BILLBOARD
970x250

Cocok Dijadikan Teman Berbuka Puasa, Inilah Ragam Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan! Sudah Tahu?

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Rabu, 29 Mar 2023 14:00 WIB
Cocok Dijadikan Teman Berbuka Puasa, Inilah Ragam Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan! Sudah Tahu?

Apa kamu penyuka buah semangka, Beauties? Yups! Buah yang kaya akan kandungan air ini memang terasa begitu menyegarkan, apalagi ketika dikonsumsi saat berbuka puasa. Jadi, tak heran jika buah semangka sangat cocok dijadikan sebagai salah satu menu untuk hidangan berbuka puasa. 

Di balik itu, buah semangka ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho Beauties! Dilansir dari Wolipopberikut deretan manfaatnya di bawah ini!

1. Menghidrasi Tubuh

Buah semangka dapat menghidrasi tubuh.
Menghidrasi tubuh/Foto: Pexels.com/Yan Krukau 

Buah semangka memiliki kandungan nutrisi penting seperti magnesium, kalsium, kalium, dan natrium, serta kandungan air sebanyak 92%. Tak heran jika buah semangka benar-benar bisa menghidrasi tubuhmu setelah berpuasa seharian. 

Karena itulah, semangka sangat cocok dijadikan hidangan menu untuk berbuka puasa. Jadi, jangan sampai kamu mengalami dehidrasi selama bulan puasa ya Beauties!

2. Rendah Kalori

Buah semangka rendah kalori.
Rendah kalori/Foto: Pexels.com/Adam Kontor 

Buah semangka juga termasuk buah yang rendah kalori, karena memiliki 46 kalori per cangkir dan juga bebas lemak. Memiliki kandungan gula yang cukup rendah, jadi kamu tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.

Apalagi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan selama puasa, buah ini sangat cocok untuk diet!

7 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

3. Melindungi Sistem Kekebalan Tubuh

Semangka memang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, C, B, dan asam amino penting. Selain itu, buah ini juga tinggi karetonoid, termasuk beta-karoten, dan yang paling penting dikemas dengan likopen, pigmen, dan antioksidan.

Likopen yang terdapat dalam semangka merupakan antioksidan super yang melindungi semua sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, juga bermanfaat dalam melindungi sistem kekebalan tubuh.

4. Baik untuk Jantung

Selanjutnya, buah semangka juga baik untuk kesehatan jantung. Apalagi beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan likopen dalam semangka mungkin memiliki manfaat kardiovaskular, termasuk mengurangi risiko stroke.

5. Baik untuk Mata

Buah semangka baik untuk mata.
Baik untuk mata/Foto: Pexels.com/Tamanna Rumee 

Kandungan likopen yang tinggi dalam semangka ternyata memiliki manfaat yang dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan peradangan. Selain itu, juga dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia (AMD). 

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya air seperti semangka dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, seperti halnya dapat membantu melancarkan buang air besar selama bulan puasa. 

7. Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Buah semangka baik untuk kecantikan kulit.
Baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit/Foto: Pexels.com/cottonbro studio 

Tahukah Beauties, bahwa semangka ternyata juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, lho! Menurut sebuah penelitian, bahwa kandungan likopen pada semangka dapat bertindak seperti tabir surya dari dalam. Perempuan yang mengonsumsi setidaknya 16 mg likopen sehari selama 12 minggu menunjukkan pengurangan efek rusaknya kulit akibat sinar UVA dan UVB, termasuk kerusakan sel. 

Jika ingin mendapatkan manfaat tersebut, disarankan untuk mengonsumsi satu gelas jus semangka saat sahur dan satu gelas lagi saat berbuka puasa. Mesk begitu, kamu tetap tidak boleh melewatkan penggunaan tabir surya saat keluar rumah. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan perlindungan pada kulit. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE