sign up SIGN UP

4 Kebiasaan Makan Sederhana Ini Ternyata Bisa Jaga Kesehatan Tubuh di Usia 40an

Zeyra Haya | Beautynesia
Senin, 30 May 2022 08:00 WIB
4 Kebiasaan Makan Sederhana Ini Ternyata Bisa Jaga Kesehatan Tubuh di Usia 40an
caption

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami perubahan yang dapat mempengaruhi rutinitas keseharian. Terutama memasuki umur kepala empat, tubuh akan mulai mengalami penurunan fungsi dan menyebabkan kita rentan terkena penyakit.

Untuk itu, penting bagi kita untuk menyesuaikan diri dengan menerapkan kiat sehat di usia 40an. Adapun, menjaga pola makan menjadi satu hal yang penting dan berpengaruh besar terhadap kesehatan di usia 40an.

Sehat dan Bugar di Usia 40an, Lakukan 4 Kebiasaan Makan Sehat Berikut Ini

Beauties, mengatur pola makan ternyata sangat penting agar tubuh terhindar dari masalah kesehatan. Kebiasaan makan sehat dapat membantu kita menjaga kesehatan sekaligus bentuk tubuh.

Tak disangka, beberapa kebiasaan makan sederhana justru dapat efektif membantu kita menjaga kesehatan. Melansir dari Eat This Not That, berikut adalah beberapa kebiasaan makan sehat yang harus kita terapkan di usia 40an.

1. Memastikan Cukup Protein

Kebiasaan makan sehat yang harus diterapkan di usia 40-an, salah satunya memperbanyak konsumsi protein/Foto: pexels.com/Julio Melanda
(Kebiasaan makan sehat yang harus diterapkan di usia 40-an, salah satunya memperbanyak konsumsi protein/Foto: pexels.com/Julio Melanda)

Menurut para ahli diet, massa otot cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Para peneliti telah menunjukkan bahwa kita akan kehilangan sebanyak 8% dari massa otot kita per dekade dari mulai usia 40-an dan meningkat setelah usia 70.

Maka dari itu, pada usia 40-an tubuh rentan mengalami nyeri otot, nyeri sendi dan mudah lelah. Untuk mengurangi efek tersebut, Abby Sauer seorang ahli diet menyarankan untuk mengonsumsi protein berkualitas tinggi agar tubuh dapat lebih kuat menghadapi penurunan fungsi otot.

2. Fokus pada Menjaga Kekebalan Tubuh

Menjaga kekebalan tubuh adalah yang terpenting, ini deretan buah dan sayur yang wajib dikonsumsi di usia 40-an/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska
(Menjaga kekebalan tubuh adalah yang terpenting, ini deretan buah dan sayur yang wajib dikonsumsi di usia 40-an/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska)

Seiring bertambahnya usia, penting untuk kita memastikan tubuh mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup. Tidak hanya untuk kekebalan tubuh tapi juga untuk memberi energi dan vitalitas untuk berolahraga dan aktivitas lainnya.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, pastikan asupan vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, D, dan B12 kita tercukupi. Menjaga kekebalan tubuh di usia 40an dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur seperti wortel, sayuran hijau, jeruk dan stroberi. Lengkapi kebutuhan nutrisi dengan ikan salmon dan yogurt susu. 

3. Mengatur Rencana Makan

Agar pola makan jadi sehat, mulailah terapkan rencana makan/Foto: pexels.com/Yaroslav Shuraev
(Agar pola makan jadi sehat, mulailah terapkan rencana makan/Foto: pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Beauties, memasuki usia 40an, banyak orang kesulitan untuk menentukan makanan dan camilan yang sehat. Salah satu tips makan sehat di usia 40an adalah menghindari membeli makanan cepat saji atau yang tinggi lemak kalori.

Untuk itu, sebaiknya mulailah untuk mengatur rencana makan. Dari makanan pokok hingga camilan, pastikan tubuh mendapatkan asupan protein, vitamin, serat dan mineral yang cukup agar kekebalan tubuh dapat tetap terjaga.

4. Rutin Melakukan Intermittent Fasting

Puasa intermiten jadi pola diet paling efektif di usia 40-an/Foto: pexels.com/Artem Podrez
(Intermittent Fasting jadi pola diet paling efektif di usia 40-an/Foto: pexels.com/Artem Podrez)

Selain menjaga kesehatan tubuh, kita juga sering kesusahan untuk menerapkan pola diet yang tepat saat memasuki usia 40an. Dari semua kekhawatiran tersebut, diet intermittent fasting jadi jawabannya.

Menurut Trista Best, diet intermittent fasting dapat menjadi rahasia bugar bagi mereka yang berusia di atas 40 tahun. Dengan pola diet ini, peneliti telah membuktikan bahwa sel-sel yang rusak akan lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Beauties, itulah beberapa kebiasaan makan sehat yang harus mulai kita terapkan agar kesehatan tubuh dapat tetap terjaga meski sudah memasuki usia 40an. Kamu jangan lupa untuk juga menerapkannya ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id