sign up SIGN UP

Catat! Inilah Persyaratan Vaksinasi Covid-19 untuk Penderita Asma

tyana | Senin, 26 Jul 2021 19:15 WIB
Catat! Inilah Persyaratan Vaksinasi Covid-19 untuk Penderita Asma
caption

Vaksinasi covid-19 telah dapat diberikan kepada masyarakat umum, setelah sebelumnya diprioritaskan untuk tenaga medis, tenaga pendidik, dan juga orang tua. Penyebaran luas vaksinasi covid-19 ini juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi risiko tinggi terhadap kematian yang disebabkan oleh virus corona. Apalagi untuk yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) seperti penyakit jantung, diabetes, darah tinggi dan juga asma.

Bolehkah Vaksinasi Covid-19 untuk Penderita Asma Dilakukan?

Persyaratan Vaksinasi Covid-19 untuk Penderita Asma
Vaksinasi covid-19 untuk penderita asma/Foto: Unsplash/cdc

Menurut European Respiratori Journal, kematian dikarenakan covid-19 pada penderita asma sangat tinggi. Hal ini dikarenakan virus corona yang menyerang sistem pernapasan dan dapat memicu gejala asma semakin buruk. Pernyataan ini juga diperkuat oleh Canadian Medical Association Journal yang menyarankan penderita asma untuk lebih waspada terhadap covid-19.

Tingginya risiko terinfeksi virus corona, membuat vaksinasi covid-19 untuk penderita asma dipertimbangkan untuk diberikan. Menurut Purvi Parikh, MD, juru bicara nasional untuk Allergy & Asthma Network, pemberian vaksin covid-19 untuk penderita asma dapat dilakukan selama tidak memiliki alergi langsung terhadap bahan-bahan vaksin.

Tetapi, sebelum melakukan vaksin covid-19, penderita asma juga harus memenuhi beberapa persyaratan untuk mengurangi resiko Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI).

Persyaratan Vaksinasi Covid-19 untuk Penderita Asma

Persyaratan Vaksinasi Covid-19 untuk Penderita Asma
Vaksinasi covid-19 untuk penderita asma/Foto: Unsplash/cdc

Dalam akun instagram resmi Ikatan Dokter Indonesia (IDI),  dr. Agus dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR, Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), mengatakan bahwa syarat vaksinasi covid-19 untuk penderita asma yaitu gejala penyakit terjadi kurang dari dua kali dalam seminggu, tidak terbangun pada malam hari, tidak memiliki keterbatasan aktivitas, dan juga tidak membutuhkan pelega lebih dari dua kali perminggu.

Menurut American College of Allergy, Asthma, & Immunology (ACAAI), penderita asma yang menggunakan inhaled corticosteroids ataupun oral corticosteroids tetap dapat mendapatkan vaksin covid-19. Hal ini dikarenakan kortikosteroid dalam dosis rendah dan sedang, tidak memiliki dampak terhadap efektivitas vaksin covid-19. Meskipun begitu sebelum melakukan vaksin covid-19, disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani ya, Beauties.

Adakah Efek Samping dari Vaksinasi Covid-19 untuk Penderita Asma?

Persyaratan Vaksinasi Covid-19 untuk Penderita Asma
Vaksinasi covid-19 untuk penderita asma/Foto: pexels/nataliya vaitkevich

Untuk efek buruk vaksinasi covid-19 bagi penderita asma belum ditemukan, tetapi dilansir dari U.S Food and Drugs Administration (FDA), saat melakukan uji coba vaksin covid-19 dari Moderna, Pfizer-BioNTech, dan Janssen (Johnson & Johnson) mengikut sertakan penderita asma ringan hingga berat.

Laporan pengarahan FDA (20/7) mencatat bahwa keamanan dan kemanjuran untuk peserta penderita asma ringan hingga berat memiliki hasil setara dengan keseluruhan peserta vaksin.  


Our Sister Site

mommyasia.id