diet yang bisa dilakukan untuk usia lansia adalah perbanyak protein dan kalsium.

Sebaiknya, kurangi asupan karbohidrat dan lemak. Protein dan kalsium dapat membantu mempertahankan pertumbuhan sel dan baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id